HOW TO BUY: Panduan Membeli Mobkas Nissan X-Trail T30

19/07/2018| Padli Nurdin

Nissan X-Trail merupakan crossover kompak yang diproduksi oleh produsen asal Jepang sejak 2000. Sebagai generasi pertama, Nissan X-Trail T30 sempat populer di Indonesia pada tahun 2003, membuka segmen SUV modern di Indonesia.

Menjalani debut dunia pertamanya pada September 2000 di Paris Motor Show, Nissan memulai perjalanan X-Trail untuk pasar Jepang pada November 2000. X-Trail generasi pertama masih menggunakan platform Nissan FF-S, saling berbagi dengan model Nissan Almera dan Primera.

Gambar yang menunjukan versi lama Nissan X-Trail T30 di Indonesia

Model kompak yang tak lekang ditelan jaman, Nissan X-Trail generasi pertama

Beriringan dengan Filipina, X-Trail generasi pertama masuk ke Indonesia sejak pertengahan 2003 dan mendapatkan facelift pada awal 2005 dan 2007. Generasi T30 sering disebut dengan X-Trail Classic karena menjadi jalan perubahan dan dasar pengembangan X-Trail generasi berikutnya.

Berhadapan satu lawan satu dengan CR-V yang lebih dulu hadir di Indonesia, X-Trail masih mampu berjuang dengan membukukan penjualan yang cukup baik baik. Seiring penyegaran yang dilakukan oleh Nissan, penjualan X-Trail T30 dihentikan pada tahun 2008 dan digantikan oleh penerusnya, Nissan X-Trail T31 sebagai generasi kedua.

>>> Review dan harga lengkap Nissan X-Trail 2010 ada di sini

Mengenal Nissan X-Trail T30

Desain boxy yang datang dengan gaya maskulin seringkali menjadi first impression ketika melihat generasi pertama dari X-Trail ini. Mendapatkan perubahan setelah generasi kedua, tampilan macho nan tetap menjadi penarik konsumen untuk mencoba X-Trail.

Bagian interior juga menawarkan ruang yang luas bagi penumpang. Apalagi generasi pertama yang masih menggunakan 5 kursi, memberikan kapasitas bagasi yang super besar. Bahkan, Nissan menempatkan pendingin minuman yang terintegrasi langsung kepada bagasi. Garis platform yang menyerupai sedan membuat Nissan X-Trail T30 disebut-sebut sebagai SUV crossover ternyaman di kelasnya.

Gambar yang menunjukan bagian interior dari mobil bekas Nissan X-Trail T30

Bagian interior bisa disandingkan dengan SUV terbaru

X-Trail memang diasosiasikan dengan SUV tangguh dengan dua pilihan mesin. Mesin bensin QR20DE 2.0 Liter mampu memompa hingga 150 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal di angka 200 Nm pada 4.000 rpm. Sementara pilihan mesin 2.5 Liter berkode QR25DE yang menghasilkan tenaga lebih besar, tercatat sebesar 180 dk pada 6.000 rpm dan torsi 245 Nm 4.000 rpm.

>>> Ingin membeli Nissan X-Trail? Dapatkan informasinya di sini

Memilih mobil bekas Nissan X-Trail T30

Untuk memilih mobkas Nissan generasi pertama, Hendra Simangunsong, Kepala Bengkel Indomobil Nissan Datsun Padang Khatib Sulaiman, Padang, berbagi tips melihat kualitas mobkas X-Trail yang ingin Anda beli. Pertama yang harus dilihat adalah bagian luar (eksterior) dilanjutkan dengan bagian mesin.

“Kalau mobil-mobil yang seken ya, yang udah bekas, kalau kami tips-nya harus memperhatikan mobilnya, mesinnya dulu. Mesinnya dilihat baru bodinya.” Jelas Hendra. “Tapi kalau mesinnya itu, diperhatikannya itu dihidupkan, dites jalan bagaimana kondisinya. Di dengar suara mesinnya, ada yang aneh atau tidak.”

Gambar yang menunjukan bagian samping dan pintu dari Nissan X-Trail T30

Cek dengan seksama bodi mobil untuk menemukan bekas perbaikan

Untuk pengecekan eksterior, perhatikan dengan seksama bodi mobil. Ia melanjutkan, “Untuk bodi, yang paling dekat itu ke pintu. Kalau pintu garis lis-nya sudah beda saja, tidak sesuai dengan depan atau belakang, berarti sudah pernah diperbaiki. Biasanya jika perbaikannya sesempurna mungkin, pasti sudah kelihatan (sudah dipermak).“

>>> Tips jual beli lainnya bisa Anda dapatkan di sini

“Yang harus dilakukan, dia [pengemudi] harus rutin-lah ganti olinya. Dan dia harus rutin juga ke beres [bengkel resmi]. Kalau mobil-mobil seken ini, apalagi yang bekas, ya, ia memang harus pengecekan itu di beres, di bengkel resminya. Jadi bisa tahu history-history-nya. Jadi yang dulu (perbaikan yang pernah dilakukan) dia bisa dapet, apa yang pernah diganti,” tutupnya.

Gambar yang menunjukan bagian belakang mobil lama Nissan X-Trail 2004

Periksa semua bagian, dalam maupun luar, dengan teliti

Setelah dibeli, Anda bisa membawa mobil tersebut ke bengkel resmi untuk melihat perbaikan-perbaikan yang pernah dilakukan serta masalah-masalah Nissan X-Trail T30, termasuk perawatan berkala yang harus dilakukan pengemudi terhadap mobkas yang sudah dibeli.​

Kelebihan

Kekurangan

Performa mesin kuat

Performa handling kurang presisi

Akselerasi mumpuni

Konsumsi bahan boros

Visibilitas luas

AC terkadang kurang dingin

Bagasi luas

Material interior terkesan murah

Suspensi nyaman sekali untuk ukuran SUV

Bahan bakar harus beroktan tinggi

>>> Dapatkan beragam tips otomotif hanya di Mobilmo

Berita sama topik

  • Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    23/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Tips Membedakan Cat Mobil Asli Dan Cat Ulang Dengan Mudah

    Mobil bekas menjadi primadona bagi sebagian orang karena harganya lebih terjangkau. Apalagi bagi seseorang yang membutuhkan sebuah mobil untuk bisa menjalankan aktivitas keseharian atau dalam pekerjaannya. Namun membeli mobil bekas perlu lebih teliti dalam pemilihan, salah satunya dalam membedakan cat mobil asli dan cat ulang.

  • Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    17/03/2021| Abdul

    Ingin Beli Mobil, Ketahui Dahulu Tips Mengetahui Mobil Terkena Pajak Progresif

    Dalam pajak terdapat salah satu hal yang perlu diketahui yakni pajak progresif. Dimana untuk pajak tersebut merupakan tarif pungutan wajib yang didasari dengan jumlah dari objek pajak dan juga nilai atau harganya. Jadi nominalnya akan semakin naik bila kuantitas objek pajak semakin banyak. Lantas bagaimana cara mengetahui mobil terkena pajak progresif?

  • Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    08/02/2021| Abdul

    Melirik Evolusi Honda Odyssey, Umur Sudah Lebih 25 Tahun Dan Mencapai 5 Generasi

    Mobil kerap berevolusi sehingga membuatnya tampil lebih keren dan juga modern. Bahkan sebelumnya dianggap jadul saat ini bisa memiliki tampilan yang dapat menarik perhatian banyak orang. Dalam pembahasan kali ini terkait evolusi Honda Odyssey dari masa ke masa. Umurnya telah mencapai lebih 25 tahun dan sudah mencapai 5 generasi.