ANCAP: Desain Kokoh Tesla Cybertruck Membahayakan

02/12/2019 | Fatchur Sag

Otoritas penguji kecelakaan mobil terkemuka di Australia itu mengakui kalau Tesla Cybertruck merupakan inovasi besar Tesla terhadap keramahan lingkungan. Namun, harus disebut juga kalau pick up listrik ini berpotensi besar membahayakan pengguna jalan yang lain seperti pejalan kaki, pengendara sepeda, sesama pengendara mobil hingga penumpang Cybertruck itu sendiri. Terutama karena mobil ini memiliki rangka yang sangat kokoh dan material bodi stailess steel.

"Bagian depan yang cukup keras dan tidak ada cukup area ketika berhadapan dengan pedestrian," tutur Chief Executive ANCAP, James Goodwin, sebagaimana dikutip dari News, (26/11/2019)

Foto Tesla Cybertruck tampak dari samping depan

Desain Tesla Cybertruck anti mainstream

Sedikit menengkok ke belakang, Goodwin mengapresiasi Tesla karena produk-produknya sangat  memprioritaskan keselamatan. Seperti Tesla Model 3 yang mendapatkan bintang 5 dari ANCAP. Dalam pengujian Agustus 2019 lalu, Model 3 memperoleh skor 96% untuk perlindungan penumpang dewasa, 87% untuk perlindungan penumpang anak, 74% untuk perlindungan pengguna jalan lain, serta skor 94% untuk safety assist.

>>> Penjualan Tesla Model 3 Desember 2018 Pecahkan Record Dunia

Hadirnya Cybertruck Goodwind khawatir nilai plus Tesla dalam hal keselamatan mengalami penurunan. "Kami khawatir Tesla hanya mementingkan keselamatan penumpang, tapi mengabaikan pengguna jalan lain" katanya.

Foto Tesla Cybertruck tampak samping

Dari sisi manapun Tesla Cybertruck tampak kokoh

Dengan kondisi ini apakah Tesla Cybertruck diperbolehkan dijual di Australia? Goodwin belum bisa memberikan jawaban pasti. Dia hanya menegaskan kalau semua mobil yang dipasarkan di Australia harus memenuhi standar keselamatan Australia. Sementara Cybertruck yang diperkenalkan belum dilengkapi persyaratan keselamatan seperti spion, lampu sein, dan wiper kaca depan.

>>> Sadis, Komparasi Tesla Model S Performance Vs Porsche Taycan Turbo S

>>> Beragam berita informatif dunia otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik