Terdapat Nama Baru Jalan Tol Layang Cikampek, Ini Alasannya!

14/04/2021| Abdul

Kabar menarik yang sedang banyak dibicarakan banyak orang adalah nama baru jalan tol layang Cikampek. Dimana dari pihak pemerintah telah melakukan peresmian terkait penggantian namanya menjadi Jalan Tol Layang MBZ (Mohamed Bin Zayed). Jalan tol tersebut menjadi jalan tol elevated yang paling panjang di Indonesia.

Gambar ini menunjukkan peresmian nama baru Jalan Layang MBZ

Nama baru jalan tol layang Cikampek

>>> Dreams Café powered by Honda, Kafe Pertama Dari Honda Dengan Banyak Hal Ditawarkan

Terkait nama baru jalan tol Cikampek mempunyai latar belakang tersendiri. Jadi alasan pemberian nama baru tersebut adalah menjadi simbol dan juga bentuk keeratan antara Indonesia dengan UAE (Uni Emirat Arab) dalam hubungan diplomatik. Terus untuk hubungan dengan nama yang diberikan adalah Putra Mahkota UAE yaitu Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan (MBZ), dimana dengan Indonesia memiliki hubungan yang begitu baik.

Kalau berbicara masalah diplomatik sebenarnya telah terjalin sangat lama. Bagaimana tidak, dalam umurnya sudah mencapai 45 tahun karena hubungan UEA dengan Indonesia dalam hal diplomatik sudah dilakukan mulai tahun 1976. Bahkan antara kedua negara telah melakukan kerjasama dalam berbagai bidang.

Pada saat melakukan seremoni dalam perubahan nama, sempat ada pengalihan lalu lintas dalam beberapa jam saja. Setelah acara selesai maka jalan tersebut sudah bisa digunakan kembali seperti biasa. Untuk sistem keluar dan juga masuk ataupun panjang jalan tol tidak  mengalami perubahan. Tidak hanya itu saja, ruas tol layang yang sengaja dilakukan pembangunan sempat dinamai dengan Jalan Tol Japek II Elevated. Dimana ruas tersebut sebagai salah satu solusi saat terjadi kemacetan.

>>> Semakin Menarik, Fitur Penunjuk Arah Kiblat Hadir Pada KIA Sonet 7 Seater

Gambar ini menunjukkan jalan Tol Layang MBZ dengan banyak kendaraan melewatinya

Jalan Tol Layang MBZ menjadi nama baru

>>> Bulan Ramadhan Tiba, Program Penjualan "THR Dari Honda" Ditawarkan

Nama baru jalan tol layang Cikampek adalah Jalan Tol Layang MBZ. Dimana jalan tol tersebut menjadi yang paling panjang di Indonesia. Tidak sampai disitu saja, bahkan jalan tol tersebut juga double decker motorway atau jalan tol bertingkat pertama di Tanah Air. Hal tersebut dikarenakan pembangunannya berada di atas Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Sebagai informasi, bahwa jalan tol yang sedang kita bahas kali ini terbentang dari Cikunir, Bekasi, Jawa Barat yang sampai ke Karawang Barat. Dimana jalan tol menjadi pemisah dari pergerakan komuter Jakarta-Bekasi-Cikarang di lajur bawah dalam jarak pendek. Oleh sebab itu kendaraan khusus golongan I non-bus dapat terpisah yang mempunyai tujuan Surabaya, Semarang, Bandung dan Cirebon.

Untuk peresmiannya dan sudah mulai dioperasikan dilakukan pada tahun 2019. Dimana ukuran panjangnya mencapai 36,84 km yang ketinggiannya terdapat pada beberapa ruas. Yang perlu diperhatikan adalah pada jalur tol layang ini pengendara tidak bisa mampir ke rest area karena memang tidak ada. Oleh sebab itulah saat berniat melewati jalan tersebut pastikan kondisinya tetap baik dan maksimal serta bahan bakar cukup.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar  ini menunjukkan Jalan Tol Layang MBZ

Nama baru merupakan simbol dan keeratan antara Indonesia dan Uni Emirat Arab

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan tentang nama baru jalan tol layang Cikampek. Semoga bermanfaat dan tetap menjaga kesehatan dengan mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukan. Kondisi kendaraan juga perlu diperhatikan supaya bisa tetap bekerja dengan prima.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

International