Tips Mudah Mengganti Oli Power Steering Mitsubishi Pajero Sport

12/02/2018 | Mobilmo.com

Power steering merupakan teknologi modern yang membantu pengemudi dalam memutar kemudi Mobil. Dengan adanya teknologi tersebut membuat kemudi menjadi lebih ringan dan mudah dikendalikan. Untuk power steering milik Mitsubishi terdapat 2 jenis yakni power steering dengan penggunaan pompa dan yang satunya telah elektrik. Untuk yang menggunakan bantuan pompa perlu oli ATP sebagai penyalur tenaga. Nah bagaimana cara mengganti oli power steering Mitsubishi Pajero Sport? Sebelum melakukan pembahasan tantang cara mengganti oli power steering Mitsubishi pajero sport, terlebih dahulu akan diberikan informasi tentang jenisnya. Untuk power steering dengan sumber tenaga elektronik atau DC menggunakan tenaga baterai untuk menggerakkan DC motor. Adapun yang membantu untuk membuat ringan sistem kemudi adalah DC motor. Untuk penggunaan sistem ini terbukti sangat praktis dan juga efisien dibandingkan yang hidrolik.

Tutup Oli Power Steering pada Mobil

Mobil pajero sport menggunakan power steering jenis hidrolik dan perlu melakukan pergantian oli tentunya. Biasanya dalam melakukan pergantian oli dilakukan pada kelipatan 50.000 kilometer dan dilakukan secara berkala. Penasaran, berikut ini adalah cara mengganti oli power steering Mitsubishi pajero sport yang bisa dilakukan dengan mudah. Sebelum melakukan pergantian perlu untuk mempersiapkan peralatannya terlebih dahulu. Bayangkan jika saat Anda mengganti tapi masih ada yang kurang, proses pengerjaan akan terhenti dan sangat merepotkan bukan harus kembali mengambil ini itu dan sebagainya. Adapun alat yang perlu disiapkan adalah: - 1 buah oli power steering ukuran 1 liter kondisi baru - Tang - Tempat oli bekas atau wadah seperti ember kecil yang penting mampu untuk menampung oli bekas - Kunci 12 dan 14 mm - Dongkrak

Melakukan Pergantian oli Power Steering harus dilakukan secara berkala

Itulah peralatan yang perlu disiapkan, jangan sampai ada yang tertinggal 1 alat pun biar saat proses pengerjaan bisa berjalan dengan lancar. Untuk caranya bisa Anda simak di bawah ini. Baca juga: Cara kerja power steering pada Mobil dan Fungsinya
  1. Meletakkan Mobil di tempat yang datar dan juga dirasa aman. Hal tersebut bertujuan supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Jangan melakukannya di bawah pohon yang rawan tumbang.
  2. Membuka kap Mobil dan pastikan penyangganya kuat, apabila sudah tidak bisa bekerja dengan maksimal maka bantulah menggunakan penyangga lain seperti kayu atau besi.
  3. Melakukan pelepasan tabung reservoir untuk dibersihkan dan dikuras olinya. Untuk membersihkannya disarankan menggunakan bensin supaya kondisinya menjadi bersih.
  4. Memasang dongkrak pada bagian roda depan. Untuk pemasangan dilakukan sampai kedua rodanya sampai terangkat.
  5. Menempatkan wadah yang telah disediakan sebelumnya di bawah selang yang berhubungan dengan tabung oli power steering. Hal ini berguna untuk menampung oli bekas yang akan diganti dengan yang baru.
  6. Melakukan pergerakan pada steering well ke arah kiri dan juga kanan sampai habis oli yang terdapat pada selang. Untuk mengetahuinya bisa dilihat pada selangnya, apabila sudah tidak menetes lagi berarti sudah habis.
  7. Langkah selanjutnya adalah menurunkan dongkrak kemudian memasangkan kembali tabung yang tadi dilepas. Selain itu, jangan lupakan untuk menyambung kembali selang dengan tabung reservior.
  8. Saatnya melakukan pengisian oli power steering pada Mobil pajero sport Anda. Isi tabungnya sampai penuh kemudian hidupkanlah mesin Mobil. Pada saat menghidupkan mesin Mobil pertama kali akan ada suara seperti mendecit. Tetap tenang karena hal tersebut sangat wajar. Bunyi yang muncul berasal dari pompa power steering karena oli yang mengalir belum sampai bagian tersebut.
  9. Setelah oli masuk ke dalam tiap bagian power steering maka oli pada tabung akan berkurang. Matikan mesin Mobil pajero sport kemudian isi kembali sampai batas yang telah ditentukan.
  10. Langkah terakhir adalah menghidupkan kembali mesin Mobil pajero sport. Setelah itu putar ke kanan dan ke kiri steering weel.
  11. Tambahan, periksalah kembali tabung oli power steering apakah sudah pada batasnya atau berkurang. Jika berkurang ditambah kembali karena mungkin sebelumnya oli belum melumasi komponen sepenuhnya.