Spesifikasi Toyota Ipsum 1999 : Mobil 90-an Punya Double Sunroof

22/02/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA IPSUM 1999

Saat ini mungkin Sobat mengenal kendaraan MPV adalah Toyota Avanza, Kijang Innova, Calya, Sienta, Voxy, Vellfire dan Alphard. Tapi tahukah Sobat, bahwa sebelumnya Toyota memiliki sebuah MPV yang terbilang cukup langka karena jarang terlihat di jalanan yakni Toyota Ipsum.

Dari segi tampilan memang mirip dengan KIA Carens. Mobil ini merupakan versi four wheel Drive dari Toyota Picnic. Untuk produksinya dilakukan mulai tahun 1995 dan pertama kali dihadirkan pada tahun 1996 secara internasional. Lantas seperti apakah spesifikasi dan fitur yang diberikan di dalamnya? Mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA IPSUM 1999

Sisi Depan Toyota Ipsum 1999

Gambar  ini menunjukkan bagian depan mobil Toyota Ipsum 1999

Sisi depan tampak minimalis namun aerodinamis

Membahas bagian depan, tampilannya terlihat sederhana. Sebagai mobil tahun 90-an wajahnya terlihat santai namun enak untuk dipandang. Mengandalkan warna two tone dengan bumper memakai warna gray. Untuk bagian atas menggunakan grill sewarna bodi dengan ukuran tidak terlalu besar dipadukan penggunaan logo Toyota di bagian tengahnya. Pada bagian head lamp menggunakan cover kaca lampu buram dengan di dalamnya ada lampu jauh, lampu dekat dan lampu sein. Belum ada foglamp pada mobil keluaran tahun 90-an satu ini.

Sisi Samping Toyota Ipsum 1999

Gambar ini menunjukkan bagian samping mobil Toyota Ipsum 1999

Sebuah MPV untuk 7 penumpang sebagai kendaraan keluarga

Menuju ke sektor samping, desainnya memang tampak beda dengan model jaman sekarang. Dengan bagian depan yang terlihat aerodinamis dipadukan dengan sisi belakang yang tampak menggelembung. Bahkan dari samping mobil ini tampak memiliki dimensi yang panjang, hal tersebut wajar mengingat dapat menampung 7 penumpang. Terdapat antena model tarik di bagian kanan di atas pengemudi mobil. Warnanya masih sama dengan bagian depan yakni two tone dengan bagian bawah warna gray. Handle pintu dan cover spion menggunakan sewarna dengan bodi mobil. Sedangkan di bagian pelek mengandalkan 5 palang dengan ukuran 14 inci.

Sisi belakang Toyota Ipsum 1999

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Ipsum 1999

Desain sederhana namun tetap menarik

Jika melihat ke sisi belakang akan tampak desainnya yang menggelembung dan terlihat sederhana. Di bagian atas ada spoiler cukup mungil berpadu dengan kaca belakang cukup besar yang sudah ada rear defogger dan wiper. Untuk bawahnya terdapat logo kebanggaan Toyota dan lampu belakang didesain memanjang. Di sisi tengah terdapat dudukan plat nomor dan di sisi kanan bawah lampu ada emblem logo Ipsum dan sebelah kiri 4WD. Soal warna masih menggunakan 2 warna dengan bumper belakang warna gray yang ada reflektor pada sisi kanan dan kiri.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA IPSUM 1999

Kabin Depan Toyota Ipsum 1999

Gambar ini menunjukkan kabin depan mobil mobil Toyota Ipsum 1999

Head unit hanya bisa radio dan kaset tape saja

Ketika masuk ke dalam kabin mobil akan ditemukan power window pada door trim terdapat power window, door pocket dan speaker. Kemudian pada sisi kanan kemudi mobil terdapat tempat penyimpanan tertutup ukuran kecil dan tombol electric mirror yang sudah electric Retract. Dashboard yang digunakan mengandalkan material bahan hard plastik.

Untuk odometer telah menggunakan sistem digital yang dapat memberikan informasi terkait kendaraan. Di bagian kemudi menggunakan 3 palang dengan bahan kulit namun masih fix tidak ada pengaturan tilt maupun telescopic. Yang menarik adalah tuas transmisi yang posisinya berada di kolom kemudi sehingga tampak berbeda dengan yang lain.

Pada bagian tengah dashboard akan dihadapkan tempat penyimpanan tertutup cukup besar di bagian atas sendiri. Untuk bawahnya ada kisi-kisi AC, jam digital, head unit model kaset, ruang penyimpanan terbuka dan pengaturan AC mobil. Dilanjutkan dengan 2 buah cup holder yang dapat dimasukkan saat tidak digunakan dan juga asbak serta socket lighter. Pada bagian kiri dashboard terdapat tempat penyimpanan tertutup ukuran cukup besar. Sementara itu, untuk park brake posisinya  mepet dengan jok kemudi masih menggunakan mekanikal.

