Spesifikasi Toyota Fortuner G VNT 2014 : Mobil SUV Fitur Mumpuni Dan Nyaman

29/01/2021| Abdul

1. PENGANTAR TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Salah satu mobil Toyota yang mempunyai kegagahan dan ketangguhan adalah Fortuner. Masuk dalam segmen SUV siap menemani seseorang dan keluarga untuk melintasi segala medan jalanan. Bahkan para pecinta petualang umumnya menggunakan mobil dalam segmen tersebut untuk menemani perjalanan berpetualangnya.

Toyota Fortuner memiliki banyak varian dan juga tahun produksi. Nah kali ini kami akan membahas tipe G VNT yang merupakan  keluaran tahun 2014 dan untuk pen. Seperti apakah keunggulan yang dimiliki mobil ini? Mari kita simak ulasannya.

2. EKSTERIOR TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Sisi Depan Toyota Fortuner G VNT 2014

Gambar ini menunjukkan bagian depan Toyota Fortuner G VNT 2013

Sisi depan tampak keren dengan adanya air scoop

Pada bagian depan akan langsung dihadapkan dengan air scoop pada kap mesin yang membuat tampilannya lebih sporty. Penggunakan komponen tersebut karena untuk intercoolernya berada di bagian atas. Kemudian kemewahan juga terpancar di bagian ini dengan penggunaan grille dengan aksen wa

rna krom dengan bagian atasnya lebih tebal. Kemudian untuk headlamp didesain tidak terlalu besar, yang mana pada bagian ini menggunakan proyektor pada sisi dalam dipadukan dengan penggunaan desain lampu yang mengkotak. Pada sisi bumper terdapat DRL dan foglamp mengandalkan crystal multi reflektor yang juga mendapatkan aksen krom.

Sisi Samping Toyota Fortuner G VNT 2014

Gambar ini menunjukkan bagian samping Toyota Fortuner G VNT 2013

Ketangguhan dan kegagahan tampak pada mobil SUV satu ini

Pada bagian samping mengandalkan pelek dengan ukuran 17 inci warna silver. Pelek dipadukan dengan penggunaan ban ukuran 265/65 R17. Di bagian bodi bawah tampak terdapat foot step untuk memudahkan saat naik turun kendaraan. Kemudian untuk spion menggunakan sewarna bodi dengan diberikan sein untuk membuat pengendara di samping mengetahui saat ingin berbelok. Pada bagian spion sudah diberikan teknologi auto folding.

Selain itu, di bagian sampingnya ini akan didapati handle pintu warna krom yang menambah kemewahannya. Tidak dipungkiri mobil besutan Toyota ini tampak gagah dan panjang jika dilihat dari samping. Apalagi di bagian atasnya terdapat roof rail yang bisa digunakan untuk membawa barang tambahan.

Sisi Belakang Toyota Fortuner G VNT 2014

Gambar ini menunjukkan bagian belakang Toyota Fortuner G VNT 2013

Sisi belakang memiliki fitur lengkap dan tampilannya sangat keren

Pada sisi belakang memiliki fitur yang cukup lengkap. Di bagian atas terdapat spoiler yang sudah dibekali dengan high mount stop lamp. Kemudian terdapat juga wiper belakang dan rear defogger. Sementara pada desain lampu belakang juga tidak terlalu besar dan tampak ada 2 buah lingkaran di lampu pada sisi kanan maupun kiri. Aksen krom akan ditemukan di bagian ornamen di atas dudukan plat dan logo Toyota. Sementara pada sisi kanan terdapat emblem huruf G dan tulisan VNT Turbo. Pada sisi buritannya ini terdapat reflektor dan juga sensor parkir 4 titik.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Kabin Depan Toyota Fortuner G VNT 2014

Gambar ini menunjukkan kabin depan Toyota Fortuner G VNT 2013

Kabin depan nyaman dibekali dengan fitur yang cukup lengkap

Menuju ke sektor interior, yang mana pada bagian door trim menggunakan bahan material hard plastik yang dipadukan dengan fabric. Sementara untuk tombol power window menggunakan wood panel dengan warna hitam. Di sisi ini juga terdapat tombol power door lock dan window lock yang diatasnya ada door handle dengan aksen warna krom. Sementara di bawahnya terdapat door pocket, cup holder dan speaker.

