Antrean Xpander Lama, Para Sales Diminta Jujur Memberi Informasi

25/01/2018| Mobilmo.com

Ketertarikan masyarakat Indonesia untuk memiliki Xpander sulit dibendung. Sejak kali pertama dikenalkan hingga diluncurkan resmi di pameran GIIAS Agustus 2017 antusiasme terlihat luar biasa. Mereka rela ikuti antrean dan berdesakan untuk melihat langsung dari dekat rupa MPV terbaru bikinan Mitsubishi tersebut.

Pengunjung Xpander GIIAS 2017

Pesanan dari calon konsumen mengalir dan terus mengalir. Tiap hari makin banyak saja jumlahnya. Dari jumlah penjualan yang ditargetkan tiap bulan hanya 3.000 sampai 5.000 unit perbulan, naik berlipat-lipat hingga membuat Mitsubishi kewalahan. Hingga awal Januari 2018, Mitsubishi sudah membukukan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) untuk Xpander secara nasional lebih dari 50.000 ribu unit. Antrean konsumen untuk menerima kiriman unit makin lama. Bahkan untuk varian tertinggi, Ultimate waktu tunggu bisa sampai tiga empat bulan mendatang sejak dari pemesanan. Maklum, varian ini paling banyak dipilih. Dominasinya mencapai 50 persen. Sebagian tenaga penjual di dealer sempat memanfaatkan kondisi ini beberapa bulan silam saat masih masa-masa awal keluar untuk meraup keuntungan. Konsumen Xpander varian Ultimate dianjurkan memberikan "pelicin" agar lebih cepat menerima pengiriman unit. Ada juga yang dikabarkan terang-terangan menawarkan konsumen untuk membeli varian lain saja agar bisa menerima pengiriman unit lebih cepat.

Xpander di Dealer baru Mitsubishi - Sun Star Prima Motor Siliwangi Bekasi

Baca : Bagaimana tanggapan Mitsubishi mengenai praktik seperti ini? Menurut Irwan Kuncoro selaku Director of Sales & Marketing PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI), praktik semacam itu sebenarnya sah-sah saja dan itu wajar. Yang penting ada kejujuran dari penjual dalam memberikan informasi yang diperlukan. "Asalkan tim sales-nya itu tetap jujur menginformasikan berapa lama inden dan lain sebagainya kepada calon konsumen," tutur Irwan di sela-sela pembukaan dealer baru untuk mobil penumpang PT Sun Star Prima Motor Siliwangi Bekasi, Jawa Barat, Selasa (23/1/2018).

Dealer baru Mitsubishi - Sun Star Prima Motor Siliwangi Bekasi

Sementara itu ditempat yang sama, Ida Zoraida selaku Branch Manager PT Sun Star Prima Motor Siliwangi menyarankan agar penjual tidak terlalu memaksa konsumen memilih varian tertentu. Tapi tetap diarahkan ke berbagai varian atau model lain dengan cara yang santun sehingga saat pilihan dijatuhkan benar-benar atas keinginan calon konsumen. "Memang ada juga konsumen yang bergeser ke varian lain agar bisa dapat unit lebih cepat, tetapi kita arahkan agar ditawarkan semua varian," tutur Ida. Baca :

International