Sosok Toyota Transmover, Pilihan LCGC Dengan Harga Terjangkau

26/10/2017 | Mobilmo.com

Pasar kendaraan roda 4 kelas entry level merupakan salah satu yang paling sibuk. Ada begitu banyak produk baru yang ditawarkan dan salah satunya adalah Toyota Transmover. Produk baru dari Toyota tersebut disebut – sebut sebagai varian terendah yang dikembangkan dari produk Toyota Avanza. Karena alasan itulah tampilan Transmover sangat mirip dengan tampilan Avanza standar; terutama pada bagian eksterior. Pilihan baru di segmen Low Cost Green Car ini bisa menjadi alternatif yang menarik untuk memenuhi kebutuhan transportasi keluarga ataupun pendukung usaha dengan harga lebih terjangkau.

Tampilan Eksterior Dan Interior Toyota Transmover Tampilan luar Toyota Transmover terbilang serupa dengan Avanza standar keluaran terbaru yang terkesan modern. Perpaduan antara grille berwaha hitam dan garis hitam di bumper depan menjadi aksen menarik di bagian depan. Sedangkan lampu utama dengan garis yang aerodinamis mempertegas kesan modern pada penampilan muka Transmover. Sementara tampilan samping Transmover terbilang sederhana dan nyaris tanpa ada aksen tertentu yang menarik perhatian. Sedangkan tampilan belakang memperlihatkan karakter desain terkini dari produk Toyota dengan lampu belakang utama berukuran besar ditambah stop lamp pada bagian bumper. Aksen berwarna metalik terpasang melintang di bagian tengah; tepat di bawah logo Toyota.

Layaknya sebuah produk mobil LGCC; Toyota Transmover memiliki interior yang minimalis dengan mengutamakan fungsi. Bangku penumpang dengan desain standar dibalut dengan bahan kain dan juga vinyl yang praktis dan mudah dibersihkan. Selain itu tidak ada fitur yang istimewa termasuk sistem audio 1DIN yang dilengkapi dengan 2 buah speaker. Transmover juga tidak memiliki pendingin kabin dengan blower ganda. Fitur power window masih melengkapi Transmover seperti juga dengan Avanza standar; berbeda dengan bagian spion yang hanya menggunakan spion manual. Spesifikasi Teknis Toyota Transmover Toyota sepertinya merancang Transmover sebagai kendaraan MPV yang lebih mengutamakan fungsi. Dimensi yang ideal dengan panjang 4.200 mm, lebar 1.660 mm dan tinggi 2.655 mm mampu menghasilkan kabin yang cukup nyaman dan ruang bagasi luas. Ground clearance yang cukup tinggi mencapai 200 mm sepertinya dibuat agar Toyota Transmover memiliki fleksibilitas ketika melewati jalan bergelombang ataupun polisi tidur. Suspensi MacPherson Strut pada roda depan dan 4-Link Lateral Rod pada roda belakang cukup dapat diandalkan untuk meredam getaran dan memberi stabilitas ketika melewati jalan yang tidak rata.

Layaknya sebuah mobil yang menempati strata terendah dari seri Avanza; Toyota Transmover hanya menggunakan velg kaleng berukuran 16 inci dan dipadukan dengan ban berukuran 185/70. Toyota Transmover menggunakan mesin berkapasitas 1.329 cc yang dilengkapi dengan 4 silinder dan 16 katup DOHC. Mesin tersebut juga telah dilengkapi fitur VVT-i dan EFI untuk memaksimalkan tenaga yang dihasilkan dan menekan konsumsi bahan bakar. Mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimal 96,5 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan menghasilkan torsi maksimal 12,3 Kgm pada putaran mesin 4.200 rpm. Transmisi manual 5 percepatan menjadi satu – satunya pilihan karena tidak ada varian dengan transmisi otomatis. Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 45 liter dan konsumsi bahan bakar yang irit membuat Toyota Transmover sangat efisien digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Fitur Keamanan Dan Kenyamanan Toyota Transmover Meski hanya menjadi produk entry level untuk tipe MPV; namun Toyota memberikan Transmover sebuah fitur keamanan yang sangat penting berupa dual SRS Airbag pada bangku pengemudi dan penumpang bagian depan. Sementara sabuk pengaman standar dengan 3 titik yang selama ini menjadi standar produk mobil Toyota juga tetap digunakan. Sementara fitur kenyamanan yang dimiliki mobil ini terbilang sangat minim seperti tidak adanya AC dengan blower ganda dan spion yang masih menggunakan tipe manual. Sementara fitur hiburan berupa sistem audio 1DIN yang dilengkapi dengan 2 buah speaker menjadi satu – satunya pilihan.

Harga Toyota Transmover Transmover sangat cocok dijadikan pilihan kendaraan Low Cost Green Car karena harganya yang terbilang sangat terjangkau untuk sebuah produk mobil MPV dari produsen sekelas Toyota. Konsumen yang menganggap harga Avamza masih terlalu mahal dapat beralih pada Transmover yang hanya dibanderol dengan harga di bawah Rp 150 juta.