Tips Berkendara Pengemudi Berpostur Tinggi Supaya Nyaman dan Fokus

06/04/2018| Mobilmo.com

Mengemudi Mobil bisa dilakukan oleh siapa saja dengan berbagai postur badan. Hal tersebut dikarenakan manusia diciptakan dengan berbgai postur, ada yang tinggi dan juga yang gemuk. Namun jika dibayangkan, mereka dengan postur yang tinggi sulit mengemudi karena beberapa faktor. Namun apakah hal tersebut benar? Tentu tidak, apabila mengetahui cara berkendara pengemudi berpostur tinggi.

Postur tubuh yang tinggi merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki. Selain tampak gagah juga lebih memiliki aura tersendiri dibandingkan dengan mereka yang pendek. Meskipun begitu, soal berkendara tergantung skill dan juga cara yang benar supaya lebih nyaman di dalam Mobil. Pria ataupun wanita yang memiliki postur tinggi berbeda dalam posisi mengemudi dan tata cara yang benar untuk menjaga keamanan.

Sebenarnya salah satu faktor keamanan yang perlu ditanamkan adalah fokus terhadap jalan dan keadaan sekitar. Jangan sampai terganggu dengan hal-hal yang bisa membuyarkan konsentrasi. Untuk soal kenyamanan juga perlu, karena hal ini yang dapat membuat pengendara tetap fokus. Kali ini kami akan berbagi tips mengenai tips berkendara pengemudi berpostur tinggi. Yang dimana kita sering melihat pengemudi yang posturnya tinggi terasa tidak nyaman di dalam kursi pengemudi. Bila Anda salah satunya, mari kita simak ulasannya di bawah ini.

  1. Mencari posisi duduk yang nyaman

Mempunyai postur tubuh yang tinggi bukan halangan untuk dapat mengemudi Mobil. jadi jangan takut jika ada orang lain berkata apa, langsung praktekkan dan libas jalanan dengan gembira. Salah satu tips pertama untuk pengemudi postur tinggi adalah dengan mencari posisi duduk yang nyaman. Sebenarnya soal kenyamanan tempat duduk berdasarkan masing-masing. Oleh sebab itu aturlah posisi senyaman mungkin saat Anda berkendara.

Posisi duduk yang nyaman tidak mudah membuat badan capek

Namun jika tetap bingung dan sulit merasakan kenyamanan, Anda bisa mengatur kursi atau jok dengan sedikit mundur ke belakang. Tujuannya supaya kaki tidak terasa sempit untuk dapat mengoperasikan gas, kopling dan rem. Mengingat orang dengan postur tinggi mempunyai kaki yang panjang. Dalam pengaturannya usahakan lutut sedikit berada di atas pinggul dengan kaki yang tidak menggantung pada ujung jok. Dengan begitu maka akan lebih nyaman dalam mengemudi serta mudah mengoperasikan pedal rem dan lainnya.

>>> Mungkin tertarik, Benarkan Melakukan Engine Brake dapat menyebabkan Mobil Rusak
  1. Memegang kemudi yang benar

Selain memperhatikan posisi duduk agar lebih nyaman. Tips berkendara pengemudi berpostur tinggi lainnya adalah dalam memegang kemudi harus benar. Setelah selesai mengatur jok maka Anda juga perlu melakukan pengecekan bagaimana Anda memegang kemudi Mobil. usahakan tangan Anda dapat lurus serta sejajar dalam memegang setir.

Posisi tangan yang pas di kemudi meningkatkan kenyamanan

Pada saat melakukan percobaan memegang kemudi agar didapat posisi yang pas, maka taruhlah tangan kiri Anda berada pada posisi jarum jam di angka 9 dan tangan kanan di angka 3. Namun jika tidak terasa nyaman, ubahlah posisi tangan Anda di arah jarum jam angka 10 tangan kiri dan jam 2 pada tangan kanan. Pastikan posisi Anda nyaman dengan berbagai percobaan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips pengemudian lainnya
  1. Memakai seatbelt

Seatbelt atau sabuk pengaman merupakan alat pengaman pengemudi yang fungsinya menjaga agar tidak terpental ke depan saat terjadi tabrakan atau pengereman mendadak. Hal ini sangat wajib untuk digunakan ketikan sedang berkendara. Nah bagi Anda yang memiliki postur tinggi akan memundurkan jok Mobil, oleh sebab itu pada bagian seatbelt juga diperlukan pengaturan kembali. Kendorkan dan aturlah sesuai postur Anda, mengingat saat jok diubah posisinya maka seatbelt juga tertarik, apabila tidak dilakukan pengaturan maka akan terasa sempit atau terlalu mencengkram.

Sabuk pengaman sangat penting dalam hal leamanan

Selain untuk mendapatkan kenyamanan saat mengemudi, memakai sabuk pengaman merupakan peraturan yang harus dipatuhi. Tentunya Anda tidak mau bukan berurusan dengan polisi dan mendapatkan surat tilang hanya karena tidak menggunakan sealtbelt.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik lainnya
  1. Fokus mengemudi

Adapun terakhir yang sangat diperlukan dalam berkendara pengemudi berpostur tinggi adalah fokus. Hal ini sangat penting untuk selalu menjaga kenyamanan dan keamanan dalam berkendara, baik itu untuk diri sendiri ataupun pengendara lain di sekitar. Selain itu, fokus merupakan kunci dari keselamatan saat mengendarai Mobil baik dalam kecepatan tinggi maupun rendah.

Fokus berkendara supaya tidak terjadi masalah dalam perjalanan

Hindarilah sesuatu yang dapat menggagalkan fokus Anda dalam mengemudi seperti bermain gadget, makan atau hal lainnya. jika ingin melakukan aktifitas lain sebaiknya berhenti terlebih dahulu demi keamanan. Tapi jika memaksa sambil berjalan, maka resiko kecelakaan menjadi lebih besar disebabkan konsentrasi terbagi menjadi 2 antara mengemudi dan makan atau lainnya.

International