Tips Mengecek Ac Mobil Saat Muncul Bunyi Yang Mengganggu

12/04/2018| Mobilmo.com

Ac merupakan singkatan dari Air conditioner yang mempunyai fungsi memberikan suhu dingin atau sejuk di dalam Mobil. apalagi saat cuaca sedang panas, pastinya Ac akan mempunyai peranan yang sangat penting. Namun disamping hal tersebut, kerusakan Ac Mobil juga bisa terjadi. Pengecekannya pun bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan bunyi yang dihasilkan. Jadi mengecek Ac Mobil harus dilakukan supaya kondisinya tetap prima dan dapat bekerja dengan semestinya.

Kerusakan atau masalah yang terjadi pada Ac Mobil dapat diketahui dengan mendengarkan bunyi sekitar. Seperti misalnya terdengar bunyi kasar saat Ac dinyalakan atau bunyi desis halus dari balik dashboard dan lainnya. Mengecek Ac Mobil bagi yang belum tahu memang sulit, bahkan munculnya bunyi tidak wajar pun kadang luput dari perhatian.

Ada bunyi dari belakang dashboard, segera lakukan pengecekan

Dalam melakukan deteksi dapat dilakukan pada beberapa bagian yang berhubungan dengan Ac Mobil. seperti yang dikatakan oleh Sarwono Edi selaku spesialis AC di bengkel Orion Motor. "Paling mudah mengecek adanya bunyi-bunyian saat AC dinyalakan. Apakah ada suara mendesis dan dibarengi AC tak sejuk. Sedang di luar kabin bisa cek kondisi kompresor saat beroperasi,"

Menurut penjelasan dari Edi, bahwasanya terdapat beberapa komponen atau bagian yang membutuhkan pengecekan saat muncul bunyi terkait masalah Ac Mobil. tujuannya supaya diketahui apa sebenarnya yang menjadi penyebabnya. Untuk pemeriksaan pertama dilakukan pada tekanan freon. Karena jika tekanan pada freon sudah mulai melemah, maka bisa saja terdapat kebocoran pada bagian kompresor ataupun part lain.

Selanjutnya dalam mengecek Ac Mobil pemeriksaan juga dilakukan pada kevakuman kompresor. Komponen ini sangat berperan penting dalam memberikan tekanan terhadap freon supaya sirkulasinya dapat berjalan dengan lancar. Karena saat kevakuman kompresor mulai melemah maka itu tandanya terdapat masalah pada kompresor. Jika dibiarkan begitu saja bisa menjalar menuju komponen lainnya. jadi jangan sampai menyepelekan hal kecil sekalipun, karena yang demikian itu bisa menjadikan kerusakan yang lebih besar.

>>> Baca juga, Beberapa Tips Merawat AC Mobil Isuzu Panther Tetap Maksimal

Memeriksa kondisi Freon sebaiknya dilakukan di bengkel Ac Mobil

"Tapi buat memeriksa kondisi freon dan kevakuman kompresor, sebaiknya dilakukan di bengkel AC. Karena di bengkel AC tersedia alat untuk mengukur kualitas tekanan dan kevakumannya. Dan jika memang ada kerusakan maka akan segera ditangani," ujar mekanik yang bertempat di JalanĀ  Krukut Raya, Krukut, Limo, Depok, Jawa Barat.

Untuk kondisi yang lebih maksimal, ketika mengecek Ac Mobil pada bagian kompresor dan freon sebaiknya memeriksa juga bearing magnetic clutch. Komponen ini menempel pada kompresor yang dimana jika ada masalah bisa membuat kompresor macet. Jika didiamkan terlalu lama maka bisa menjadikan panas berlebih dan terbakar.

"Siap-siap deh keluar uang banyak untuk tebus satu set komponen ini yang harganya berkisar Rp800 ribu sampai Rp1,2 jutaan. Karena banyak kasus magnetic clutch terbakar karena macet, terbakar dan mengeluarkan asap yang masuk ke kabin AC." Lanjutnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips perawatan lainnya

Oleh sebab itulah sangat disarankan untuk melakukan pergantian pada komponen bearing jika sudah aus secepatnya. Karena jika tidak dilakukan bisa membuat mesin Mobil mati mendadak, selain itu dikhawatirkan belt yang tersambung dengan mesin ikut terbakar.

Pada intinya perawatan memang harus dilakukan dengan benar. Jika diketahui terdapat kerusakan segera dilakukan pergantian dengan yang baru. Jika sudah melakukan begitu, kerusakan parah dapat dihindari dengan mudah. Apalagi untuk komponen Ac Mobil yang merupakan fitur sangat penting, pastinya harus tetap dijaga kondisinya.

Demikianlah informasi mengenai tips mengecek Ac Mobil dengan bunyi yang timbul di sekitar. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

International