Spesifikasi Mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002: SUV 7 Penumpang Handal Dan Mewah

26/12/2020| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Salah satu kendaraan yang menjadi sebuah legenda adalah Land Cruiser. Bila sobat merupakan pecinta kendaraan SUV tentunya akan kenal dengan mobil ini. Tampilannya tampak modern dengan menyandang nama Toyota yang terkenal akan ketangguhan yang dimiliki.

Pada tahun 2002 pihak Toyota Astra Motor memperkenalkan Land Cruiser 100 Series. Masyarakat tentunya sudah mengenal mobil ini sebelumnya dengan mesin diesel yakni Land Cruiser 80 Series. Untuk mobil yang sedang kita bahas kali ini juga terdapat perbedaan dengan yang dijual IU dari Australia. Jadi untuk mobil Land Cruiser VX100 diimpor dari negara Jepang.

2. EKSTERIOR TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Spesifikasi Mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 : Sisi Depan

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Land Cruiser VX100 2002

Ketangguhannya tampak dari bagian depan

Pada saat melihat bagian depan akan tampak ketangguhan yang dimiliki. Dengan headlamp ukuran besar berpadu dengan grillnya yang ukurannya hampir sama. Yang mana bagian tengah grille terdapat logo Toyota dengan aksen krom. Aksen warna krom juga tampak mengelilingi bagian grille dengan ukurannya yang tipis. Bahan dari headlamp adalah kaca berpadu dengan reflektor pada bagian batoknya. Di bagian bumper ada grill bumper ukuran kecil yang memiliki panjang sama grille di atasnya. Disampingnya terdapat foglamp dengan tampilan yang senada dengan desain bumpernya.

Spesifikasi Mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 : Sisi Samping

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Land Cruiser VX100 2002

Dari arah samping tampak dimensinya yang besar dan panjang

Ketika melihat sisi samping akan terlihat mempunyai dimensi yang panjang seakan dapat muat banyak penumpang. Untuk tingginya adalah 1.894 mm sehingga tampak ketangguhan dan kegagahannya. Memang untuk tampilan standarnya bagian ini belum mendapatkan body moulding two tone ataupun over fender. Untuk pelek mobil mengandalkan ukuran 17 inci dan tampak kurang besar, mengingat dimensinya yang cukup panjang dan besar. Di sisi samping mobil besutan Toyota ini akan menemukan footstep yang berguna untuk mempermudah saat masuk ke dalam kendaraan.

Spesifikasi Mobil Toyota  Land Cruiser VX100 2002 : Sisi Belakang

Gambar ini menunjukkan bagian belakang mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002

Untuk standar tidak ada tulisan VX Limited di bagian bawah kiri

Pada bagian belakang akan ditemukan kacanya yang berukuran besar dan telah diberikan wiper. Di bawahnya terdapat logo Toyota dan emblem tulisan Toyota Land Cruiser dengan aksen warna krom. Menariknya lagi adalah, untuk bukan pintu belakangnya ini terbagi menjadi 2 bagian jadi sangat memudahkan saat memasukkan barang bawaan. Untuk lampu belakangnya terbagi jadi 2 yakni di bagian pintu dan body mobil. Di bagian bumper belakang dibuat menonjol seakan melindungi bodi belakangnya saat ada yang menabrak dari arah belakang.

>>> Baca Juga:

3. INTERIOR TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Spesifikasi Mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 : Bagian Dashboard

Gambar ini menunjukkan dashboard mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002

Interior terlihat mewah di zamannya

Pada bagian dashboard sudah memiliki tampilan yang mewah pada zamannya. Jadi kala itu desain dashboard tersebut banyak digandrungi dan tergolong sangat menarik. Lebih menarik lagi adalah bagian ini telah dibalut dengan menggunakan bahan kulit yang mempunyai kualitas sangat baik. Di bagian kiri dashboard terdapat tempat airbags pada bagian atas dan sisi bawahnya adalah ruang penyimpanan tertutup. Sementara di sisi tengah ada head unit dengan desain yang dibuat besar.

