Segmen Sedan Bagi Daihatsu, Masih Banyak Yang Dipertimbangkan

24/02/2018| Mobilmo.com

Ada yang menarik perhatian dari booth Daihatsu di perhelatan pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) Agustus 2017 lalu. Saudara se aliansi Toyota ini tidak membawa satu produk baru pun dan hanya membawa lima produk lawas yang sudah beredar dalam versi Limited Edition, yaitu Xenia, Sigra, Terios, Sirion, dan Luxio. Meski tidak ada model baru, booth Daihatsu selalu dikerubuti banyak pengunjung pameran. Rupa-rupanya ada dua model konsep yang ikut mejeng yaitu DN F-Sedan dan DN Multisix.

Peluncuran DN F Sedan di GIIAS 2017

Sejak saat itu banyak yang menduga kalau kedua model konsep tersebut bakal segera diproduksi massal. Terutama untuk model DN F-Sedan, banyak yang menduga kalau pengenalan di ajang GIIAS 2017 tersebut bakal jadi awal Daihatsu terjun di segmen sedan. Namun, beberapa bulan berlalu dari pameran hingga berganti tahun, belum terdengar lagi kabar kelanjutan dari konsep DN F-Sedan. PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Indonesia saat dikonfirmasi bahkan mengaku belum kepikiran ke arah itu. Belum ada rancangan serius untuk masuk ke segmen sedan dan memproduksi secara massal. Kemunculan DN F-Sedan adalah respon atas menguatnya wacana pemerintah melalui Kementerian Perindustrian yang mau menurunkan besaran pajak mobil sedan dari 30 persen ke yang lebih rendah.

Peluncuran DN F Sedan

Sudirman MR selaku Wakil Presiden Direktur ADM menuturkan kalau tujuan dari mobil konsep yang dipekenalkan tahun lalu itu adalah untuk menarik perhatian pengunjung pameran, melihat antusiasme masyarakat dan melihat peluang bisnis yang bisa diambil. Daihatsu menilai, ternyata minat masyarakat terhadap sedan masih terbilang kecil. Mereka lebih suka model-model mobil multiguna MPV seperti yang banyak beredar saat ini. “Belum ada pikiran seperti itu (produksi massal DN F-Sedan). Kita water test saja karena kami ingin memperlihatkan kepada masyarakat bahwa mobil konsep seperti ini bagaimana. Kami juga pernah pamerkan beberapa mobil konsep tapi tidak diproduksi hingga saat ini karena pasarnya kecil. Tapi kalau kami bikin mobil konsep, animonya besar ya diproduksi, contohnya LCGC,” ujar Sudirman, di Jakarta, Selasa (13/2/2018) lalu. Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan Daihatsu bakal masuk di segmen sedan dan memproduksi massal kalau memang pasar ini cukup menjanjikan. Tentu saja semua harus dipersiapkan baik dari sarana prasarana sampai pada modal yang dibutuhkan. “Tapi kalau produknya belum ada, ya perlu tiga tahun,” tutur Sudirman.

DN F Sedan tampak dari belakang

Baca :

International