Ini Cerita Wuling Almaz Pakai Voice Command Bahasa Indonesia

23/07/2019 | Fatchur Sag

Nyaris tidak ada yang menduga jika kehadiran Wuling Almaz 7 seater disertai teknologi voice command atau perintah suara berbahasa Indonesia bernama WIND (Wuling Indonesia Command). Hal ini karena penantian publik sebelum peluncuran hanya terfokus pada konfigurasi 7 seater yang dinilai sangat cocok dengan karakter orang Indonesia.

>>> WIND, Persembahan Paling Berarti di Hari Ulang Tahun Kedua Wuling Motors

Foto menunjukkan Wuling Almaz 7 seater yang sudah dilengkapi fitur WIND

Wuling Almaz hadir dengan konfigurasi 7 seater

Almaz juga jadi model pertama mobil non-premium yang menerapkan perintah suara dan yang pertama menggunakan Bahasa Indonesia. Mobil lain yang menerapkan teknologi voice command rata-rata mobil premium berharga mahal dan masih menggunakan Bahasa Inggris.

Dibalik peluncuran fitur WIND, ada cerita kalau Wuling Motors ternyata telah mempersiapkan sejak jauh-jauh hari. Pengembangannya dilakukan di China di markas pusat Wuling. "Pengembangannya dilakukan bersama dengan pihak Wuling pusat. Teknologi ini memang teknologi yang terus berkembang dan di Wuling pusat mereka punya pengalaman dalam mengembangkan teknologi ini," tutur Product Planning Wuling Motors Indonesia, Danang Wiratmoko seperti dikutip dari Kompas, (22/7/2019).

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Teknologi WIND pada Wuling Almaz 7 seater

Wuling Indonesian Command (WIND) Almaz 7 seater, bikin pengendara makin nyaman

Penggunaan Bahasa Indonesia bukan tanpa alasan, Wuling ingin teknologi canggihnya tak sekadar hiasan tapi benar-benar memberi manfaat yang maksimal. Terlebih Wuling Almaz adalah mobil non-premium yang ditujukan untuk semua kalangan konsumen dari kelas atas hingga konsumen kelas bawah yang memiliki keterbatasan menggunakan bahasa non lokal. Soal teknologi bukan masalah, Wuling pusat telah memilikinya sejak lama, tinggal mengadopsi dan mengadaptasi untuk pasar Indonesia.

"Yang jelas kalau dari Wuling sendiri berkomitmen sebisa mungkin dan secepat mungkin teknologi yang dikembangkan oleh Wuling pusat bisa dibawa ke Indonesia ketika itu memang sesuai pasar Indonesia," ucap Dian.

Hal yang sama juga dilakukan pada MG Hector yang menjadi kembaran Wuling Almaz di India. Hanya saja MG Hector masih menggunakan teknologi voice command berbahasa Inggris karena cukup dominan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik