Inilah Cara Merawat Aki Mobil biar Tahan Lama

30/09/2017 | Mobilmo.com

Aki merupakan salah satu komponen paling penting pada kendaraan seperti motor dan Mobil. Sebelum komponen lainnya melakukan pekerjaannya, aki pada Mobil pertama kali yang melakukan tugas untuk menghidupkan mesin. Akan tetapi kadang komponen penting tersebut jarang mendapatkan perawatan. Kebanyakan orang berfikir bahwa aki Mobil atau baterai tidak memiliki fungsi yang begitu penting ketimbang komponen lainnya. Padahal tenaga awal yang didapat oleh Mobil berawal dari Aki. Jadi sangat diperlukan merawat aki mobil.

Komponen Mobil yang berhubungan dengan sistem kelistrikan, membutuhkan kinerja aki untuk menjalankan tugasnya.

  1. Mengecek kepala aki

  • Mengecek kondisi permukaan air
  • Jenis aki dibagi menjadi 2 yakni aki kering dan aki basah. Yang perlu jadi perhatian lebih adalah jenis aki basah, karena memerlukan perhatian tersendiri bagi pemilik Mobil. Salah satu hal yang terbilang utama harus dilakukan pemilik Mobil pada aki basah adalah tidak membiarkannya menjadi kering.

  • Berhemat dalam penggunaan audio
  • Penggunaan aki tidak hanya pada pemakaian ac, power window dan elemen lain yang tentunya membutuhkan sistem kelistrikan. Akan tetapi penggunaannya pada audio dan komponen lain yang berguna sebagai sistem hiburan dan lainnya. Penggunaan audio yang telah dilakukan modifikasi biasanya mengambil tenaga secara langsung dari aki. Jadi dengan mengurangi atau menghemat dalam menggunakan audio merupakan salah satu faktor supaya aki tetap dalam keadaan awet dan tahan lama.
    1. Mengecek posisi starter saat Mobil keadaan berhenti
    Posisi kontak dalam keadaan on tentu harus menjadi perhatian. Jadi sebelum pergi meninggalkan Mobil Anda, pastikan kontak Mobil dalam keadaan off. Hal tersebut dikarenakan bila kontak masih dalam keadaan on maka sistem kelistrikan akan terus mengalir meskipun kondisi mesin mati.
    1. Menambah aki bila elemen yang dipasangkan berlebih
    Pada saat kita menambahkan komponen hiburan lainnya seperti audio, playstotion dan televisi atau perangkat lainnya. alangkah baiknya menambahkan aki baru yang berguna untuk membantu kinerja aki utama di Mobil Anda.
    1. Dirawat secara berkala

    mobilmo.com.