Mengetahui Pengertian dan Cara Penggunaan Cruise Control

26/02/2018| Mobilmo.com

Kebanyakan orang belum mengetahui tentang yang namanya cruise control. Yang dimana fitur ini hanya tersedia pada Mobil keluaran terbaru. Untuk letaknya Anda bisa melihatnya pada bagian roda kemudi Mobil. Adapun fitur ini terbilang canggih dan merupakan bukti bahwa perkembangan teknologi pada Mobil bertambah pesat. Banyak orang yang memiliki pendapat bahwa dengan adanya fitur tersebut mampu memberikan kenyamanan ketika sedang berkendara. Akan tetapi disamping hal itu, jika penggunaan yang salah bisa menyebabkan masalah. Lantas bagaimana sebenarnya penggunaan cruise control dan pengertiannya? Cruise control merupakan teknologi terbaru yang berguna untuk menstabilkan kecepatan tanpa ada pijakan pada pedal gas. Jadi walaupun kaki Anda tidak menekannya namun kecepatan Mobil Anda tetap dalam kondisi stabil. Cruise control sendiri tersiri dari banyak nama tergantung pihak perusahaannya seperti misalnya speed control atau autocruise.

Tombol Untuk Mengaktifkan Fitur Cruise Control

>> Baca Dulu Tips Menghindari Kerusakan Pada Power Steering Nah bagi Anda yang sering melakukan perjalanan jauh sampai ratusan kilometer tentunya fitur ini sangat berguna. Yang dimana kaki jika menginjak gas terus lama-kelamaan akan pegal dan kaku. Untuk mengatasi hal tersebut maka munculah fitur ini untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi Mobil. Dalam penggunaan cruise control dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu untuk mengaktifkannya cukup menekan tombol saja. Biasanya pihak pabrikan membatasinya di angka minimal 40 km/jam. Jadi jika kecepatan Mobil Anda berada di bawah 40 km/jam maka fitur canggih ini tidak akan aktif. Namun bila Anda dalam kecepatan 60 km/ jam misalnya, Anda hanya perlu menekan tombol saja maka Mobil dapat melaju stabil tanpa kaki Anda menekan pedal gas. Namun perlu diketahui bahwa penggunaan fitur ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan pada pengemudinya. Jadi dalam menggunakannya saat jalanan agak longgar seperti di jalan tol. Jangan sampai Anda menggunakannya pada saat jalanan sedang ramai, karena hal tersebut malah bisa menyebabkan kecelakaan.

Dengan Jarak Tertentu Maka Sensor Adaptive Cruise Control Akan Mendeteksinya

Terdapat keuntungan tersendiri pada Mobil yang telah menggunakan fitur canggih cruise control. Yang dimana biasanya fitur tersebut telah dilengkapi dengan penyematan sensor dengan teknologi laser. Dengan begitu sangat memungkinkan menambah keamanan pada pengendara. Jadi dengan adanya sensor laser tersebut akan memberi sinyal pada sistem pengereman saat terdapat benda atau Mobil dalam jarak tertentu, sehingga Mobil otomatis melakukan pengereman. Tidak hanya itu saja, saat sensor mendeteksi jarak Mobil di depannya terlalu jauh maka otomatis akan menambah kecepatannya. Sangat menarik bukan, dengan ini pengemudi akan lebih nyaman dan bisa merenggangkan kakinya saat berada di jalan yang sepi. >> Klik Untuk Melihat Perawatan Komponen Mobil Lainnya Meskipun begitu, bukan berarti Anda bisa bersantai. Pengemudi harus tetap berkonsentrasi pada jalan dan keadaan sekitar. Bisa saja terdapat kendaraan lain yang tiba-tiba menyalip dari arah samping atau Mobil lain yang berpapasan dengan Mobil Anda. Melihat penjelasan di atas, bahwa penggunaan cruise control pada Mobil dapat menambah kenyamanan saat berkendara, terutama saat melakukan perjalanan jauh. Jadi Anda tidak perlu khawatir lagi kaki pegal, keram, kesemutan ataupun kaku. Jika terasa pegal lewat saja jalan tol dan Anda aktifkan fitur ini sehingga bisa mengistirahatkan kaki Anda walau sejenak.

Sensor Fitur Cruise Control Terdapat Bagian Depan Mendeteksi Keberadaan Mobil Di Depan

Ingat bahwa untuk menggunakan cruise control dilakukan dalam keadaan sepi saja. Jangan sampai saat Anda pertama kali mencoba berada di jalanan yang ramai, karena hal tersebut bisa berbahaya. Utamakan keselamatan Anda dan keluarga saat berkendara, jangan sampai karena keegoisan Anda menambah masalah pada keluarga tercinta. >> Klik Disini Untuk Informasi Tips dan Trik Terbaru Demikianlah informasi tentang pengertian serta penggunaan cruise control pada Mobil yang bisa dilakukan dengan mudah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.  

International