10 Unit Kendaraan Listrik Resmi Diserahkan Mitsubishi Ke Pemerintah

27/02/2018| Mobilmo.com

Usai penandatanganan memorandum of understanding/MoU atau nota kesepahaman dengan pemerintah pada bulan Oktober 2017 lalu, Mitsubishi Motor Corporation (MMC) secara resmi menyerahkan sumbangan unit kendaraan listrik kepada pemerintah, Senin (26/2/2018) untuk pengembangan mobil listrik nasional. Hal ini seperti yang telah dijanjikan oleh prinsipal asal Jepang tersebut kala Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke Jepang dan ke pabrik Mitsubishi MOtors Okazaki di Prefektur Aichi, Nagoya.

CEO Mitsubishi Motor Corp. Osamu Masuko menyerahkan sumbangan mobil listrik ke pemerintah yang diwakili Kementerian Perindustrian, Senin (26/2/2018)

Sumbangan tersebut terdiri dari:
  • 8 unit model Sport Utility Vehicle, Outlander PHEV,
  • 4 unit mobil listrik i-MiEV, dan
  • 4 unit quick changer atau pengcas cepat
Penyerahan yang dilakukan oleh para petinggi Mitsubishi Motor Corporation (MMC) serta petinggi Mitsubishi Indonesia tersebut diterima langsung oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto. Hadir dalam kesempatan tersebut, selain Kementerian Perindustrian ada Kementerian Perhubungan, Kementerian Keuangan, Kementerian Ristek Dikti, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Kementerian Sekretariat Negara serta perwakilan dari Korlantas Polri dan BPPT.

Mitsubishi Outlader PHEV yang disumbangkan ke pemerintah Indonesia untuk pengembangan mobil listrik

Seperti disinggung di atas, penyerahan beberapa unit kendaraan listrik Mitsubishi dan changer-nya ditujukan untuk pengembangan teknologi electric vehicle atau kendaraan listrik di Indonesia. Selain itu juga untuk penyesuaian permodelan kendaraan listrik pada kondisi geografis serta infrastruktur yang ada di Indonesia. Jadi, nantinya bakal diketahui seperti apa unit kendaraan listrik yang cocok digunakan di berbagai kondisi lingkungan baik itu di keramaian kota, di kawasan pegunungan serta di pulau-pulau terpencil.

Mitsubishi i-MiEV yang disumbangkan ke pemerintah Indonesia untuk pengembangan mobil listrik

Osamu Masuko, Chief Executive Officer (CEO) Mitsubishi Motors Corporation dalam sambutannya menjelaskan kalau penyerahan sumbangan dari Mistsubishi kepada pemerintah dan masyarakat Indonesia saat ini merupakan momen penting. Baik dari sisi manfaat kepemilikan, industri otomotif, serta mendukung kondisi lingkungan yang ramah dan aman karena emisi karbon rendah. "Kesempatan ini turut membawa tantangan, seperti menyeimbangkan dorongan menuju kepemilikan mobil yang lebih besar dengan perlunya menjaga lingkungan. 10 kendaraan baru ini akan dikerahkan oleh Kementerian, sebagai studi bersama demi mendukung pengembangan infrastruktur kendaraan listrik Indonesia yang sedang berkembang,” tutur Masuko.

Mobil listrik penting demi menjaga keramahan dan keamanan lingkungan di masa depan

Sementara itu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menuturkan kalau saat ini Kemenperin sedang mematangkan regulasi yang mengatur tentang kendaraan listrik dalam negeri, meliputi besaran insentif yang bakal diberikan untuk kendaraan listrik atau hybrid. “Harapannya Mitsubish bakal menjadi pabrikan yang memproduksi mobil listrik di Indonesia ke depannya dalam waktu dekat. Kami juga berharap kerjasama ini jadi langkah positif dalam mempercepat pengembangan teknologi industri otomotif nasional yang ramah lingkungan dengan emisi karbon rendah,” jelas Airlangga. Baca :

International