Hal Yang Perlu Diwaspadai Untuk Menjaga Kondisi Cat Mobil Tetap Awet

25/04/2018 Mobilmo.com Tips & Trik

Cat yang terdapat pada bodi Mobil merupakan salah satu bagian yang membuat tampilan menjadi lebih menarik atau lebih buruk. Bagaimana tidak? Apabila kondisinya bersih maka tampak kinclong dan terlihat lebih menawan.

Cat yang terdapat pada bodi Mobil merupakan salah satu bagian yang membuat tampilan menjadi lebih menarik atau lebih buruk. Bagaimana tidak? Apabila kondisinya bersih maka tampak kinclong dan terlihat lebih menawan. Namun jika kondisinya kotor membuatnya tampak kusam dan tidak nyaman untuk dipandang. Terdapat hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga kondisi cat Mobil tetap dalam kondisi yang baik.

Perawatan yang sering dilakukan oleh pemilik kendaraan adalah mencucinya secara rutin. Hal tersebut perlu boleh saja namun perlu diketahui bahwa shampo Mobil mempunyai kandungan asam yang terbilang cukup tinggi. Oleh sebab itu pilihlah sampho Mobil yang tepat agar tidak merusak cat Mobil.

Mencuci Mobil merupakan salah satu perawatan cat bodi yang sering dilakukan

Melakukan pemilihan sampho dengan benar yang memiliki kadar asam rendah dapat membuat cat bodi Mobil lebih awet. Tentunya Anda tidak ingin bukan berniat mencuci Mobil supaya bersih namun malah menjadikannya kusam.

Seperti yang diungkapkan oleh Christopher Sebastian yang merupakan CEO Topcoat Indonesia. "Shampo itu ada zat asam dan zat asam itu bisa merusak cat, namun zat asam ini juga yang bisa membersihkan kotoran. Jadi diusahakan jangan menggunakan shampo dengan kadar zat asam yang tinggi," ujarnya.

>>> Baca juga, Penyebab Body Roll Pada Mobil Dan Cara Mengatasinya

Pihaknya juga menambahkan bahwasanya tempat pencucian Mobil juga menggunakan sampho yang mempunyai kadar asam yang tinggi. Hal tersebut dikarenakan lebih mudah dalam melakukan pencucian Mobil.

"Selain shampo juga ada dari air hujan, diusahakan kalo ada waktu setelah hujan mobil sebaiknya dibilas, karena air cuci lebih baik daripada air hujan," ujarnya.

Cat bodi Mobil yang mengkilap membuat tampilan lebih menarik

Selanjutnya hal yang harus dihindari untuk menjaga kondisi cat Mobil adalah air hujan. Jadi jangan sampai Anda membiarkan air hujan mengering pada bodi Mobil karena bisa menyebabkan cat menjadi kusam. Pihak Christoper juga menyarankan untuk tidak melakukan parkir di luar rumah ataupun di bawah pohon. Alasannya adalah dikhawatirkan terdapat serangga yang membuang kotoran pada Mobil Anda ataupun getah pohon yang keluar dari potongan daun yang jatuh. Jika kotoran mengering dan tidak diketahui maka bisa menimbulkan flek pada cat Mobil.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

"Kalo sekali terkena kotoran lalu kita malas bersihin ya tidak bakal hilang, dihilangin pun ngeflek ada bekasnya karena kotoran burung terutama itu jahat sekali, begitu kena cat langsung menyerap kedalam pori-pori cat," Tambah Christopher.

"kalo sudah ter-coating tidak masalah, misalnya kena hari ini dilap besok ga masalah," lanjutnya.

Pihaknya mengklaim bahwasanya bila cat Mobil sudah menggunakan Topcoat maka tidak akan mengalami kerusakan. Hal tersebut dikarenakan coating dapat melindungi cat bodi Mobil dari kotoran yang terkena pada bodi Mobil.

"Coating dengan bahan sapphire serum adalah proses perlindungan yang bersifat permanen terhadap permukaan cat kendaraan yang berfungsi untuk melindungi, menahan usia pemakaian, mempermudah perawatan dan meningkatkan nilai jual," Tambah Christopher.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

Topcoat melindungi bodi Mobil dari kotoran

Jadi untuk menjaga kondisi cat Mobil perlu menghindari beberapa hal yang telah disebutkan di atas. Apabila kondisi cat bodi Mobil bersih dan kinclong, membuat tampilan lebih menarik dan nyaman untuk dipandang.

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah air laut. Hindari Mobil Anda terkena air laut, karena kandungan asam yang dimiliki sangat tinggi. Air laut dapat membuat cat bodi Mobil kusam dan komponen yang terbuat dari besi mudah terkena korosi atau keropos. Kebanyakan bagian Mobil yang terkena air laut tanpa adanya pembilasan dengan air bersih akan karatan. Jika sudah begitu kekuatan yang dimiliki menjadi berkurang.

Demikianlah informasi mengenai hal yang tidak boleh dilakukan untuk menjaga kondisi cat Mobil tetap awet dan kinclong. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

Beli mobil? Cari saja di situs jual beli mobil dengan harga bagus di cintamobil.com

Mungkin anda ingin baca

  • Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa
    Tips & Trik Abdul Kosim

    Tips Kuat Berkendara Dengan Mobil Saat Berpuasa

    09/05/2018

    Sebentar lagi akan datang bulan yang penuh rahmat yakni Ramadhan. Yang dimana umat Islam akan melangsungkan puasa sebulan penuh baik bagi pria, wanita, pekerja ataupun pengangguran. Meskipun sedang berkendara tetap harus melakukan puasa dan berbuka di waktu maghrib tiba. Berkendara dengan Mobil saat berpuasa bukan membutuhkan daya konsentrasi lebih. Apalagi saat di siang hari yang panas sehingga sangat melelahkan dan sering mengantuk.

  • Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Pilihan Mobil Sedan Toyota Bekas Harga 100 Jutaan Yang Nyaman

    07/05/2018

    Salah satu jenis kendaraan yang difavoritkan anak muda adalah Mobil sedan. Hal tersebut karena tampilannya yang sporty dan begitu menawan.

  • Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman
    Tips & Trik Mobilmo.com

    Beberapa Tips Perjalanan Mudik Dengan Kendaraan Umum Supaya Aman

    07/05/2018

    Mudik merupakan salah satu rutinitas yang dilakukan oleh sebagian orang untuk pulang kampung dan berkumpul bersama keluarga. Pada umumnya dilakukan oleh keluarga yang tinggal jauh dengan orang tua saat libur panjang atau ketika lebaran tiba.