Mitsubishi Resmi Luncurkan Eclipse Cross Di Singapura

19/01/2018 | Mobilmo.com

Model baru Mitsubishi global di segmen sport utility vehicle (SUV), Eclipse Cross akhirnya mengaspal juga di pasar ASEAN setelah sebelumnya diluncurkan dipasar Eropa pasca pameran otomotif Geneva Motor Show Maret 2017 dan pasar Jepang pasca pameran otomotif Tokyo Motor Show November 2017. Bukan Indonesia yang jadi negara pilihan pertama di Asia Tenggara, tapi Singapura. Baca : Luncurkan Eclipse Cross, Mitsubishi Beri Warning Pada Kompetitor Kabar yang terkonfirmasi menyebutkan, dari dua varian mesin Eclipse Cross hanya varian mesin bensin MIVEC 4B40 berkapasitas 1,5 liter turbocharged empat silinder yang dipasarkan disana. Mesin MIVEC 4B40 berkapasitas 1,5 liter turbocharged empat silinder tersebut mampu menghasilkan power 163 PS pada 5.500 rpm dan torsi 250 Nm dari 1.800 sampai 4.500 rpm.

Mitsubishi Eclise Cross di ajang Geneva Motor Show 2017

Untuk transmisi, Eclipse Cross Singapura menggunakan transmisi otomatis INVECS III Continous Variable Transmission (CVT) dengan rasio percepatan 8-speed. Dengan modal semua itu, SUV bergenre crossover yang memiliki bobot rata-rata 1.490 kg tersebut bisa mencapai puncak kecepatan 200 km per jam dalam waktu singkat. Sedangkan untuk penggunaan bahan bakar, Mitsubishi mengklaim mencapai 6,7 liter per 100 km. Sebagai mobil SUV yang dipasarkan di Eropa, Jepang dan Amerika, Eclipse Cross tentu saja dilengkapi berbagai fitur canggih dan modern, baik dari sisi keamanan maupun dari sisi kenyamanan. Ada tujuh airbags, sistem pengereman ABS, Active Stability Control, hill start assist dan forward collision mitigation system. Selain itu, Eclipse dilengkapi juga dengan fitur pendukung lain seperti sensor parkir depan dan belakang, electronic parking brake dengan auto brake hold, serta automatic high beam function. SUV terbaru dari Mitsubishi ini dipasarkan di Singapura dengan banderol harga Rp 133.999 dollar Singapura untuk varian 2WD, atau setara dengan Rp 1, 37 miliar. Kalau konsumen ingin dilengkapi dengan sunroof, harganya lebih mahal lagi, yaitu 135.999 atau setara Rp 1,37 miliar.

Bagian Belakang Mitsubishi Eclipse Cross

Sudah berada di Singapura, apakah Eclipse Cross juga bakal masuk ke Indonesia? Sejak tahun 2017 lalu pihak Mitsubishi Motor Corporation (MMC) menuturkan Eclipse Cross bakal sulit dipasarkan di Indonesia sebab terkendala soal harga jual. Bila harus dijual di Indonesia, harga Eclipse Cross bakal selangit mengingat mobil ini tidak diproduksi di kawasan perdagangan bebas Asia Tenggara atau ASEAN Free Trade (AFTA) dan masih dibuat di pusat produksi Mitsubishi di Okazaki Jepang. Baca : Ternyata, Mitsubishi Tak Pasarkan Eclipse Cross Di Indonesia “Untuk itu, saya bisa katakan sepertinya akan sedikit sulit. Paling utama sebenarnya adalah masalah harga, itu yang membuat sulit,” tutur Vincent Cobee selaku Corporate VIce President MMC kepada salah satu awak media Indonesia di Pusat R&D Mitsubishi Motors di Okazaki, Jepang, Kamis (26/10/2017) silam.
Ada benarnya apa yang dikatakan Cobee, sebab Indonesia adalah surganya mobil keluarga MPV. Mitsubishi merasakan sendiri bagaimana rasanya mendulang kesuksesan usai meluncurkan model baru di segmen MPV, Mitsubishi Xpander. Inden membludak sampai harus harus berbulan-bulan untuk merampungkan pengiriman unit kepada konsumen yang memesan. Padahal sebelumnya, Mitsubishi tidak pernah bermain di segmen MPV untuk pasar Indonesia. Baca :