Made In Indonesia, Mobil Listrik Bledhex Tampil Dalam IIMS Hybrid 2021 Dan Sudah Bisa Dipesan

20/04/2021| Abdul

Pasar kendaraan listrik di Indonesia tidak mau kalah dengan luar negeri. Hal tersebut diwujudkan dengan kehadiran mobil listrik buatan Indonesia yang dipamerkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021. Mobil listrik Bledhex salah satunya, dimana mobil tersebut merupakan produksi PT FIN Komodo Teknologi yang berasal dari Kota Cimahi, Jawa Barat.

Gambar ini menunjukkan informasi IIMS Hybrid 2021

IIMS Hybrid 2021 akan berakhir 25 April 2021

>>> Baca Juga, Ada Promo Paduka Pasti Berkah Dari Auto2000, Bisa Dapat Hadiah Langsung Dan Hadiah Tambahan

Dari pihak FIN Komodo sebelumnya telah mempunyai kendaraan dengan wujud sama seperti Bledhex tapi mengandalkan mesin konvensional. Aviantra Karisma selaku Engineer PT FIN Komodo Teknologi menyebutkan, bahwasanya  untuk komponen buatan lokal yang diberikan untuk merakit Bledhex lebih dari 80%. Untuk bagian yang perlu dilakukan impor dari luar negeri adalah pada sel baterainya.

"Dayanya 21 kWh. Didesain untuk jarak 150 km dalam sekali pengecasan," kata Aviantra pada saat berada di ajang IIMS Hybrid 2021, di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat dilansir dari laman Inews.

Pihaknya juga memberikan penuturan bahwa untuk melakukan pengecasan pada baterai dari mobil listrik Bledhex prosesnya adalah 3 jam dari mulai 0 sampai penuh dengan daya 6.000 watt. Akan tetapi bila mengandalkan listrik rumahan yang memakai daya 3.000 sampai 4.000 watt maka waktu yang dibutuhkan sekitar 6 sampai 8 jam.

>>> Bulan Ramadhan Tiba, Program Penjualan "THR Dari Honda" Ditawarkan

Gambar ini menunjukkan interior mobil listrik Bledhex

Bagian interior mobil listrik Bledhex

>>> Lihat Juga, Gunakan Tema Bahagia Bersama Honda Baru, Program Menarik Honda Ditawarkan Di IIMS 2021

Mobil listrik buatan Indonesia tersebut mempunyai bobot 600 kg dan bisa digunakan untuk membawa 2 orang serta 200 kg muatan barang. Kalau soal performa yang dimiliki, Bledhex mempunyai kecepatan maksimal 40 km/jam saja dalam pameran tersebut. Namun menariknya lagi adalah pemesan bisa melakukan penyesuaian kecepatan kendaraan tersebut.

Nah bila tertarik untuk membawa unit dari Bledhex maka bisa melakukan pembelian. Harga mobil listrik Bledhex mulai Rp. 300 juta hingga Rp. 350 jutaan per unitnya. Hanya saja pemesanan terlebih dahulu dilakukan dengan melakukan pembayaran tanda jadi sebesar Rp. 10.000.000. "Pemesan sudah ada dari berbagai macam instansi. Sistemnya pre-order. Pengiriman di akhir 2021," ujar Aviantra.

Sementara soal teknologi yang digunakan di dalamnya, dari pihak Ibnu Susilo selaku Founder & Designer PT Fin Komodo Teknologi dilansir dari laman Kompas menyebutkan, bahwasanya pihaknya menjamin tidak ada masalah untuk sejauh ini. Pengujian sudah dilakukan oleh FIN Komodo sampai ribuan kilometer baik dengan melewati medan hutan atau di jalan raya.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan mobil listrik Bledhex warna hijau tampak samping

Mobil Bledhex sudah dilakukan pengujian di jalan raya dan medan hutan

Tidak sampai disitu saja, pihaknya juga menyebutkan bahwa pengembangannya tidak dilakukan baru-baru ini, akan tetapi sudah cukup lama bahkan jauh sebelum Presiden Jokowi meresmikan aturan terkait percepatan kendaraan listrik dengan basis baterai.

"Riset kami mulai dari 2013, mulai 2018 kita ada bermitra. Lalu 2019 kita tes dari Labuan Bajo pengujian jalan aspal sampai DKI Jakarta di Kemristek, lalu 2020 kita uji coba untuk jalan di hutan. Jalan raya itu sekitar 2.000 km dan jalan hutan 1.000 km," ucap Ibnu terkait mobil listrik Bledhex.

>>> Klik Di Sini Untuk Mengetahui Berita Otomotif Terbaru Lainnya

International