Inilah Penyebab Mesin Mobil Overheat Saat Ac Dinyalakan

30/01/2018| Mobilmo.com

Seperti yang kita tahu bahwa jika sedang di siang hari dan kondisi cuaca sangat panas maka fungsi Ac Mobil memang diperlukan. Jadi Ac memiliki peranan yang sangat penting untuk mendinginkan suhu yang terdapat di dalam Mobil. Dengan adanya fitur tersebut menjadikan kenyamanan dan kesegaran timbul di dalam kendaraan Anda. Selain itu saat turun hujan namun Ac tidak dinyalakan dapat membuat kaca Mobil muncul embun yang tentunya mengganggu pandangan. Namun disamping hal tersebut, ada pula yang mengeluhkan bahwasanya mesin Mobil overheat saat Ac dinyalakan. Lantas apa yang menjadikan keadaan tersebut perlu dicari solusinya. Pada saat Ac Mobil dinyalakan tentunya beban pada kinerja mesin akan mengalami peningkatan. Hal tersebut dikarenakan mesin Mobil mendapatkan kerjaan tambahan yakni memutar kompresor Ac. Jadi ketika mesin bekerja lebih keras sangat dibutuhkan tambahan bahan bakar dan juga temperatur kerja pada mesin juga mau tidak mau akan meningkat. Nah pada masalah inilah sangat diperlukan pendinginan yang maksimal supaya kinerja mesin tidak berlebihan melebihi titik suhunya. Jika pendinginan tidak maksimal dan suhu mesin terlalu panas maka bisa menyebabkan overheat.

overheat.

  1. Clutch Fan
Selain masalah pada extra fan, kerusakan pada clutch fan juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab mesin Mobil overheat saat Ac dinyalakan. Jadi segera dilakukan pengecekan apakah mengalami kerusakan atau kekurangan oli. Untuk cara mengeceknya bisa dilakukan dengan memutarnya menggunakan tangan. Jadi saat memutar dirasa terlalu enteng berarti sudah saatnya untuk dilakukan pergantian oli silikon. Atau jika clutch fan rusak harus segera diganti.
  1. Kotornya saluran udara
Pada radiator atau kondensator mempunyai kisi-kisi yang fungsinya adalah untuk menyalurkan udara supaya dalam pendinginan cairan di dalamnya bisa lebih cepat. Apabila pada kisi-kisi tidak bersih maka menjadikannya tersumbat oleh kotoran. Jika hal ini terjadi tentunya menjadikan tidak lancarnya aliran udara.  Jika mengalami tersebut maka proses pendinginan menjadi tidak maksimal sehingga terjadi panas yang berlebih dan bisa menyebabkan overheat.

  • Thermostat rusak
  • Untuk thermostat jika kondisinya normal maka otomatis akan membuka pintu guna menyalurkan coolant yang telah optimal menuju readiator untuk dilakukan pendinginan. Apabila coolant yang sudah panas tidak bisa disalurkan, maka menjadikan suhu Mobil meningkat yang bisa menjadikan mesin Mobil overheat. Namun apabila bagian thermostat yang mengalami kerusakan, mesin Mobil akan menjadi panas walaupun dalam keadaan Ac tidak menyala. Jadi bisa disimpulkan bahwa jika mesin Mobil overheat saat Ac dinyalakan sangat kecil kemungkinannya terjadi masalah pada thermostat.
    1. Kapasitas kompresor
    Nah untuk masalah yang terakhir ini bagi yang telah dilakukan modifikasi pada bagian kapasitas kompresor. Biasanya jika sudah diubah menjadi lebih besar dan sudah tidak memiliki standar mesin yang direkomendasikan ama dapat menjadikan kinerja mesin menjadi berat karena beban yang ditimbulkan oleh kompresor. Hal tersebut terjadi hanya pada Mobil yang sudah dilakukan perubahan pada kapasitas kompresornya menjadi lebih besar.

    International