Toyota Etios Valco, Mobil Perkotaan Yang Praktis Dan Lincah

27/09/2017 | Mobilmo.com

Toyota Etios menjadi salah satu produk Toyota yang mengalami kelahiran kembali di tahun 2017 ini. Penampilan baru dan perbaikan spesifikasi serta tambahan fitur membuat Toyota Etios Valco menjadi salah satu produk andalan Toyota di kelas mobil perkotaan dan juga Low Cost Green Car. Mobil dengan konsep hatchback yang mungil ini memang sangat cocok digunakan di lingkungan perkotaan yang padat lalu lintas dan minim lokasi parkir. Kemunculan versi baru dari mobil yang pertama kali diluncurkan tahun 2013 ini memberi warna baru pada desain mobil perkotaan yang tidak hanya praktis; namun juga elegan.

Desain Eskterior Dan Interior Toyota Etios Valco 2017 Penampilan dengan konsep modern minimalis dimiliki oleh Toyota Etios Valco 2017. Mobil hatchback mungil ini memiliki penampilan sporty dan dinamis; sisi depan Etios Valco memiliki penampilan sporty dengan aksen grill metalik dan tata letak lampu yang fungsional. Sedangkan sisi samping terkesan sederhana tanpa adanya aksen tertentu selain lekukan pada bagian bawah. Bagian belakang juga memiliki aksen metalik tepat di atas logo Toyota. Sedangkan lampu yang sederhana dan fungsional melekat di bagian samping kanan dan kiri pintu belakang. Dashboard dengan kesan stylish dimiliki menjadi pilihan desainer Toyota pada versi terbaru Toyota Etios Valco. Perbedaan tampilan dan kelengkapan fitur di bagian interior dapat diamati dengan cukup mudah untuk setiap varian yang ada. Kesamaan setiap varian ada pada desain dashboard yang user friendly dengan berbagai tombol kontrol untuk pendingin kabin, fitur hiburan dan juga panel informasi. Meski berukuran kecil; Etios Valco 2017 memiliki kabin yang cukup lega dengan tata letak bangku penumpang yang ergonomis dengan kapasitas maksimal 5 orang penumpang termasuk pengemudi.

Spesifikasi Teknis Toyota Etios Valco 2017 Layaknya sebuah mobil perkotaan atau city car; Toyota Etios Valco 2017 memiliki ukuran kecil dengan dimensi panjang 3.775 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.510 mm. Dengan jarak antar sumbu depan dan belakang 1.468 mm; Etios Valco memiliki kelebihan pada kemampuan manuver yang istimewa. Salah satu alasan mengapa mobil ini banyak dipilih untuk atraksi drift dan slalom.  Suspensi MacPherson Strut dengan per pada roda depan dan sistem Torsion Beam untuk roda belakang memberi kenyamanan ekstra bagi penumpang; bahkan ketika melewati jalanan yang tidak rata. Mesin Toyota tipe 3 NR-FE DOCH 1.2L dengan 4 silinder dan 16 katup menjadi sumber tenaga dari Toyota Etios Valco. Mesin dengan kapasitas kubikasi 1.197 cc tersebut mampu menghasilkan daya maksimal 80 PS pada putaran mesin 5.600 rpm dan torsi maksimal sebesar 10,6 Kgm pada putaran 3.100 rpm. Sistem Electric Fuel Injection memberi efisiensi konsumsi bahan bakar lebih tinggi sekaligus menghasilkan tenaga yang lebih besar. Teknologi EPS atau Electronic Power Steering memberi kelebihan pada kemampuan manuver karena pengemudi dapat memutar setir dengan cepat dan ringan. Fitur Keamanan Dan Kenyamanan Fitur keamanan berupa SRS Airbags dan sabuk pengamanan pretensioner dapat ditemui pada Etios Valco tipe JX; sedangkan fitur keamanan berupa sistem pengereman ABS dan EBD dapat ditemui pada tipe G dan TOM’S. Segmentasi konsumen Toyota Etios Valco dapat dilihat pada kelengkapan fitur keamanan yang ada di setiap varian.

Sedangkan fitur kenyamanan berupa sistem pendingin kabin, cooler box dan force limiter telah ada pada semua tipe. Fitur hiburan berupa sistem audio 2DIN Audio 4 Speaker, konektor 12 Volt, tachometer dan wiper untuk jendela belakang dapat ditemui pada tipe E, G dan TOM’S. Harga Toyota Etios Valco 2017 Toyota memasang banderol harga yang cukup variatif untuk produk facelift Etios Valco di tahun ini. Produk Toyota Etios Valco tipe JX M/T dengan harga termurah memiliki banderol harga sekitar Rp 151 juta; sedangkan tipe E M/T memiliki banderol harga Rp 165.6 juta. Sementara 2 varian lain dari Etios Valco memiliki banderol harga di atas 170 juta Rupiah. Etios Valco tipe G M/T dibanderol dengan harga Rp 176.8 dan tipe TOM’S sebagai varian dengan harga tertinggi dibanderol Rp 178.3 juta.