Gengsi Sama Tetangga, Beli Mobil Buat Mudik. Bagaimana Puasanya?

21/05/2018| Fat

Gambar Ilustrasi Mudik Lebaran bersama keluarga

Rutinitas mudik yang tak bisa hilang dari masyarakat Indonesia

Usut punya usut, ternyata keputusan beli mobil buat mudik ini tak melulu didasari kebutuhan transportasi. Ada motif-motif tertentu bagi sebagian orang yang membuat mereka rela merogoh kantong lebih dalam untuk ongkos pulang. Yang terbanyak adalah karena gengsi.

>>> Beberapa Keuntungan Beli Mobil Di Bulan Ramadhan

Mereka ingin terlihat sukses bekerja di luar kota oleh tetangga, teman dan sanak saudara di kampung halaman dengan menunjukkan mobil yang dibeli dari hasil kerjanya. Hal itu dituturkan oleh Fischer Lumbantoruan, Chief Operating Officer Mobil88.

"Biasanya kan kalau orang yang sudah lama tidak ketemu keluarga atau kerabat begitu ketemu maunya terlihat sukses, nah ukuran sukses itu salah satunya mobil," tutur Fischer di hadapan awak media di Jakarta, Jum'at (18/5/2018) malam.

"Ada fungsi transportasi dan prestige, ini kaitannya kalau saya lihatnya jadi ada sebagian orang yang merasa kalau mau pulang kampung gengsi, masa pakai mobil lama, itu lagi, itu lagi," tambahnya.

"Makanya banyak yang orang yang menjelang Lebaran membeli atau tukar mobilnya," tutupnya.

Gambar satu unit mobil Avanza bekas yang dijual di mobil88

Mobil88 sering kecipratan berkah tradisi mudik lebaran karena meningkatnya transaksi penjualan

>>>  Terus ikuti tips & trik seputar otomotif di Mobilmo.com

Bagaimana puasanya?

Terlepas dari berbagai faktor diatas, bagaimana dengan puasanya? Apakah terpengaruh oleh niatan beli mobil karena gengsi?

Secara teknis puasa tidak akan terpengaruh dan tetap sah selama tidak melakukan hal-hal yang membatalkan puasa seperti makan, minum, berhubungan suami istri, memasukkan sesuatu ke lubang tubuh, muntah disengaja dan yang lain. 

Namun, secara non teknis beli mobil karena gengsi sama tetangga bisa mempengaruhi faidah puasa. Ingat, puasa tidak hanya menahan nafsu lahir seperti di atas, tapi juga menjaga hati dari berbagai penyakit.

Gambar promo tadarrus Ramadhan 1 juz 2 liter

Banyak tantangan besar beribadah di bulan Ramadhan secara ikhlas

>>> 2 Mobil Bekas Yang Banyak Dicari Di Bulan Ramadhan

Membeli mobil karena gengsi timbul karena adanya keinginan ingin menunjukkan kelebihan yang dimiliki yaitu kesuksesan, keberhasilan, punya kendaraan sendiri dan sebagainya. Sadar atau tidak sadar, sudah masuk pada yang namanya pamer (riya') yang bisa mempengaruhi keutamaan berpuasa. Belum nanti kalau timbul rasa tinggi hati (ujub) dan sombong (takabbur) tentu lebih berbahaya lagi.

So, kalau memang mau beli mobil buat mudik, beli saja karena itu memang kebutuhan. Tak perlu ada niatan gengsi, malu sama tetangga, biar dianggap sukses dan sebagainya. Lain ceritanya kalau setelah beli mobil yang didasari kebutuhan, lalu ingin ditunjukkan kepada keluarga, sanak saudara dan teman di kampung halaman sebagai wujud syukur atas nikmat dari yang Kuasa dan bukan karena gengsi serta pamer. Itu justru dianjurkan.

Seseorang sedang menggali informasi mobil bekas di mobil88

Jaga hati, beli mobil karena kebutuhan, bukan karena gengsi

>>> Bosan dengan mobil kamu? Jual saja di situs jual beli mobil harga bagus cintamobil.com

Berita sama topik

  • Ingin Sewa Mobil Buat Mudik, Mungkin 5 Saran Ini Dapat Membantu

    25/05/2018| Abdul

    Ingin Sewa Mobil Buat Mudik, Mungkin 5 Saran Ini Dapat Membantu

    Perjalanan mudik membutuhkan transportasi seperti Mobil pribadi supaya lebih nyaman. Namun bagi yang tidak punya terdapat alternatif lain seperti menyewanya. Dalam melakukan sewa Mobil buat mudik tidak boleh sembarangan supaya saat dalam perjalanan dalam kondisi yang lancar. Walaupun terdapat kendala, akan tetapi tidak terlalu merepotkan.

  • Mengapa Harus Memilih Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran?

    24/05/2018| Abdul

    Mengapa Harus Memilih Mobil Bekas untuk Mudik Lebaran?

    Bulan ramadhan merupakan salah satu bulan yang di tunggu-tunggu oleh umat islam. Setelah berpuasa selama sebulan penuh akan merayakan hari lebaran idul fitri. Di bulan ramadhan persiapan dilakukan untuk mudik ke kampung halaman supaya dapat merayakan hari raya bersama keluarga tercinta, salah satunya dengan membeli Mobil bekas. Akan tetapi, mengapa harus memilih Mobil bekas untuk mudik bukan yang baru?

  • Berniat Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik, Lihat Dulu Daftar Harganya!

    23/05/2018| Abdul

    Berniat Membeli Mobil Bekas Untuk Mudik, Lihat Dulu Daftar Harganya!

    Mudik dengan Mobil pribadi akan lebih menyenangkan dibandingkan dengan angkutan umum. selain itu beberapa keuntungan yang didapatkan, seperti dapat berhenti untuk istirahat kapan saja dan dimana saja. Sangat berbeda dengan angkutan umum yang pemberhentian sudah dipastikan seperti terminal dan saat sampai tujuan. Oleh sebab itu, kerap sekali masyarakat yang membeli Mobil bekas untuk mudik agar perjalanan lebih nyaman dan aman.

International