Sementara di sisi kemudi mobil tampak polos. Dengan desain 4 palang dipadukan sisi tengah besar dan ada logo Toyota di sisi tengah, kemudinya terasa nyaman ketika digenggam. Hal tersebut juga didukung dengan ketebalan kemudinya yang mantap dan juga pas. Apalagi kemudinya ini telah dibalut dengan material bahan kulit.

Spesifikasi Mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 : Bagian Jok Mobil

Gambar ini menunjukkan jok mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002

Jok nyaman dan empuk hanya saja untuk baris ketiga terbilang kurang

Mobil ini mempunyai dimensi yang panjang dan juga tinggi. Ternyata dari sisi kabin juga luas, hal tersebut dibuktikan dengan daya tampungnya yang mencapai 7 tempat duduk di dalam kabinnya termasuk pengemudi. Joknya pun terasa nyaman saat diduduki karena empuk dan telah diberikan pengaturan elektrik 8 arah pada jok mobil bagian depan. Kenyamanan juga bisa dirasakan maksimal pada jok baris keduanya. Sementara untuk jok ketiga tergolong kuran kalau diduduki untuk orang dewasa guna menempuh perjalanan jauh. Namun sobat bisa melipatnya sehingga kapasitas bagasinya jadi lebih luas.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Pada saat mobil digunakan di jalan tol dan kondisinya sepi bisa mengandalkan fitur cruise control. Jadi Throttle Position Sensor (TPS) akan diperintah oleh ECU supaya pada derajat tertentu bukaannya akan tertahan sehingga mobil akan melaju dalam kecepatan tertentu. Tentunya hal tersebut juga bisa membuat konsumsi bahan bakar jadi lebih hemat. Fitur yang diberikan mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 selanjutnya adalah suspension adjuster. Yang mana dari segi fungsi adalah menyesuaikan tinggi dari suspensi kendaraan. Untuk pengoperasiannya hanya dengan menekan tombol saja yang posisinya di samping kanan tuas transmisi. Nama dari suspensi yang digunakan adalah Toyota Electronically Modulated Suspension dan Active Height Control.

Gambar ini mennunjukkan fitur mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002

Fitur mumpuni untuk mendukung kenyamanan berkendara

Bagi para pecinta offroad tentunya akan senang dengan adanya fitur jet washer. Yang mana fitur ini bekerja menyemprotkan air ke bagian headlamp sehingga visibilitas pengendara tetap bisa didapatkan. Apalagi saat off road biasanya melewati jalanan berlumpur yang bisa membuat headlamp tertutup oleh lumpur. Memang untuk desainnya belum semodern saat ini yang sudah model automatic tilt, namun sudah terbilang menarik dan juga sangat bermanfaat.

>>> Klik Di Sini Untuk Membeli Mobil Totota Land Cruiser VX100 2002

5. OPERASI TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Pada bagian performa mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 dibekali dengan mesin 6 silinder segaris dengan kapasitas 4.164 cc turbocharger. Mengandalkan mesin tersebut tenaga maksimal yang bisa didapatkan oleh mesin adalah 163,5 Hp dan  torsi puncaknya mencapai 352 Nm. Sebagai sebuah kendaraan SUV tentu tenaga dan torsinya sangat mumpuni. Tenaga dan torsi disalurkan ke bagian roda  dengan mengandalkan transmisi 4 speed otomatis. Mesinnya juga mengandalkan sistem direct injection dan menggunakan keempat roda sebagai sistem penggeraknya.

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002

Mesin mumpuni mengingat mobil ini sebuah kendaraan SUV

Perlu diketahui bahwa sistem direct injection menggunakan injektor yang terdapat pada kepala pistonnya dan menembakkan langsung bbm ke bagian atas kepala piston. Adapun kelebihan yang dimiliki sistem ini adalah emisi jadi lebih rendah karena ditekannya sehingga tenaga yang dihasilkan jadi lebih besar. Tidak hanya itu saja, settingan juga dapat mudah dilakukan oleh mekanik dan juga di tuning supaya tenaganya naik.