Jok Toyota Ipsum 1999

Gambar ini menunjukkan jok mobil mobil Toyota Ipsum 1999 yang dilipat

Jok baris kedua bisa menjadi meja untuk penumpang di baris ketiga

Pada bagian jok depan menggunakan model terpisah antara pengemudi dan penumpang. Untuk pengaturan masih standar belum diberikan head adjuster. Pada jok baris kedua ini memiliki seatbelt pocket di jok depan dan di bagian pintu sudah diberikan speaker sehingga saat menyalakan musik baris kedua bisa ikut mendengarkannya. Headrest yang diberikan sudah adjustable. Yang menarik adalah untuk sliding jok baris keduanya ini bisa sampai mentok ke depan. Selain itu, baris keduanya bisa dilipat dan dijadikan meja untuk penumpang baris ketiga.

Di baris ketiga mendapatkan kisi-kisi AC mobil di bagian kanan dan kiri. Jok sudah mendapatkan 2 buah headrest adjustable dengan pelipatan full. Pada saat duduk di baris ketiga dan baris kedua tidak ada penumpang bisa mendapatkan meja dari jok kedua.

Bagasi Toyota Ipsum 1999

Menuju ke bagian bagasi Toyota Ipsum 1999. Ukurannya cukup luas dan terdapat ruang cukup besar di bawah lantai. Pada sisi kiri ada tempat penyimpanan toolkit dan sisi kanannya terdapat tempat untuk membersihkan blower AC belakang.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR TOYOTA IPSUM 1999

Gambar ini menunjukkan double sunroof pada mobil Toyota Ipsum 1999

Double sunroof buat kabin terasa lapang

Menuju ke bagian fitur Toyota Ipsum 1999, yang mana salah satu keunggulan yang dimiliki dan menjadi perhatian adalah adanya 2 buah sunroof yakni di bagian depan dan belakang. Untuk sunroof depan hanya bisa naik sedikit saja, sementara belakang kacanya bisa bergeser maksimal sehingga menambah keleluasaan kabin mobil.

Untuk fitur kenyamanan, mobil Toyota ini mendapatkan head unit yang hanya bisa digunakan untuk mengoperasikan kaset jaman dulu dan radio. Pengaturan AC cukup lengkap arah semburannya sampai kaca depan dan rear defogger. Bahkan mobil ini telah diberikan dual SRS Airbags.

>>> Lihat Juga, Review Toyota Fortuner 2017 : Mobil SUV Nyaman Dengan Fitur Mumpuni

5. OPERASI TOYOTA IPSUM 1999

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Ipsum 1999

Mesin 2.000 cc siap temani perjalanan bersama keluarga

Pada bagian mesin Toyota Ipsum 1999 mengandalkan kode 3S-FE dengan kapasitas 2.000 cc 4 silinder. Bahan bakar yang digunakan adalah bensin dan dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 130 Hp dan torsi puncaknya adalah 177 Nm. Dengan mesin tersebut sudah bisa mendukung kinerja dari mobil Toyota satu ini dalam membawa sekeluarga menempuh perjalanan ke tempat tujuan yang diinginkan.

>>> Klik Di Sini Jika Berniat Membeli Mobil Toyota

6. SPESIFIKASI TOYOTA IPSUM 1999

Berikut ini merupakan tabel spesifikasi Toyota Ipsum 1999 :

DIMENSI

Panjang

4530 mm

Lebar

1695 mm

Tinggi

1620 mm

Jumlah pintu

5

Jarak roda

2735 mm

ground clearance

155 mm

HANDLING  & SUSPENSI

Rem Depan

Cakram Berventilasi

Rem Belakang

Drum

Suspensi Depan

Semi Heliks

Suspensi Belakang

Semi Heliks

Ukuran Pelek

14 Inci

MESIN

Tipe

3S-FE 4 silinder

Kapasitas

2.000 cc

Tenaga Maksimal

130 Hp

Torsi Maksimal

177 Nm

Sistem Transmisi

Otomatis

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA IPSUM 1999

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Ipsum 1999:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Menggunakan sunroof 2 buah

Head unit masih model kaset

Kenyamanan lebih maksimal dengan AC sampai bagian belakang

Model CBU dan unitnya terbatas

Harga terjangkau

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA IPSUM 1999

Sebagai mobil keluaran tahun 90-an, tentunya kelengkapannya masih kurang. Namun pada mobil ini cukup mumpuni, apalagi dari segi harganya cukup terjangkau. Untuk harga bekas Toyota Ipsum 1999  berada pada kisaran Rp. 60 juta sampai Rp. 80 jutaan.  Harga tersebut bisa saja lebih atau kurang tergantung kondisi dan tempat melakukan pembelian. Pengecekan dengan teliti juga perlu dilakukan

9. VIDEO TOYOTA IPSUM 1999

10. KESIMPULAN TOYOTA IPSUM 1999

Mobil Toyota Ipsum 1999 merupakan model CBU (Completely Built-Up) atau statusnya adalah impor yang dilakukan secara utuh. Dengan hal tersebut membuat mobil ini hanya memiliki jumlah yang terbatas. Bagi yang membeli mobil ini tentunya terdapat beberapa PR yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah dengan mengganti head unit dengan model saat ini yang lebih canggih. Jok mobil juga perlu diperhatikan seperti memberikan cover atau menggantinya, karena umurnya sudah lama biasanya sudah kurang bagus. Dari segi kelengkapan terbilang cukup karena sudah power window, sunroof 2 buah, AC sampai baris paling belakang dan bagasi cukup lega.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International