Sulit Membedakan Oli Palsu dari Kemasannya

21/04/2018| Mobilmo.com

Oli palsu sangat meresahkan pemilik Mobil, mengingat oli mesin adalah salah satu bagian yang terbilang sangat penting pada sebuah kendaraan. Setelah dipakai dalam jangka yang telah ditentukan maka kualitasnya akan menurun, sehingga perlu dilakukan pergantian.

Sebelum membahas tentang oli palsu, terlebih dahulu kami berikan informasi mengenai fungsi oli mesin terlebih dahulu. Jadi oli memiliki bentuk cairan yang dimasukkan ke dalam mesin. ketika mesin dinyalakan maka oli  akan bersirkulasi ke semua komponen mesin dengan bantuan pompa oli. Berikut ini merupakan fungsinya yang perlu diketahui.

Oli Palsu memiliki warna dan kekentalan yang mirip dengan aslinya

Adapun fungsi yang pertama adalah untuk melumasi tiap komponen mesin yang terdapat pada Mobil. Oli akan dipompa melewati bagian yang bergerak serta membentuk lapisan yang melumuri tiap komponen. Jadi ketika komponen terpelumasi dengan baik maka akan terjaga dari keausan ataupun kerusakan.

Fungsi yang kedua adalah sebagai perapat. Yang dimana ketika sirkulasi oli berlangsung di dalam mesin dan membentuk lapisan tipis. Lapisan inilah yang bertugas untuk mengisi celah tiap bagian komponen yang bergerak. Seperti misalnya alam mesin terdapat ring piston dan silinder yang bertugas sebagai penghasil tenaga. Pada bagian tersebut oli akan merapatkan keduanya yang menjadikan tidak bocor ketika terjadi pembakaran.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Selanjutnya oli juga bertugas sebagai pembersih. Yang dimana ketika mesin Mobil bekerja akan terdapat sisa karbon pembakaran ataupun partikel yang dihasilkan akibat gesekan. Saat oli mesin bersirkulasi maka kotoran juga ikut terdorong dan komponen menjadi bersih kembali.

Oli palsu memiliki efek jangka panjang pada kendaraan

Fungsi selanjutnya adalah menyerap panas dan juga sebagai pencegah timbulnya karat. Ketika pembakaran terjadi maka akan menghasilkan panas yang diubah menjadi tenaga. Pada proses tersebut oli juga melakukan sirkulasi untuk menyerap panas yang ada pada komponen mesin Mobil supaya tidak cepat aus. Selain itu oli mesin juga dapat menjaga supaya tidak muncul karat pada tiap bagian mesin.

Melihat pentingnya fungsi oli sangat disayangkan jika terdapat oli palsu. Hal tersebut tentu merugikan pemilik Mobil karena efeknya yang tidak baik terhadap mesin Mobil. jika dilihat dari segi kekentalan ataupun warnanya, oli asli dan palsu sangat sulit untuk dibedakan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

Seperti yang diungkapkan oleh Adrian Baskoro yang merupakan Vice President Director MPM Lubricants pemegang merek Federal Oil. “Tadinya perbedaan bisa dilihat dari kemasan, tapi kemasan oli palsu saat ini sudah mirip banget dengan yang asli,”. Ucapnya kepada wartawan di Jakarta.

Jadi untuk melakukan identifikasi bisa dilakukan dengan melihat efek samping yang dihasilkan. “Efeknya hanya ada dua, enggak optimal melumasi mesin atau merusak mesin,” lanjut Adrian.

Menurutnya efek yang dihasilkan tidak langsung begitu saja terjadi setelah pengisian. Akan tetapi akan terasa dalam jangka panjang. “Tapi baru terasa saat pemakaian jangka panjang, itu pun enggak bisa sepenuhnya kesalahan oli, banyak faktor yang bikin performa menurun,” lanjutnya.

Efeknya dapat terlihat saat terasa tidak optimal ketika melumasi mesin Mobil. Jadi ketika menggunakan oli palsu maka suhu mesin akan melakukan peningkanan tidak seperti biasanya.

Oli mesin melapisi seluruh komponen dalam mesin Mobil

>>> Baca juga, Langkah – langkah Asuransi Mobil Yang Perlu Dipahami

“Kalau biasanya aman-aman saja dipakai macet-macetan, nah saat pakai oli palsu rasanya lebih panas,” jelasnya.

Untuk membedakan oli mesin palsu dengan Federal Oil adalah igrendient yang membuat mesin menjadi lebih dingin. “Untuk Federal Oil, kami punya ingredient yang bikin mesin lebih dingin dibanding pelumas lain, nah efek itu yang enggak bakal terjadi di pelumas yang palsu,” tutup Adrian.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai oli palsu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

International