Untuk kelemahannya adalah biaya perawatannya yang terbilang lebih mahal. Hal tersebut karena tekanannya yang tinggi dimiliki oleh pompa injektor. Bahkan sistem tersebut lebih mudah menghasilkan deposit atau kerak pada bagian kepala piston. Temperature di dalam ruang bakar juga menjadi lebih tinggi sehingga membutuhkan cooling system yang mumpuni karena suhu mesinnya yang lebih panas.

>>> Baca Juga, Review Toyota Land Cruiser Prado J150 2010: Mobil SUV Dengan Pesona Tersendiri Di Kelasnya

6. SPESIFIKASI TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002:

DIMENSI

Panjang

4.890 mm

Lebar

1.941 mm

Tinggi

1.849 mm

 Kapasitas Penumpang

 7 Penumpang

 Kapasitas Tangki

 80 Liter

Jarak Sumbu Roda

 2.850 mm

 Jumlah Pintu

 5 Pintu

 Jarak Terendah Ke Tanah

 210 mm

HANDLING & SUSPENSI

Rem Depan & Belakang

Disc & Drum Teknologi Sistem

Pengereman

ABS, EBD

Struktur Sasis

Ladder Frame (Body On Frame)

Jenis Ban

Radial, 275/70 R17

 Suspensi Depan & Belakang

 Dual Wishbone & Leaf Spring, Toyota Electronically Modulated Suspension, Active Height Control

 Sistem Kemudi

 Rack And Pinion, Power Steering

MESIN

Seri mesin

 1HD-FTE,6 Silinder Segaris, Diesel, Direct Injection, Turbocharger

 Tenaga Maksimum

 163,5 Hp (165 PS) @ 3.600 rpm

 Torsi Maksimum

 352 Nm @ 1.400 rpm

Jumlah Katup

 24 Katup (2 inlet & 2 outlet per silinder)

 Rasio Kompresi

 18,8 : 1

 Kapasitas Silinder

 4,164 cc

 Bore X Stroke

 94,0 mm X 100,0 mm

 Tipe Transmisi

 Otomatis 4 Percepatan, Penggerak 4 Roda via Transfercase

 Pasokan Bahan Bakar

 Direct Injection

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Land Cruiser VX100 2002:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Kabin yang dimiliki tampak mewah sehingga bisa membuat pengendara dan penumpang lebih betah

Pada bagian peleknya masih mengandalkan ukuran 17 inci untuk sebuah mobil dengan dimensi yang besar

Sebagai produk dari Toyota, kaki-kaki dan mesinnya terkenal bandel

Pada bagian lampu depan belum dibekali dengan kristal multireflektor

Mobil SUV yang memiliki harga jual bisa bertahan sehingga bisa dijadikan aset

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Jika membahas tentang harga mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 tentunya tertuju pada kondisi bekas. Karena memang umurnya sudah hampir mencapai 20 tahun, jadi lebih terjangkau. Untuk harga bekasnya berada di kisaran Rp. 400 juta sampai Rp. 435 jutaan. Bahkan jika menemukan mobil yang kondisinya istimewa harganya bisa jadi akan lebih tinggi.

9. VIDEO TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

10. KESIMPULAN TOYOTA LAND CRUISER VX100 2002

Mobil SUV terkenal akan ketangguhannya dalam melintasi segala medan. Selain itu tampilannya juga tangguh dan gagah. Biasanya saat melihatnya secara langsung, mobil SUV akan tampak lebih besar dibandingkan segmen lainnya. Mobil Toyota Land Cruiser VX100 2002 bisa dijadikan salah satu pilihan karena ketangguhan yang dimiliki dan masih tampak menarik sampai saat ini. Bagi para pecinta offroad uga bisa menjadikan mobil ini sebagai tunggangannya untuk melakukan hobinya dan menikmatinya selama perjalanan.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International