Tips Hemat Kopling Mobil saat Jalan Macet dan Tanjakan

23/02/2018| Mobilmo.com

Seringkali kita menemui bau kampas kopling di jalan saat keadaan macet. Selain itu sering juga ditemui ketika jalanan menanjak juga banyak yang mengalaminya. Hal ini dikarenakan perilaku mengemudi yang keliru atau salah kaprah. Pengemudi seringkali memilih cara yang mudah namun bisa menyebabkan kerusakan. Salah satu hal yang sering dilakukan saat jalan macet atau di tanjakan adalah terlalu sering menekan kopling dengan keadaan pedal gas diinjak. Hal ini bisa menyebabkan kampas kopling cepat habis dan aus. Lantas bagaimana tips hemat kopling Mobil saat jalan macet atau sedang berada di tanjakan.

Menjaga jarak aman saat terjebak kemacetan

Kopling Mobil adalah salah satu komponen yang penting dan perlu dilakukan perawatan. Karena jika cepat salah dalam mengoperasikannya dapat membuat kopling lebih cepat aus. Untuk lebih jelasnya bisa melihat tips di bawah ini yang akan Saya berikan buat Anda. Tips hemat kopling Mobil di jalanan yang sedang macet

Dengan Jarak yang tepat bisa menekan pedal gas tanpa harus menginjak pedal kopling

  1. Menjaga Jarak dengan Mobil di depan
Adapun tips hemat kopling Mobil yang pertama adalah menjaga jarak aman dengan Mobil di depan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda dalam mengoperasikan segala sesuatunya seperti rem, gas dan kopling Mobil.
  1. Jangan setengah-setengah dalam menginjak kopling
Selanjutnya saat dalam keadaan macet harus pasti dalam menekan pedal kopling. Setelah melakukan hal pertama di atas, tentunya dalam melakukan penekanan pedal kopling lebih tenang. Ketika dalam keadaan macet sebaiknya jangan menekan pedal kopling secara setengah, karena hal tersebut bisa membuat kopling cepat aus. Jadi lebih baik dilepaskan sekalian kalau sedang berjalan dengan menekan gas secara perlahan tanpa bantuan kopling. Jika keadaan berhenti cukup mengosongkan gigi mobil dalam posisi netral dan dilakukan pengereman.
  1. Periksa kondisi kopling
Melakukan persiapan saat melakukan perjalanan memang perlu dilakukan, salah satunya adalah cek kondisi tiap bagian Mobil seperti kopling Mobil. Apabila kopling Mobil sudah dalam keadaan tidak baik pastinya akan mengganggu perjalanan Anda. Apabila kopling Mobil terasa sulit untuk dioperasikan segera dibawa ke bengkel terdekat di jalanan yang Anda lewati. Tips hemat Kopling Mobil saat di tanjakan Apabila sedang melintasi tanjakan tentunya membutuhkan kinerja kopling yang bagus. Kalau tidak bisa berakibat tidak baik saat melewati jalanan tersebut. Sama halnya dengan di jalanan yang mendatar, usahakan menekan pedal kopling saat diperlukan saja. Biasanya kesalahan yang terjadi saat di tanjakan dan kondisinya sedang macet. Pengendara sering menekan pedal kopling setengah dan menekan pedal gas dengan harapan Mobil dapat melaju pelan dan mengikuti laju Mobil di depan.

Pastikan menjaga jarak aman dengan mobil di depan saat berada di tanjakan

Jadi saat berjalan di tanjakan diharapkan untuk tidak menekan pedal kopling jika sedang menekan pedal gas dan Mobil melaju. Apabila keadaan Mobil terlalu lambat dalam berjalan lebih baik berhenti dahulu sambil menekan pedal rem. Apabila kaki terasa pegal, Anda bisa menggunakan hand rem yang caranya sangat mudah hanya tinggal menariknya saja. Untuk langkah yang terakhir dilakukan adalah jika Anda bersabar bisa menunggu hingga kemacetan sudah tidak terjadi. Baik di jalan yang datar ataupun tanjakan pastinya kemacetan menghasilkan beberapa hal yang tentunya kurang menyenangkan. Hal tersebut meliputi: Baca juga: Tips Kuat mengemudi Mobil Dalam perjalanan
  • Boros bahan bakar
  • Rasa capek yang berlebihan
  • Kaki terasa pegal
  • Konsentrasi saat mengemudi menjadi terganggu
Setelah melihat hal yang disebabkan akibat kemacetan yang terjadi baik di jalan yang datar atau tanjakan. Akan lebih bijak jika mengambil jalan lain atau istirahat sebentar supaya agak mereda.

International