Beginilah Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Yang benar

08/02/2018 | Mobilmo.com

Mencuci Mobil merupakan salah satu hal yang dapat membuat Mobil menjadi tampak bersih dan nyaman ketika dipandang. Namun kadangkala membersihkan ruang mesin Mobil ketika mencuci sering terlupakan, padahal bagian ini memiliki peran yang penting pada kendaraan. Untuk melakukan pembersihannya juga tidak sama seperti kita mencuci bodi Mobil. Jadi terdapat trik dan cara tersendiri dalam membersihkan bagian ini, karena jika asal-asalan dalam melakukannya bisa saja mesin susah dinyalakan. Hal tersebut terjadi karena komponen kelistrikan yang kemasukan air. Oleh sebab itulah perlu mengetahui cara membersihkan ruang mesin Mobil dengan baik dan benar. Mesin Mobil mempunyai komponen elektronik yang tidak boleh kemasukan air. Selain itu terdapat juga komponen yang terlindungi oleh sil karet supaya tidak kemasukan air. Namun jika dibiarkan begitu saja tanpa adanya pembersihan bisa menjadikan kotor dan muncul debu yang akan mengganggu kinerja dari komponen pada mesin seperti sil karet. Apabila sil karet kotor semakin lama akan mengeras dan tugasnya akan tidak maksimal. Oleh sebab itulah pemilik Mobil harus memperhatikan ruang pada mesin Mobil.

Cara membersihkan ruang mesin Mobil dengan baik dan benar

  1. Persiapan
Adapun hal pertama yang harus dilakukan adalah langkah persiapan. Dalam mencuci ruang mesin diharapkan kondisinya dalam keadaan hangat. Jadi apabila mesin Anda dingin sebaiknya dipanaskan sebentar supaya menjadi hangat. Hal tersebut bertujuan supaya mempermudah dalam melepaskan kerak yang menempel.
  1. Melindungi komponen elektrik
Setelah mesin dalam keadaan hangat, langkah selanjutnya adalah melindungi bagian kelistrikan supaya tidak kemasukan air. Untuk caranya adalah dengan membungkusnya dengan menggunakan plastik atau bahan lain yang penting komponen tersebut tidak terkena air. Jika sudah tertutupi dengan baik Anda bisa melakukan pencucian dengan lebih leluasa.
  1. Mencuci Mobil
Apabila kedua langkah di atas sudah dilakukan dengan benar, langkah selanjutnya adalah membersihkan ruang mesin Mobil dengan mencucinya. Pembersihan pertama diharapkan untuk yang paling mudah dijangkau terlebih dahulu yakni bagian bawah kap Mobil. Pada bagian ini Anda bisa menyemprotnya dengan air, namun hindari penggunaan air yang bertekanan tinggi. Dalam membersihkan bagian bawah kap Mobil bisa menggunakan sabun colek biasa, karena bahan tersebut lebih mudah untuk menghilangkan kotoran juga oli yang menempel. Setelah itu Anda bisa melakukan pembersihan dengan sikat yang agak kasar supaya dapat bersih maksimal.  Apabila sudah selesai siramlah dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap yang bersih dari kotoran.

  1. Mencuci ruang mesin
Adapun langkah selanjutnya adalah melakukan pencucian pada bagian mesin. untuk mencuci bagian ini dilakukan dengan menyiramnya dengan menggunakan air. Tapi ingat jangan sampai melakukannya dengan air bertekanan yang tinggi. Jadi kita hanya cukup menyiramnya menggunakan selang air dan juga botol spray yang sudah tidak digunakan lagi. Mulailah mencuci dari blok mesin yang belakang menuju arah depan. Untuk bahan pendukung dalam pencucian bisa menggunakan spon atau kuas, sedangkan bagian yang sulit menggunakan cairan anti kerak yang banyak dijual di pasaran. Setelah selesai bilas dengan menggunakan air bersih kemudian dilakukan pengelapan hingga benar-benar kering.

Dalam melakukan pembersihan harus hati-hati karena terdapat komponen yang tidak boleh kemasukan air. Jika Anda melakukannya dengan teliti dan cara yang benar maka mesin Mobil Anda tampak seperti baru kembali.