Bukan Lagi Anggota Gaikindo, Mercedes-Benz Indonesia Tak Ikut GIIAS?

19/02/2018 Mobilmo.com Berita Mobil

Kabar mengejutkan hadir di awal tahun 2018. Mercedes-Benz Indonesia dinyatakan resmi keluar dari keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Kabar mengejutkan hadir di awal tahun 2018. Mercedes-Benz Indonesia dinyatakan resmi keluar dari keanggotaan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Surat resmi pemberhentian sudah dilayangkan oleh asosiasi ke pihak Mercedes-Benz Indonesia pada Kamis (15/2/2018) lalu. Dengan keluarnya Mercy dari anggota asosiasi, secara otomatis merek asal Jerman tersebut lepas dari berbagai kewajiban seperti menyerahkan data produksi, data penjualan dan juga bebas dari iuran wajib keanggotaan. Selain itu, Mercedes-Benz Indonesia juga bakal kehilangan momen-momen khusus yang diselenggarakan oleh Gaikindo seperti pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS).

2018 Mercedes-Benz C-Class

Mercedes-Benz Indonesia tidak bisa ikut pameran GIIAS? Menjawab pertanyaan tersebut, Ketua I Gaikindo, Jongkie D. Sugiarto menuturkan kalau pameran GIIAS sebenarnya terbuka untuk umum, siapapun bisa menjadi peserta. Tapi, prioritas pertama tetap buat anggota resmi Gaikindo. Baru kemudian kalau masih ada tempat alias atau booth kosong, non anggota bisa ikut jadi peserta. “Ikut GIIAS bisa saja, kalau ada lahan atau tempat yang tersisa. Kami mengutamakan anggota Gaikindo terlebih dahulu,” tutur Jongkie, Minggu (18/2/2018). Ungkapan serupa disampaikan Kukuh Kumara, Sekretaris Umum Gaikindo yang menyebutkan kalau kesempatan menjadi peserta pameran GIIAS buat Mercedes-Benz Indonesia akan selalu terbuka lebar meski statusnya bukan anggota asosiasi. Hanya saja memang tidak termasuk yang diprioritaskan. “GIIAS diutamakan bagi anggota, kalau masih ada tempat luang siapa saja bisa Ikut,” ungkap Kukuh.

Booth Mercedes-Benz GIIAS 2017

Meski demikian, baik Jongkie maupun Kukuh berharap Mercedes-Benz Indonesia bisa bergabung lagi menjadi anggota Gaikindo dan menerima aturan yang ada. “Iya, itu harapan kami semua. Semoga pihak kantor pusat Jerman bisa menerima aturan-aturan yang ada di Indonesia,” tutur Jongkie. Mercedes-Benz Indonesia terpaksa harus dikeluarkan dari keanggotaan Gaikindo karena tidak bisa mematuhi salah satu aturan yang telah ditetapkan yaitu menyerahkan data penjualan. Tercatat sejak Mei 2017 hingga sekarang Mercedes-Benz Indonesia tidak mau memberikan data penjualannya ke Gaikindo. Roelof Lamberts selaku Presiden & CEO Mercedes-Benz Distribution Indonesia memberikan alasan mengapa pihaknya tidak membuka data ke Gaikindo. Menurutnya apa yang dilakukan oleh Mercedes-Benz semuanya atas intruksi dari induk perusahaan, Daimler di Jerman yang menyatakan kalau data penjualan adalah rahasia dan tidak setuju bila dipublikasikan di luar situs resmi milik pemerintah.

Mercedes-Benz A-Class A200 AMG Line

Baca :

Mungkin anda ingin baca

  • Hino Naikkan Status Dealer Resmi di Tasikmalaya Jadi Lebih Tinggi
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Hino Naikkan Status Dealer Resmi di Tasikmalaya Jadi Lebih Tinggi

    06/05/2018

    Agen pemegang merek Hino di Indonesia, PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) melakukan langkah besar dalam melayani konsumennya di wilayah Jawa Barat. HMSI resmi menaikkan status dealer Maya Graha Indah (MGI) yang berada di Tasikmalaya dari sebelumnya 1S atau hanya melayani penjualan menjadi 3S atau bakal melayani penjualan, perawatan serta menyediakan berbagai suku cadang kendaraan Hino.

  • Legenda MU Teddy Sheringham Akui Hyundai H-1 Mobil Berkelas
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Legenda MU Teddy Sheringham Akui Hyundai H-1 Mobil Berkelas

    06/05/2018

    Teddy Sheringham, Legenda klub Manchester United sekaligus timnas Inggris mengunjungi Jakarta dalam rangka promosi perhelatan akbar Piala Dunia 2018 di Rusia. Menjalani aktifitas di ibu kota dari tanggal 2-5 Mei 2018 Sheringham ditemani dua model Hyundai, yaitu H-1 dan Santa Fe.

  • Harga Murah Glory 580, Sokon Menolak Dibilang Murahan
    Berita Mobil Mobilmo.com

    Harga Murah Glory 580, Sokon Menolak Dibilang Murahan

    06/05/2018

    Merek asal China, Sokon benar-benar merealisasikan rencananya menghadirkan model baru sport utility vehicle (SUV) berharga murah. Di pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) yang dibuka tanggal 19 Apil 2018 di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Sokon meluncurkan Glory 580.