Perhatikan, Begini Cara Menjaga Kondisi Mobil Saat Ditinggal Liburan

22/02/2018| Mobilmo.com

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang digemari oleh semua orang. Menjaga kondisi Mobil merupakan salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh pemiliknya. Melakukan perawatan tidak hanya pada kendaraan yang sering digunakan. bahkan saat Anda meninggalkan Mobil di rumah untuk pergi liburan juga harus dilakukan perawatan, hal tersebut bertujuan supaya keadaannya tetap prima setelah tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Oleh sebab  itulah menjaga kondisi Mobil saat ditinggal liburan sangat diperlukan, lantas bagaimana caranya? Pada saat pergi liburan bisa saja ikut dengan teman atau menggunakan bus supaya dapat bersama dengan keluarga besar mereka. oleh sebab itu mau tidak mau harus meninggalkan Mobil miliknya di rumah. Selain itu kadangkala lebih memilih naik transportasi umum seperti kapal atau pesawat sesuai keinginan pribadi. Dengan melihat kondisi tersebut tentunya mau tidak mau harus menjaga kondisi Mobil di rumah sampai pemilik Mobil kembali dan digunakan kembali. Tentunya Anda menginginkan Mobil Anda keadaannya normal setelah bepergian liburan. Jika begitu tentunya Anda harus menjaga kondisi Mobil saat ditinggal liburan. Jika penasaran mari kita lihat informasinya di bawah ini.

Tips menjaga kondisi Mobil saat ditinggal liburan atau lama tidak digunakan

  1. Melepaskan Rem tangan atau rem parkir

Untuk menjaga kondisi Mobil saat ditinggal liburan atau bepergian jauh beberapa hari yang pertama dilakukan adalah melepaskan rem tangan Mobil. Hal ini bertujuan supaya kondisi rem tidak mengunci setelah beberapa lama didiamkan. Kasus yang kadang terjadi adalah meninggalkan Mobil dalam keadaan rem tangan masih mengunci, alhasil membuat rem menjepit piringan dan sulit untuk dibuka karena lengket. Oleh sebab itulah jangan sampai lupa akan hal ini.
  1. Memberi pengharum Mobil supaya tidak apek

Selanjutnya untuk menjaga kondisi Mobil adalah memberinya pengharum Mobil. Jadi jika Anda akan meninggalkan Mobil dalam waktu yang agak lama bisa dilakukan untuk menghindari bau apek atau tidak sedap pada bagian dalam Mobil. Bau apek bisa timbul kapan saja, apalagi di dalam Mobil yang tidak ada penumpang atau udara yang masuk ke Mobil jika ditinggal.
  1. Melepas kepala aki ataui kabel aki

Tips selanjutnya dalam menjaga  kondisi Mobil saat ditinggal liburan atau melakukan perjalanan jauh adalah dengan melepas kepala aki. Hal ini bertujuan supaya aki tidak kehilangan daya atau terjadi kerusakan pada bagian ini. Untuk melepasnya dilakukan dengan cara bagian kutub negatif terlebih dahulu baru positif. Jangan terbalik supaya aman dalam melakukannya. Sedangkan untuk pemasangan selanjutnya dahulukan kabel positif baru yang negatif.
  1. Mengangkat karet wiper

Selanjutnya adalah mengangkat karet wiper, tips ini bertujuan supaya karet pada wiper tidak mudah mengeras. Jadi dengan mengangkatnya Anda bisa lebih menjaga kondisi karet wiper pada Mobil Anda. Baca juga: Waspada, Sebaiknya Teliti Sebelum Membeli Wiper
  1. Mengangkat roda Mobil dengan jack stand

Tips selanjutnya adalah mengangkat roda dengan menggunakan jack stand. Hal tersebut berguna supaya ban Mobil tetap terjaga posturnya, karena jika tidak diangkat maka ban akan menahan beban Mobil pada satu titik secara terus menerus. Pemasangan jack stand menghasilkan keempat roda bisa terangkat sampai tidak menyentuh tanah.
  1. Parkir ditempat yang terlindungi dan menutup Mobil

Tips terakhir dalam menjaga kondisi Mobil saat ditinggal liburan adalah dengan memarkirkan Mobil di tempat yang teduh. Selain itu jangan lupa untuk menutupnya menggunakan sarung Mobil supaya terlindung dari cahaya matahari ataupun debu yang bisa menumpuk sehingga dapat merusak bodi Mobil. Dengan menutupnya tentu kotoran serta debu tidak akan menjamah bodi pada Mobil sehingga cat Mobil tetap terjaga.

International