Dampak Mobil Dijemur Terlalu Sering Di Tempat Terbuka

03/05/2018| Mobilmo.com

Kendaraan yang sering diajak bepergian pasti akan melakukan parkir. Pada saat tersebut kadang menemui lahan parkir yang terbatas, sehingga tidak ada pilihan lain. Dengan demikian mau tidak mau Mobil dijemur dan terkena sinar matahari secara langsung. Pasalnya hal tersebut bisa berdampak hal yang tidak baik pada kendaraan jika terlalu lama terkena sinar ultraviolet.

Apabila dilakukan satu atau dua kali tidak akan menjadi masalah. Namun apabila hampir setiap hari Mobil Anda parkir di tempat terbuka maka lama kelamaan akan mengalami kerusakan secara perlahan. Oleh sebab itu perlu untuk memarkirkan kendaraan Anda di tempat yang teduh agar kondisi tetap terjaga dan tidak merusak cat Mobil.

Carilah tempat parkir yang teduh dan tidak terkena sinar matahari langsung

Berikut ini dampak yang dihasilkan bila Mobil dijemur terlalu sering dengan kondisi panas yang terlalu menyengat.

Dikutip dari halaman resmi Daihatsu, bahwasanya dampak yang terjadi jika Mobil dijemur terlalu sering adalah bagian eksteriornya yakni warna Mobil ajab cepat memudar dan juga kusam. Hal ini dikarenakan suhu panas yang terkena cat terlalu tinggi. Untuk meminimalisir hal ini adalah dengan melakukan parkir di tempat yang teduh seperti basement atau tempat parkir yang terdapat atap di atasnya.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Tempat Parkir Berbahaya bagi Kendaraan

Dampak lainnya adalah pada bagian wiper seperti karetnya yang mudah rusak atau mengeras. Jika kondisinya sudah begitu, maka bisa menyebabkan baret pada kaca Mobil saat wiper melakukan tugasnya. Pasalnya karet yang terlalu lama terkena panas sudah tidak elastis. Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan mengangkat wiper saat parkir Mobil. Dengan begitu karet wiper tidak akan menyentuh kaca Mobil, mengingat kaca dapat menyerap panas sehingga saat terkena matahari kondisi kaca Mobil akan memiliki suhu panas yang tinggi.

Menjaga karet wiper bisa dilakukan dengan mengangkat wiper saat parkir

Selain eksterior, dampak yang dihasilkan jika terlalu lama Mobil dijemur adalah bagian interiornya. Jadi saat Mobil diparkir di tempat terbuka menjadikan suhu di dalam Mobil tinggi sampai 70 derajat celcius. Suhu tersebut dapat membuat cat dashboard cepat mengalami kerusakan dan juga bagian jok Mobil mudah retak. Untuk mengatasi masalah ini bisa dilakukan dengan melapisi kaca Mobil dengan menggunakan kaca film yang memiliki kualitas baik. Dengan begitu sinar ultraviolet tidak akan masuk ke dalam kabin.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Untuk dampak yang terakhir adalah bisa merusak Ac Mobil. Pada umumnya Ac dinyalakan pada saat pengendara masuk kendaraan, padahal suhu ini masih dalam keadaan panas yang tinggi mencapai 70 derajat celcius. Tujuannya adalah supaya suhu panas di dalam Mobil cepat menghilang. Namun ternyata hal tersebut merupakan cara yang salah, karena bisa menyebabkan bahan bakar menjadi boros dan kinerja Ac kurang maksimal.

Adapun cara menyalakan Ac saat kondisi kabin Mobil memiliki suhu panas yang tinggi adalah dengan membuka jendela terlebih dahulu. Dengan begitu suhu panas akan keluar dan suhunya menjadi agak stabil. Setelah suhu di dalam Mobil stabil, barulah Anda bisa menyalakan Ac dengan tenang tanpa ada masalah.

Membuka jendela Mobil bertujuan agar suhu panas keluar dari dalam kendaraan

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi harga Mobil terbaru

Jadi dengan menghindari Mobil dijemur terlalu sering di bawah terik sinar matahari, akan menjaga kondisi cat bodi Mobil tetap mengkilap. Anda juga bisa membawa sarung Mobil untuk berjaga-jaga saat tidak mendapatkan tempat parkir yang teduh. Memang sedikit ribet, jadi semuanya terserah pada pemilik Mobil. Di sini kami hanya sekedar memberikan informasi yang semoga bisa membantu.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai dampak Mobil dijemur terlalu sering di tempat terbuka. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

International