Diskon Mobil Murah Kurang Memikat, Terlalu Irit

04/11/2017| Mobilmo.com

Bukan hanya di kelas mobil sejuta umat (Low MPV) dan SUV, diskon juga diberikan pada pembeli unit baru mobil Low Cost Green Car (LCGC) bulan November ini. Namun karena besarannya tidak berbeda jauh dengan bulan sebelumnya, yaitu di kisaran angka Rp 8 juta hingga Rp 12 juta program tersebut belum begitu memikat konsumen.

Hal ini berbeda dengan model SUV Terios dan Rush atau segmen low MPV yang potongan harganya sangat besar, mencapai Rp 35 juta. Informasi yang didapat dari seorang pramuniaga di salah satu dealer Toyota di Jakarta Selatan, potongan harga untuk Calya dan Agya bulan November ini cuma sebesar Rp 8 juta saja. Tidak ada selisih besar antara pembelian kredit maupun cash. "Kredit dan tunai selisihnya tidak terlalu besar. Kalau kredit bisa dilebihkan tergantung nanti nego lagi," tutur tenaga penjual itu kepada salah satu media beberapa waktu lalu.

Diskon lebih besar diberikan oleh Daihatsu. Salah satu dealer di kawasan Jakarta Timur rela memangkas harga sebesar Rp 9 juta untuk unit Sigra baru, dan sebesar Rp 12 juta untuk pembelian Ayla baru. "Persediaan unit masih cukup banyak, dan diskon untuk kedua model ini memang tidak terlalu besar sejak beberapa waktu lalu," kata si tenaga penjual yang tidak mau namanya disebutkan. Bagaimana dengan Honda dan Suzuki? Penawaran diskon yang diberikan Honda untuk LCGC Brio Satya juga kurang begitu menarik perhatian. Meskipun stok yang ada masih cukup banyak, pembeli yang ingin membawa pulang unit baru hanya diberikan potongan harga sebesar Rp 10 juta. Sama halnya dengan Suzuki. Diskon yang diberikan untuk Karimun Wagon R juga kurang memikat. Hanya sedikit lebih banyak dari Honda Brio Satya, yaitu sebesar Rp 12 juta. Dan itu berlaku hanya di bulan November 2017 saja.

"Kalau bulan depan, belum tentu bisa sebesar ini. Saya juga belum tahu, apakah bisa lebih kecil atau lebih besar, tergantung kebijakan diler," kata salah satu tenaga penjual di dealer Suzuki tersebut. Program diskon memang biasa diselenggarakan dealer-dealer saat mendekati akhir tahun, atau saat akan muncul model baru. Tujuannya untuk memikat konsumen agar mau membeli sehingga stok lama bisa habis. Yang diuntungkan tentu saja konsumen karena mereka bisa mendapatkan mobil yang diminati dengan harga lebih murah dari biasanya.

International