Di Indonesia, Eclipse Cross Bisa Jadi Penantang Serius CR-V Turbo

19/01/2018| Mobilmo.com

Eclipse Cross yang belum dipasarkan di Indonesia punya potensi jadi penantang serius CR-V Turbo.

Mitsubishi global sudah meluncurkan dan memasarkan Eclipse Cross. Pasca diluncurkan di ajang Geneva Motor Show pada Maret 2017, Eclipse Cross langsung dipasarkan kepada konsumen berbagai negara di Eropa dan Amerika. Peluncuran berlanjut ke negeri asalnya, Jepang pada ajang Tokyo Motor Show, November 2017. Bulan Januari 2018, ASEAN kebagian menjadi sasaran pasar berikutnya dengan Singapura terpilih sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjadi garapan Mitsubishi untuk Eclipse Cross. Bagaimana dengan Indonesia?

Mitsubishi Eclipse Cross

Sejak tahun 2017 lalu pihak Mitsubishi Motor Corporation (MMC) menuturkan Eclipse Cross bakal sulit dipasarkan di Indonesia sebab terkendala soal harga jual. Baca : “Untuk itu, saya bisa katakan sepertinya akan sedikit sulit. Paling utama sebenarnya adalah masalah harga, itu yang membuat sulit,” tutur Vincent Cobee selaku Corporate VIce President MMC kepada salah satu awak media Indonesia di Pusat R&D Mitsubishi Motors di Okazaki, Jepang, Kamis (26/10/2017). Tapi, jika melihat kondisi saat ini dimana Eclipse Cross sudah masuk secara resmi di negara tetangga terdekat, Indonesia punya harapan besar bakal bisa mendatangkan SUV crossover tersebut. Pihak PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) sendiri mengakui sedang melakukan studi, mempelajari potensi Eclipse Cross untuk pasar dalam negeri. "Belum bisa kita pastikan kapan, tetapi kita sedang pelajar semua kemungkinannya," tutur Irwan Kuncoro sekalu Direktur Pemasaran PT MMKSI di sela-sela peresmian dealer baru PT Bumen Redja Abadi di kota Magelang, Jawa Tengah, Selasa (16/1/2018) lalu.

Bagian Belakang Mitsubishi Eclipse Cross

Baca : Mitsubishi Buka Dealer Baru Di Magelang Khusus Mobil Penumpang Menurut Irwan, potensi masuknya model baru SUV Eclipse Cross selalu ada dan terbuka. Indikasinya seperti:
  • Persaingan segmen SUV dalam negeri terus mengalami perkembangan.
  • Secara spesifikasi, Eclipse Cross bisa masuk ke pasar Indonesia.
  • Sudah ada model kompetitor yang bermain di segmen ini.
"Mesinnya 1.500 tapi turbo, jadi memang seperti itu yang kompetitor punya. Jadi pasarnya memang ada, kita pelajari dulu," ucap Irwan. Eclipse Cross yang dipasarkan di Singapura adalah yang bermesin bensin MIVEC 4B40 berkapasitas 1,5 liter turbocharged empat silinder yang dipasarkan disana. Mesin MIVEC 4B40 berkapasitas 1,5 liter turbocharged empat silinder tersebut mampu menghasilkan power 163 PS pada 5.500 rpm dan torsi 250 Nm dari 1.800 sampai 4.500 rpm. Transmisi yang digunakan adalah transmisi otomatis INVECS III Continous Variable Transmission (CVT) dengan rasio percepatan 8-speed. Jika model yang sama jadi dipasarkan di Indonesia, Eclipse Cross bakal jadi penantang serius dari Honda CR-V Turbo yang memiliki kesamaan mesin.

All New Honda CR-V Turbo

Baca : Ready to Launch All New Honda CR-V Turbo and Diesel Engine

International