Ada BR-V dan Xpander, Konsumen Pikir-pikir Mau Beli Mobil Bekas Toyota Rush

08/11/2017| Mobilmo.com

Fenomena pendatang baru Mitsubishi Xpander bukan hanya membawa dampak bagi penjualan mobil-mobil baru, tapi juga pada penjualan mobil bekas. Sejak awal kemunculan Xpander memang diprediksi bakal mengancam dan menggerogoti konsumen pasar mobkas. Sekarang prediksi itu mulai terlihat, seperti yang terjadi pada mobil bekas Toyota. Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengungkapkan, kemunculan Xpander mulai merusak tatanan pasar mobil bekas kelas low MPV, bahkan sampai ke segmen lain seperti low SUV.

  Di bursa WTC Mangga Dua, mobil bekas segmen SUV paling laris adalah Toyota Rush. Namun sejak kedatangan Xpander, konsumen jadi banyak pertimbangan buat memboyong Toyota Rush bekas. Mulai dari harganya yang terbilang bersahabat dengan fitur super mewah, kapasitas tujuh penumpang, hingga pertimbangan ground clearance yang tinggi. “Kalau ngomong jujur, Xpander itu merusak tatanan. Karena harganya, yang Ultimate (varian tertinggi) cuma Rp 246 juta, itu sudah super mewah, ground clearance tinggi, tujuh penumpang. Ya, kalau dibanding sama Rush enggak beda jauh,” ujar Herjanto beberapa waktu lalu. Dengan berbagai pertimbangan tersebut, ada kecenderungan masyarakat untuk memilih Xpander dari pada mobil bekas Toyota Rush. Mobil baru besutan Mitsubishi bermain di kelas MPV namun memiliki cita rasa SUV. Padahal sebelum Xpander ini hadir, Toyota Rush sudah harus menghadapi datangnya SUV baru dari Honda yaitu BR-V. Sempat merasakan pahitnya penjualan di bulan Agustus 2017, BR-V langsung melesat menjadi leader market bagi merek-merek Honda di bulan September 2017.

Pemilik lain dari dealer mobil bekas Jordy yang berlokasi di MGK Kemayoran, Andi berpendapat tidak jauh beda dengan Herjanto. Dia menuturkan, untuk mobil bekas Toyota Rush keluaran 2010 sampai 2013 yang dibanderol di kisaran harga 150 juta masih dilirik banyak konsumen, khususnya para pelanggan dari daerah yang menghendaki transmisi matik. Namun, untuk mobil bekas Toyota Rush keluaran 2015 hingga 2017 yang dijual di kisaran harga Rp 190 juta, penjualannya terbilang agak susah. Masalahnya dengan harga segitu, banyak mobil bekas merek lain yang memiliki fitur dan fasilitas lebih baik seperti Honda Mobilio dan Honda BR-V. Belum lagi varian Xpander harganya juga tak jauh-jauh amat dari angka Rp 200 juta. “Rush itu yang paling laku varian S, karena kalau yang G bersaing juga dengan Terios,” tutur Andi kepada media, Selasa (7/11/2017).