Tips Merawat Ban Tubles Pada Mobil Yang Harus Diperhatikan

23/02/2018| Mobilmo.com

Ban Mobil adalah salah satu komponen pada kendaraan yang memiliki fungsi sangat penting. Yang dimana komponen ini beradu langsung dengan jalanan baik itu aspal atau tanah. Disamping hal itu ban Mobil juga mempunyai batas usia pakai. Jadi apabila sudah habis masa pakaiannya atau sudah gundul maka diharuskan untuk melakukan pergantian dengan yang baru. Namun pembahasan kali ini adalah tentang merawat ban tubles. Ban tubles merupakan inovasi yang sangat membanggakan, yang dimana tidak perlu menggunakan ban dalam. Salah satu keunggulannya adalah tidak mudah bocor, jadi ketika terkena paku dan tidak dicabut maka tidak akan mengempis. Sangat berbeda dengan ban biasa yang menggunakan ban dalam, jika terkena paku angin di dalam ban akan terhembus keluar. Jadi penggunaan ban tubles membuatnya lebih awet dan tahan lama.

  • Menghindari lubang di jalan
  • Selanjutnya untuk merawat ban tubles adalah dengan menghindari lubang di jalan agar tidak menghantamnya dalam kecepatan yang tinggi. Apabila jalanan yang Anda lewati dalam kondisi buruk sebaiknya Anda melaluinya dengan perlahan. Hal tersebut bertujuan agar ban Mobil tidak menghantam dengan keras.
    1. Jangan cabut penyebab kebocoran secara langsung
    Jadi ketika ban tubles Anda terkena paku atau benda lainnya sebaiknya jangan sampai langsung mencabutnya. Apabila Anda memaksa untuk mencabutnya maka hasilnya udara yang terdapat pada ban Mobil akan keluar semua. Jadi untuk lebih amannya sebaiknya dijalankan menuju bengkel terlebih dahulu dan biarkan mereka yang mencabutnya untuk dilakukan penambalan. Alternatif lainnya adalah dengan mengganti ban cadangan yang telah disiapkan pada Mobil Anda.
    1. Melakukan spooring dan balancing
    Selanjutnya dalam merawat ban tubles adalah dengan melakukan spooring dan balancing yang dilakukan secara berkala. Hal tersebut memang dianjurkan supaya kondisi ban Mobil bisa awet dan tidak terjadi keausan hanya sebelah saja. Oleh sebab itu dengan malakukan spooring dan balancing laju Mobil menjadi stabil dan tambah nyaman.

  • Cek secara berkala
  • Mengingat ban Mobil memiliki peran yang sangat penting bagi kendaraan, jadi sangatlah diutamakan dalam melakukan pengecekan pada ban tubles supaya tetap dalam kondisi yang baik. Untuk cara mengeceknya bisa dilihat dari samping, apabila sudah melewati tanda D berarti sudah saatnya untuk melakukan pergantian. Tanda D pada ban merupakan batas minimum dari keausan suatu ban Mobil. Selain itu lihat juga pada permukaan dan sekeliling, apakah ada yang retak atau terdapat kerusakan lain. Karena jika ban mengalami masalah tersebut bisa membahayakan jika melaju dalam kecepatan tinggi.  

    International