Cara Mengisi Daya Aki Mobil dengan Mudah

09/11/2017 | Mobilmo.com

Aki Mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi Mobil. Hal tersebut dikarenakan komponen tersebut bertugas sebagai pemberi daya pada komponen kelistrikan pada Mobil. Dengan memanfaatkan kekuatan dari mesin Mobil menjadikan aki dapat terisi dayanya dan mampu bertahan hingga 5 tahun. Akan tetapi walaupun aki terbaik tetap akan kehabisan daya atau bahkan dayanya hilang pada saat Mobil ditinggalkan terlalu lama dalam keadaan lampu menyala. Tentunya menjadikan rasa tidak nyaman bagi pemilik Mobil. Akan tetapi tenang karena aki Mobil bisa dilakukan pengisian ulang. Nah bagi yang belum tahu bisa membaca tips mengisi daya aki Mobil di bawah ini.

  • Pengisian
  • Untuk mengisi daya aki Mobil, hal pertama yang harus dilakukan adalah melepas tutup sel aki pada bagian atas. Hal tersebut bertujuan supaya gas yang terbentuk ketika mengisi daya aki Mobil dapat terlepas. Langkah selanjutnya adalah menancapkan pengisi daya ke stopkontak listrik di rumah Anda. Untuk penjepit diletakkan pada terminal aki sesuai dengan posisinya. Untuk penjepit bermuatan positif biasanya ditandai dengan warna merah, terhubung dengan dudukan positif dengan tanda (+) disampingnya. Sedangkan untuk muatan negatif biasanya ditandai dengan warna hitam dan terhubung dengan terminal aki dengan tanda (-). Perlu diperhatikan, bahwa jangan sampai penjepit positif dan negatif bersentuhan karena akan sangat berbahaya. Tahap selanjutnya adalah melakukan pengisian daya dengan menyalakan pengisi daya. Aturlah tegangan yang dibutuhkan dengan memeriksa aki atau buku panduan kendaraan yang Anda miliki. Dengan begitu akan diketahui berapa besar voltase yang dibutuhkan dan sesuai dengan aki Mobil milik Anda.

    Mobil Anda tahan lama dan stabil, disarankan menggunakan pengisi daya dengan aliran yang kecil. Periksalah jika dirasa sudah terlalu lama menunggu. Apabila pengisi daya menunjukkan sudah terisi 100 % atau kurang satu ampere, maka hal tersebut menunjukkan bahwa pengisian aki telah selesai. Selanjutnya Anda mencabut stopkontak listrik terlebih dahulu baru melepas penjepit yang terhubung pada terminal aki Mobil. Masukkan kembali ke tempat semula di Mobil Anda agar dapat kembali melakukan pekerjaannya.