Kendaraan Mogok Di Jalan Tol, Lakukan 3 Langkah Ini

07/12/2017 Mobilmo.com Mobil baru

Kendaraan bermasalah jadi hal paling dicemaskan pengendara saat bepergian. Tapi datangnya masalah memang tidak kenal tempat dan waktu.

Kendaraan bermasalah jadi hal paling dicemaskan pengendara saat bepergian. Tapi datangnya masalah memang tidak kenal tempat dan waktu. Salah satu yang sering ditemui, atau bahkan mengalami sendiri adalah kendaraan mogok saat melintas di jalan tol. Padalah di jalan bebas hambatan tersebut tak ada bengkel di pinggiran. Satu satunya harapan ada pada petugas pengelola jalan tol. Lalu apa yang harus dilakukan sebelum petugas datang? Pertama; Pinggirkan kendaraan Usahakan sebisa mungkin untuk meminggirkan kendaraan ke jalur lambat sebelah kiri. Tetap berhati-hati pada keadaan sekeliling supaya tidak terjadi kecelakaan dengan pemakai jalan tol yang lain.

Antisipasi untuk hal ini, kalau memang sudah merasakan ada yang tidak beres pada kendaraan, lebih baik posisikan di jalur sebelah kiri dan jangan nekat melaju di jalur cepat sebelah kanan. Sebab akan sangat berbahaya bila tiba-tiba kendaraan mogok atau mesin mati dan harus menepi. Kedua; Usai berhenti, pasang segitiga darurat Pasang segitiga darurat pada jarak yang cukup jauh di belakang kendaraan dan nyalakan lampu hazard sebagai penanda bahwa sedang ada masalah pada kendaraan.

"Selama menunggu atau darurat, jangan menunggu di dalam kendaraan atau di bagian belakang kendaraan. Selalu menunggu di bagian depan kendaraan," ujar Tatang, Humas PT Jasa Marga (Persero) Tbk Cabang Jagorawi, beberapa waktu lalu. Menunggu di bagian depan kendaraan bukan karena alasan lain, tapi murni demi keamanan. Di jalan tol banyak orang berpikir tidak akan ada hambatan. Meski sudah memberi tanda darurat terkadang masih ada yang tidak menyadari, kemungkinan terjadi kecelakaan yang melibatkan kendaraan mogok selalu ada. Dengan selalu berada di bagian depan kendaraan paling tidak sudah membuat perlindungan untuk diri sendiri bila ada yang menabrak dari belakang.

Ketiga; Periksa kendaraan dengan seksama Kalau memang yakin bisa mengatasi masalah yang ada, atasi sendiri permasalahan. Tapi kalau tidak yakin, lebih baik menghubungi nomor darurat atau petugas layanan derek resmi jalan tol. Hubungi nomor darurat 14080 milik Jasa Marga kalau memang jalan tol yang dilewati dibawah pengelolaan PT. Jasa Marga Tbk. Atau nomor lain milik pengelola jalan tol yang bersangkutan.

Bila tidak mengetahui, bisa menghubungi nomor kepolisian dan beritahu kalau kendaraan Anda sedang mogok di jalan tol. Minta bantuan untuk dihubungkan kepada pihak pengelola.

Mungkin anda ingin baca

  • Model Keren Harga Kompetitif, Suzuki yakin All New Ertiga Bisa Laku 5.000 Unit Per Bulan

    Model Keren Harga Kompetitif, Suzuki yakin All New Ertiga Bisa Laku 5.000 Unit Per Bulan

    14/05/2018

    Harga generasi terbaru dari Ertiga, All New Ertiga yang diluncurkan di hari pertama pembukaan pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat 19 April 2018 lalu memang baru saja dirilis tanggal 9 Mei 2018. Meski demikian, Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang dibukukan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah mencapai 1.284 unit.

  • Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

    Dari Pada Buat Sendiri, Nissan Motor Indonesia Pilih Impor Komponen Transmisi Datsun Go CVT

    10/05/2018

    Datsun Indonesia resmi menghadirkan varian baru Datsun Go bertransmisi matic Xtronic CVT (Continously Variable Transmission), Senin (7/5/2018). Menggenapi Datsun Go varian lama yang telah mengaspal sejak 2014 silam, Datsun Go CVT diharapkan bisa mendongkrak penjualan Datsun di Indonesia.

  • Datsun Ambil Keputusan Tidak Menempatkan Go CVT Di Segmen LCGC. Lho?

    Datsun Ambil Keputusan Tidak Menempatkan Go CVT Di Segmen LCGC. Lho?

    09/05/2018

    Varian terbaru Datsun Go dan Go+ resmi diluncurkan Datsun Indonesia, di Jakarta, Senin (7/5/2018). Keduanya hadir dengan perubahan cukup signifikan. Desain dibuat lebih stylish dan diklaim lebih menarik dari varian lainnya. Bagian kabin mengalami perubahan, makin nyaman dengan penambahan berbagai fitur. Khusus untuk Datsun Go hatchback, ada satu pilihan transmisi lagi yaitu otomatis CVT X-Tronic, dan Datsun tidak menempatkan varian Go CVT ini di segmen Low Cost Green Car (LCGC) atau mobil murah