Persiapkan Ini Dahulu Sebelum Ke Luar Kota Dengan Mobil

10/03/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Sebelum melakukan perjalanan ke luar kota lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya masalah di jalan.

Sebelum melakukan perjalanan ke luar kota lebih baik mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya masalah di jalan. Persiapan yang dilakukan meliputi kondisi Mobil dan barang bawaan yang nantinya dibutuhkan ataupun memang perlu dibawa. Sebelum ke luar kota dengan Mobil alangkah baiknya juga mengecek kondisi tubuh Anda, apakah dalam keadaan fit atau tidak.Bepergian ke luar kota menggunakan Mobil memang akan terasa nyaman. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan melakukan pengecekan dan juga memastikan bahwa kondisi Mobil ataupun barang bawaan baik-baik saja tanpa ada yang ketinggalan. Seperti misalnya, jika sudah sampai pada setengah perjalanan tiba-tiba teringat bahwa terdapat barang yang ketinggalan, pastinya hal tersebut membuat Anda tidak merasa nyaman. Oleh sebab itu persiapan harus dilakukan sebelum ke luar kota dengan Mobil. Berikut ini merupakan tips yang bisa dijadikan referensi ketika akan melakukan perjalanan ke luar kota.
  1. Surat-surat kendaraan
Adapun hal pertama yang perlu dipersiapkan sebelum ke luar kota dengan Mobil adalah surat kendaraan. Periksalah STNK dan BPKB serta SIM, apakah sudah ada atau masih di dalam rumah. Selain itu pastikan bahwa surat tersebut tidak habis masanya atau telat pajak.

Surat kendaraan berjaga-jaga saat terjadi operasi di jalan

 
  1. Mesin Mobil
Tahapan selanjutnya adalah dengan melakukan pengecekan pada mesin Mobil. Pengecekan dilakukan pada oli mesin, oli transmisi, air radiator, oli power steering dan minyak rem. Pastikan bahwa kondisinya msih dalam batas aman atau tidak kekurangan.

Cek oli supaya pelumasan dapat maksimal

Selain itu cek juga kondisi aki Mobil, jika menggunakan aki kering Anda bisa melihat lampu indikator apabila ada. Jika sudah mulai redup sebaiknya dilakukan pergantian. Namun jika menggunakan aki basa, sebaiknya memastikan bahwa air aki masih dalam batas yang ditentukan. >>> Mungkin tertarik, Belajar Menginjak Pedal Mobil Manual Yang Benar
  1. Ban Mobil
Selanjutnya dalam persiapan sebelum ke luar kota dengan Mobil adalah memeriksa kondisi ban. Pastikan bahwa ban Mobil masih bagus tidak ada keretakan, benjol  atau sobek. Pastikan juga kembangan pada permukaan ban masih tebal. Selain itu periksalah udara pada semua ban Mobil supaya seimbang tidak berat sebelah. Pernah terjadi ban Mobil yang sudah retak namun masih diajak jalan, dan alhasil ban meletus atau pecah.

Ban Mobil yang retak bisa menyebabkan ban meletus

  1. Kaki – kaki
Jangan lupa untuk mengecek bagian kaki-kaki meliputi shockbreaker, per, arm, bushing dan lain sebagainya.

Menjaga kaki-kaki mobil agar tidak aus

  1. Rem Mobil
Hal ini sangat penting, kondisi rem yang baik dapat membantu menjaga Mobil tetap aman dan nyaman. Oleh sebab itu periksalah bagian ini meliputi kampas dan cakram. Pastikan masih dalam kondisi prima, jika kampas sudah berbunyi sebaiknya dilakukan pergantian.
  1. Spooring dan balancing
Pastikan bahwa Mobil Anda telah dilakukan spooring dan balancing. Hal ini bertujuan supaya saat Mobil dalam perjalanan dalam kondisi stabil tidak ada gangguan, seperti kemudi yang agak kebuang ke kanan atau ke kiri.

Spooring dan balancing dapat menstabilkan Mobil saat melaju

  1. Lampu Mobil
Sebelum Anda melakukan perjalanan ke luar kota dengan Mobil sebaiknya cek kondisi tiap lampu pada Mobil Anda. Periksalah bagian lampu sein, fog lamp, lampu utama, lampu belakang dan lainnya. pastikan semuanya menyala dengan baik.

Lampu Mobil sangat penting dalam perjalanan terutama di malam hari

  1. Wiper
Jangan lupa pula cek bagian wiper, mulai dari karet wiper dan penyemprot air masih berfungsi dan tidak kekurangan. >>> Klik di sini untuk mengeupdate tips pengemudian lainnya
  1. Barang bawaan
Pengecekan selanjutnya adalah barang bawaan Anda. Pastikan semuanya telah masuk ke dalam Mobil dan tidak ada yang tertinggal. Tentunya Anda tidak ingin bolak balik dalam perjalanan karena terdapat satu barang yang tertinggal.

Jangan sampai ketinggalan barang bawaan biar tidak repot

  1. Kelengkapan Mobil
Barang wajib Mobil juga jangan sampai ketinggalan seperti kotak P3K, dongkrak, kunci ban dan juga ban serep. Hal ini sangat penting jika terjadi hal yang tidak terduga di jalan.

Kunci kelengkapan Mobil untuk berjaga-jaga saat ada masalah di jalan

  1. Kondisi tubuh
Setelah semua yang dibutuhkan Mobil sudah lengkap. Sebelum ke luar kota dengan Mobil pastikan kondisi tubuh Anda fit. Jika terasa kurang enak badan lebih baik mengajak teman untuk menggantikan Anda. Hal tersebut bertujuan untuk keamanan dalam berkendara. Itulah beberapa persiapan yang bisa Anda lakukan sebelum ke luar kota dengan Mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel lainnya. >>> Klik di sini untuk mengeupdate tips perawatan lainnya Jika Anda ingin membeli Mobil bekas tapi bingung mau cari dimana, silahkan kunjungi Cintamobil.com situs jual beli terpercaya di Indonesia.

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.