Xpander Ekspor, Bentuk Boleh Sama Tapi Yang Lain Pasti Beda

05/03/2018 | Mobilmo.com

Mitsubishi sudah siap mengirim unit Xpander ke pasar mancanegara. Mengenai purwa rupa, Xpander ekspor punya persamaan dan berbedaan.

Upaya Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) dalam meningkatkan volume produksi di pabrik Mitsubishi dalam negeri terus dilakukan. Secara bertahap tapi pasti kapasitas produksi menuju target 10.000 unit per bulan. Hal ini adalah upaya Mitsubishi mempercepat pengiriman unit Xpander yang saat ini telah mencapai 55.000 Surat Pemesanan Kendaraan (SPK). Baca : Pesanan Dalam Negeri Terus Mengalir, Ekspor Xpander Ditunda

Perakitan Mitsubishi Xpander

Selain untuk memenuhi pasar dalam negeri, produksi Xpander juga untuk dikirim ke mancanegara yang akan dimulai pada April 2018 mendatang. Filipina dan Thailand jadi tujuan Xpander ekspor yang pertama, seperti yang pernah disampaikan Presiden Direktur PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI), Takao Kato beberapa waktu lalu. “di Filipina Mitsubishi merupakan merek yang sangat populer, dari total market berada di posisi kedua. Baru setelah Filipina akan kami ke wilayah ASEAN lainya pada 2018 ini,” tutur Kato. Baca juga : Ekspor Xpander Dimulai April 2018, Filipina Jadi Tujuan Pertama Lalu, seperti apa wujud Xpander yang bakal dikirim ke dua negara tetangga tersebut?

Promo Xpander di Filipina

Head of Sales Marketing Group MMKSI, Imam Choeru Yahya menjelaskan secara fisik wujud Xpander untuk pasar ekspor dengan yang dijual lokal hampir sama (dari sisi dimensi, desain, mesin serta transmisi). Hanya ada sedikit perbedaan sebab disesuaikan dengan regulasi, pasar serta karakter konsumen negara masing-masing. "MMKI akan memproduksi Xpander untuk diekspor sesuai dengan kebutuhan dan regulasi negara yang dituju. Setiap negara punya pasar dan karakter berbeda. Sebagai contoh, kami akan memproduksi Xpander setir kiri untuk Filipina," tutur Imam, di sela-sela kegiatan test drive Xpander di kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/3/2018) kemarin. Baca : Jadi Primadona GIIAS 2017, Ini Yang Menarik Dari Mitsubishi Xpander Imam menambahkan, biasanya perbedaan ada pada fitur. Mitsubishi mengikuti apa yang jadi kebutuhan dan permintaan konsumen berdasarkan informasi dari pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) negara setempat.

Mitsubishi di Filipina juga punya dealer yang keren

Soal harga, Imam tidak memberikan penjelasan. Penentuan harga bakal jadi dasar penentuan segmentasi pasar yang jadi sasaran. Hal itu berbeda antara satu negara dengan negara yang lain. "Saya tidak tahu soal itu. Sebab, pihak Mitsubishi Motor Corporation, MMKI dan ATPM di negara bersangkutan yang mengetahui hal tersebut," kata Imam