Suzuki Indonesia Disarankan Jangan Terus Impor

09/02/2018 Mobilmo.com Berita Mobil

Maruti Suzuki menyarankan agar Suzuki Indonesia melakukan lokalisasi produksi sebab segala yang dibutuhkan telah tersedia. Suzuki Indonesia berhasil menempatkan diri di barisan atas penjualan mobil di tanah air di posisi lima besar.

Maruti Suzuki menyarankan agar Suzuki Indonesia melakukan lokalisasi produksi sebab segala yang dibutuhkan telah tersedia.

Suzuki Indonesia berhasil menempatkan diri di barisan atas penjualan mobil di tanah air di posisi lima besar. Beberapa model juga cukup diperhitungkan para kompetitor yang bermain di segmen yang sama, seperti Ignis. Model city car ini mengalami sukses besar sejak pertama kali diluncurkan April 2017 di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS). Hingga akhir tahun 2017 mobil ini terjual lebih dari 14.000 unit dan mendongkrak posisi Ignis ke peringkat ke 3 model Suzuki terlaris setelah Ertiga dan Carry Pick Up.

Suzuki Ignis di pameran otomotif IIMS 2017

Sayangnya, dengan penjualan yang cukup besar, Ignis masih harus didatangkan dari negara lain, yaitu India secara utuh atau CBU. Belum lagi dengan model Suzuki yang lain seperti Baleno, Ertiga Diesel, dan SX-4 S-Cross. yang juga diimpor dari luar. Di tahun 2017 saja tercatat Maruti Suzuki India telah mengekspor sebanyak 21.815 unit mobil ke Indonesia. Naik berlipat-lipat hingga 840 persen jika dibandingkan dengan tahun 2016. Kesuksesan Maruti Suzuki India mengekspor berbagai model CBU ke Indonesia ini jelas membuat Suzuki India merasa senang. Tapi di sisi yang lain, Maruti Suzuki justru memandang hal ini kurang bagus untuk masa depan Suzuki Indonesia. Pemain bisnis otomotif yang cukup disegani di India tersebut malah memberi saran agar Suzuki Indonesia bisa memproduksi sendiri berbagai model yang selama ini diimpor. Managing Director & CEO Maruti Suzuki India Limited, Kenichi Ayukawa mengaku senang dapat jatah memenuhi kebutuhan konsumen di Indonesia. Tapi dia tidak memandang cara ini sebagai yang terbaik buat Suzuki Indonesia untuk jangka panjang.

Pabrik mobil suzuki di Cikarang Bekasi Jawa Barat

Menurut Ayukawa, hampir semua yang dibutuhkan untuk produksi dalam negeri di Indonesia sudah tersedia mulai fasilitas hingga sumber daya manusia. Indonesia memiliki dua pabrik, di Cikarang Pusat dan Tambun Bekasi yang mampu memproduksi mobil Suzuki dalam jumlah besar. Kapasitasnya maksimumnya mencapai 240.000 unit per tahun. “Dalam sudut pandang jangka panjang. Suzuki Indonesia, anak perusahaan kami (Suzuki Motor Corporation), kami berharap mereka berkembang dan bertumbuh di pasar lokal. Untuk melakukan hal itu mereka harus mengembangkan produksi lokal,” tutur Ayukawa. “Indonesia juga punya fasilitas produksi sendiri, jadi lebih baik mereka memproduksi sendiri,” sambungnya. Maruti Suzuki bakal mendukung sepenuhnya terhadap produksi lokal Suzuki di Indonesia. Bahkan untuk model baru yang berasal dari India sekalipun.

Perakitan Carry Pick Up di Pabrik Suzuki Bekasi

Baca :

Mungkin anda ingin baca

  • Hino Naikkan Status Dealer Resmi di Tasikmalaya Jadi Lebih Tinggi
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Hino Naikkan Status Dealer Resmi di Tasikmalaya Jadi Lebih Tinggi

    06/05/2018

    Agen pemegang merek Hino di Indonesia, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) melakukan langkah besar dalam melayani konsumennya di wilayah Jawa Barat. HMSI resmi menaikkan status dealer Maya Graha Indah (MGI) yang berada di Tasikmalaya dari sebelumnya 1S atau hanya melayani penjualan menjadi 3S atau bakal melayani penjualan, perawatan serta menyediakan berbagai suku cadang kendaraan Hino.

  • Legenda MU Teddy Sheringham Akui Hyundai H-1 Mobil Berkelas
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Legenda MU Teddy Sheringham Akui Hyundai H-1 Mobil Berkelas

    06/05/2018

    Teddy Sheringham, Legenda klub Manchester United sekaligus timnas Inggris mengunjungi Jakarta dalam rangka promosi perhelatan akbar Piala Dunia 2018 di Rusia. Menjalani aktifitas di ibu kota dari tanggal 2-5 Mei 2018 Sheringham ditemani dua model Hyundai, yaitu H-1 dan Santa Fe.

  • Harga Murah Glory 580, Sokon Menolak Dibilang Murahan
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Harga Murah Glory 580, Sokon Menolak Dibilang Murahan

    06/05/2018

    Merek asal China, Sokon benar-benar merealisasikan rencananya menghadirkan model baru sport utility vehicle (SUV) berharga murah. Di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dibuka tanggal 19 Apil 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Sokon meluncurkan Glory 580.