Sedikit bergeser ke kiri di sisi kanan kemudi mobil. Pada sisi ini terdapat tuas pembuka kap mesin dan tuas pembuka tangki. Di atasnya ada beberapa tombol lain yakni electric mirror yang sudah elektrik retrack, indikator alarm dan dimmer. Cup holder juga diberikan tepat di atasnya untuk menempatkan minum pengemudi saat berkendara.

Kemudian kita membahas pada bagian kemudi mobil. Yang mana terdapat tombol audio steering switch pada sisi kiri dan sisi kanan terdapat tombol MID yang posisinya di tengah atas. Setirnya sudah dilapisi dengan bahan material kulit dipadukan dengan desain wood panel menggunakan aksen warna hitam. Pengaturan setirnya hanya tilt saja dan belum diberikan telescopic.

Gambar ini menunjukkan dashboard dan kemudi Toyota Fortuner G VNT 2013

Wood panel disematkan pada bagian interior menambah aura kemewahan di dalamnya

Bagian dashboard tampak mewah dengan perpaduan bahan material hard plastik dengan wood panel di sekitar head unit. Di sisi tengah atas ada layar MID digital berpadu dengan head unit double DIN dan pengaturan AC. Sementara di bagian bawahnya lagi terdapat tempat penyimpanan kecil dipadukan dengan on/off AC belakang, sensor parkir dan corner sensor. Dashboard sebelah kirinya terdapat ruang penyimpanan tertutup yang bisa dikunci dan terdapat cup holder yang praktis karena bisa disembunyikan saat tidak digunakan.

Untuk sisi tengah jok mobil terdapat tuas transmisi dipadukan dengan park brake mekanikal dengan ujungnya warna krom. Kemudian di belakangnya ada armrest menggunakan bahan hard plastik dengan di bawahnya ada tempat penyimpanan. Sedangkan sisi atasnya terdapat hand grip pada pilar A, handgrip bagian samping atas, 2 lampu baca, tempat kacamata, sun visor penumpang depan dan untuk pengemudi mobil.

Kabin Belakang Dan Jok Mobil Toyota Fortuner G VNT 2014

Gambar ini menunjukkan jok baris kedua  Toyota Fortuner G VNT 2013

Jok nyaman dengan ruang kaki dan kepala yang lega

Jok mobil menggunakan bahan fabric dan untuk pengaturan kursi pengemudi dilengkapi dengan head adjuster. Sementara untuk kabin belakang menggunakan door trim sama dengan bagian depan yakni perpaduan hard plastik dan fabric. Ada juga cup holder, speaker dan door pocket. Bagian belakang jok pertama terdapat seat belt pocket yang bisa digunakan untuk menempatkan barang bawaan. Kemudian pada sisi tengahnya akomodasi berupa cup holder 2 buah. Pada sisi tengah jok kedua terdapat akomodasi armrest yang sama-sama menggunakan bahan fabric. Untuk pelipatannya menggunakan konfigurasi 60:40.

Di baris ketiganya juga mendapatkan kenyamanan yang cukup mumpuni. Terdapat headrest juga pada belakangnya ini dengan model adjustable dan mendapatkan hand grip model fix. Pada sisi kanan dan kiri terdapat cup holder 2 buah dan satu buah.

>>> Lihat Juga:

4. FITUR TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Menuju ke bagian fitur Toyota Fortuner G VNT 2014 yang diberikan. Dibalik kemudi mobil terdapat panel instrumen yang dapat menunjukkan beragam informasi menarik seperti speedometer, odometer dan lainnya. Bahkan di bagian tengah dashboard ada layar MID digital yang dapat menunjukkan temperatur, rata-rata kecepatan, kompas, sisa BBM, waktu berkendara, real time kecepatan dan jam digital. Sementara di sisi hiburan menggunakan head unit double DIN yang bisa digunakan untuk input CD, radio, AUX dan USB.

