Tips Memasangkan Kursi Bayi Pada Mobil Agar Aman

22/03/2018| Mobilmo.com

Bepergian menggunakan Mobil paling bahagia jika dapat bersama keluarga. Rasa senang bercampur gembira dapat menjernihkan pikiran dan badan menjadi rilex. Kebersamaan yang didambakan dan jarang orang mendapatkannya. Hal tersebut karena kesibukan yang padat oleh tiap anggota keluarga. Salah satu hal yang paling penting adalah melindungi keluarga kita dari bahaya, terutama bayi kita. Salah satu langkah tepat adalah memasang kursi bayi pada Mobil.

Dengan mengedepankan faktor keamanan dan juga kenyamanan, bepergian bersama keluarga menjadi lebih tenang. Dengan memasang kursi bayi pada Mobil membuat kekhawatiran terhadap bayi Anda menjadi berkurang. Meskipun harus tetap memperhatikan anak kesayangan setiap waktu. Perlu diketahui bahwa memperhatikan bayi memang sesuatu yang melelahkan juga sangat menyenangkan. Bahkan bagi mereka yang belum dikaruniai seorang anak berusaha dengan berbagai cara untuk mendapatkannya.

Posisikan bayi di Car seat dengan nyaman

Kembali ke topik pembahasan. Kursi bayi biasa disebut sebagai Car seat. Tujuan pemasangan fitur tambahan ini adalah supaya bayi Anda tidak terpental ke arah depan saat melakukan pengereman. Seperti yang kita tahu, bahwa saat melakukan pengereman penumpang juga akan merasakan efeknya. Bahkan orang dewasa pun bisa ikut doyong ke depan saat terjadi pengereman agak mendadak.

Selain itu, ketika melakukan belokan juga sering terjadi pergerakan berlawanan dengan Mobil belok. Seperti misalnya, saat Mobil belok ke kanan, maka serasa kita terdorong ke arah kiri. Oleh sebab itu dengan adanya Car seat untuk bayi membuat anak Anda tetap berada di posisinya tidak terpental ke sana dan kemari. Apalagi fisik bayi masih sangat lemah, bila didudukkan begitu saja akan rentan terpental.

Namun jika Anda memutuskan untuk mendudukkan bayi di depan Anda dengan memegangnya juga tidak masalah. Tetapi tentunya Anda akan merasa kecapekan dan bila mengantuk beresiko bayi lepas pengawasan. Jadi untuk saran lebih baik memasangkan kursi bayi pada Mobil untuk bayi Anda.

Pastikan sealt belt dalam kondisi kencang tidak kendor

>>> Mungkin tertarik, Tips Mengatasi Masalah Rem Tidak Pakem Setelah Melewati Genangan Air

Dalam menggunakan Car seat terdapat beberapa langkah untuk dilakukan supaya efektif. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dalam pemilihan. Pilihlah sesuai dengan tinggi, berat dan usia anak Anda. Selain itu car seat yang dibeli juga harus cocok dengan Mobil Anda. Semuanya terdapat bermacam-macam tinggal Anda menyesuaikannya dengan kondisi Mobil dan anak Anda.

Untuk masalah kedua yang perlu diperhatikan adalah dalam pemasangannya. Pada saat pemasangan dilakukan dengan bersamaan bayi atau anak Anda sebagai langkah supaya tidak terjadi kekeliruan. Terdapat 3 sistem dalam memasangkan Car Seat pada Mobil Anda. Untuk yang pertama menggunakan sealt belt, yang kedua menggunakan latch dan yang terakhir menggunakan ISOFIX.

Jadi saat memasang kursi bayi pastikan kencang dan anak Anda dapat duduk dengan baik. Dalam mengikatnya tidak boleh dilonggarkan supaya lebih mengutamakan keamanan.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips perawatan lainnya

Untuk pengujiannya bisa dilakukan dengan menggunakan pinch test dengan mencubit starp. Apabila strap dapat dicubit berarti masih terlalu longgar dan perlu dikencangkan lagi. Posisi anak dalam car seat harus menghadap ke belakang sebelum umur 3 tahun. Jadi apabila sudah di atas 3 tahun baru boleh menghadap ke depan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi resiko kecelakaan yang terjadi pada anak Anda.

Selalu awasi bayi anda meskipun sudah menggunakan car seat

Dalam penempatan kursinya pun tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Seperti misalnya terdapat airbag pada Mobil, tentunya Anda harus lebih berhati-hati dalam pemasangan. Karena dikhawatirkan saat airbag mengembang bisa menghantam anak Anda.

Namun ternyata hal tersebut sebenarnya tidak terlalu bermasalah. Karena pada Mobil telah disertai dengan tombol untuk mematikan airbag yang ada pada kendaraan Anda. Dengan begitu Anda bisa memasangkan kursi bayi pada Mobil dengan aman dan tenang.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips dan trik lainnya Bagi anda yang ingin membeli sebuah Mobil bekas untuk dijadikan kendaraan keluarga atau pribadi bisa masuk ke situs Cintamobil.com.

International