Bos TAM: Toyota Raize Mungkin Masuk Indonesia

18/11/2019| Fatchur Sag

Toyota Raize menjadi model berikutnya yang diluncurkan Toyota Motor Corporation dan resmi dijual di Jepang mulai 5 November 2019. SUV bermesin 1.000 cc Turbo ini hadir dengan desain kompak dan hanya bisa memuat 5 penumpang, sama seperti Daihatsu Rocky yang juga resmi dijual di Jepang.

Foto Toyota Raize tampak dari samping depan

Toyota Raize kompak SUV pertama yang punya kembaran

Meski diluncurkan di Jepang, konsumen di Indonesia turut merespon kehadiran Toyota Raize. Sebagian berharap mobil ini segera di bawa ke Indonesia agar pilihan semakin banyak. Tapi hingga kini PT Toyota Astra Motor (TAM) belum memberikan informasi secara jelas apakah mobil ini bakal dijual di Indonesia atau tidak.

Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor, Yoshihiro Nakata, yang ditanya perihal di atas saat menerima rombongan Toyota 5 Continents Drive Asia 2019–2020 di Surabaya, 15 November 2019 hanya menjawab singkat, "Mungkin, mungkin."

>>> Tim Riset Toyota Keliling 5 Benua, Tahun Ini Datang Ke Indonesia

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, juga demikian, tidak banyak berkomentar tentang Raize. “Seperti biasa, untuk rencana mobil baru kami belum bisa komentar,” katanya.

Sebelumnya, Executive General Manager PT TAM, Fransiscus Soerjopranoto juga menuturkan, pihaknya akan mempelajari dan mendiskusikan lebih dulu dengan pihak Daihatsu apakah Raize dan Rocky cocok dibawa ke tanah air, "Kami masih coba lihat dulu kecocokannya yang mendalam untuk pasar Indonesia, kalau memang cocok ya kita pikirkan bersama grup terutama Daihatsu untuk kemungkinan kita pasarkan disini." kata Soerjo, seperti dikutip dari DetikOto, (5/11/2019).

Foto Interior Toyota Raize

Desain tegas Toyota Raize merambah interior

Perlu diketahui Toyota Raize dan Daihatsu Rocky adalah model kembar pertama yang dibuat Toyota dan Daihatsu dengan desain kompak SUV. Keduanya dibuat menggunakan platform DNGA (Daihatsu New Global Architecture) dan diproduksi di pabrik Daihatsu Shiga (Ryuo).

Dilihat dari dimensinya Toyota Raize memang terlihat ringkas dengan ukuran panjang hanya 3.995 mm dan lebar 1.695 mm, tinggi 1.620 mm, jarak sumbu roda 2.525 mm dan ground clearance 185 mm. Namun penampilannya terlihat gagah sesuai ciri sebuah SUV. Ditandai dengan adanya sudut-sudut tajam dan garis-garis bodi yang cukup tegas. Lalu bagian kaki-kaki disematkan ban besar berukuran 17 inci dengan fender warna hitam doff yang menonjol.

Di bagian interior tampilan gagahnya juga terlihat dari desain jok yang dibikin semi bucket lengkap dengan sandara tangan di baris depan, sandaran kepala dan sabuk pengaman di semua titik. Lalu dashboard juga didesain tegas dengan kelengkapan berbagai tombol operasional kendaraan. Semuanya dibikin menghadap ke pengemudi agar lebih mudah dijangkau.

>>> Ternyata Mesin Daihatsu Rocky Cocok Dengan Jalanan Indonesia

Foto Head unit Toyota Raize

Toyota Raize penuh dengan fitur hiburan

Untuk performa Toyota Raize dibekali mesin bensin berkapasitas 1000cc Turbo berkode 1KR-VET dengan transmisi D-CVT. Tenaga maksimum dihasilkan mencapai 98 HP pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm pada rentang 2.400-4.000 rpm. Tersedia juga pilihan penggerak roda depan (FWD) dan penggerak empat roda (4WD)

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Untuk harga, Toyota Raize dijual dengan harga mulai ¥ 1.679.000 atau setara Rp 215 jutaan hingga ¥ 2.282.200 atau setara Rp 293 jutaan.

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

International