Gambar ini menunjukkan head unit mobil Toyota Fortuner G VNT 2013Gambar ini menunjukkan double blowerdi atas jok baris kedua mobil Toyota Fortuner G VNT 2013Gambar ini menunjukkan cup holder pada baris ketiga Toyota Fortuner G VNT 2013

Fitur lengkap untuk menunjang keamanan dan kenyamanan selama berkendara

Pada bagian AC menggunakan Auto climate dengan kelengkapan arah semburan. Semua penumpang di dalam kabin akan merasakan kenyamanan lebih maksimal karena telah diberikan double blower di sisi kiri dan kanan atap, sedangkan di baris ketiga ditempatkan di bagian tengah. Pada sistem keamanan dan keselamatan dilengkapi dengan Dual SRS Airbag dan head impact protection. Selain itu, mobil ini juga telah dibekali dengan ABS (ANti-Lock Brake System) dan Corner & Parking Sensor.

>>> Lihat Juga, Review Toyota Fortuner 2017 : Mobil SUV Nyaman Dengan Fitur Mumpuni

5. OPERASI TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Gambar ini menunjukkan mesin mobil Toyota Fortuner G VNT 2013

Mesin diesel mendukung kinerja mobil untuk melintasi segala medan dengan handal

Menuju ke bagian performa mobil Toyota Fortuner G VNT  2014. Pihak Toyota memberikan mesin D4D Turbo Diesel yang mempunyai kapasitas 2.500 cc. Tenaga maksimal yang bisa didapatkan mengandalkan mesin tersebut adalah 142 Hp dan torsi puncaknya mencapai 343 Nm. Pada sistem transmisinya Fortuner yang kita bahas ini mempunyai transmisi manual 5 speed dan 4 speed otomatis. Dengan mesin tersebut dapat mendukung pemilik dalam melakukan aktivitasnya ke segala medan baik aspal atau jalanan yang masih tanah atau kurang baik.

>>> Baca Juga, Toyota Fortuner Generasi Pertama, Fiturnya Dukung Keselamatan Dan Kenyamanan Berkendara

6. SPESIFIKASI TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Berikut ini merupakan spesifikasi mobil Toyota Fortuner G VNT 2014:

DIMENSI

Panjang

4.705 mm

Lebar

1.840 mm

Tinggi

1.850 mm

Wheelbase

2.750 mm

KAKI-KAKI

Ukuran Pelek

17 inci

Ban

265/65 R17

Suspensi Depan

Double Wishbone with Stabilizer

Suspensi Belakang

4-Link Lateral Rod

MESIN

Tipe

D4D VN Turbo Intercooler

Kapasitas SIlinder

2.500 cc

Tenaga Maksimal

144 Ps/ 3.400 Rpm

Torsi Maksimal

343 Nm/ 1.600-1.200 Rpm

Sistem Transmisi

RWD/Otomatis 4 speed

Pengaturan Kemudi

Tilt

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan Toyota Fortuner G VNT 2014:

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Jaringan diler Toyota yang banyak untuk Indonesia

Bagasi kurang luas saat jok terisi penuh

Fitur yang diberikan cukup lengkap

Ruang kepala jok ketiga terbilang pas-pasan

Kabin lega dan penumpang juga bisa merasakan kenyamanan maksimal berkat double blower yang sampai ke penumpang baris ketiga

 

8. DAFTAR HARGA TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Sebagai mobil keluaran tahun 2014 tentu harganya lebih terjangkau. Adapun harga Toyota Fortuner G VNT 2014 sekitar Rp. 230 juta sampai Rp. 285 jutaan tergantung kondisi dan wilayah pembelian. Yang mana pajak tiap tahun yang harus dibayarkan berada di angka Rp. 5,5 jutaan. Mengingat mobil ini kondisinya bekas sebaiknya sebelum melakukan pembelian mengecek bagian eksterior, interior dan mesinnya.

9. VIDEO TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

10. KESIMPULAN TOYOTA FORTUNER G VNT 2014

Ketika sering melewati jalanan yang kurang baik maka mobil SUV bisa dijadikan pilihan untuk mendukung pemilik melewatinya dengan aman dan nyaman. Tidak hanya itu saja, para pecinta petualangan juga bisa memilih mobil dalam segmen ini karena beragam keunggulan yang ditawarkan. Salah satu mobil yang bisa dipilih dalam segmen tersebut adalah Toyota Fortuner G VNT  2014. Banyak kelebihan yang dimiliki seperti tampilan mewah dengan fitur cukup mumpuni.

>>> Lanjut baca artikel review mobil yang menarik lainnya di sini

Review mobil serupa

International