Review Toyota Kijang Innova 2004

08/06/2019 Fatchur Sag Review Toyota

Dari sekian banyak jenis mobil yang selalu mengalami evolusi ada salah satu yang paling populer yaitu Toyota Kijang. Jenis mobil yang satu ini sudah mengalami banyak perubahan dan generasi baru. Kali ini akan dibahas mengenai Toyota Kijang generasi keempat atau Toyota Kijang Innova 2004. Apa yang istimewa hingga membuat mobil ini naik kasta?

1. PENGANTAR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Review Toyota Kijang Innova 2004 - Mobil Toyota Kijang Innova muncul pertama kali pada tahun 2004 menggantikan Toyota Kijang generasi sebelumnya yaitu Toyota Kijang Krista atau Kijang Kapsul. Sejak pertama kali muncul memang langsung memberikan banyak perhatian khususnya untuk orang-orang yang sedang mencari kendaraan mobil karena inovasi yang dimunculkan pada mobil ini benar-benar berbeda dari generasi sebelumnya. Pada awal kemunculannya langsung menjadi buruan banyak orang dan menjadi salah satu yang populer pada saat itu karena memang mobil ini benar-benar bagus dan kualitas.

Foto Toyota Kijang Krista 1997 tampak dari samping depan

Toyota Kijang Kapsul, generasi keempat Toyota Kijang sebelum diganti Toyota Kijang Innova

Meskipun saat pertama kali dijual massal di Indonesia harga dari mobil ini terhitung sangat mahal namun banyak orang tetap membelinya karena memang mobil ini benar-benar menarik perhatian. Bahkan banyak orang dulu mau membeli mobil ini dalam kondisi bekas dengan harga yang sedikit tinggi. Kemunculan dari mobil Toyota Kijang Innova memang sangat menghebohkan pada saat itu dan sekarang mobil ini menjadi salah satu mobil MPV yang legendaris dan harga jualnya masih tergolong tinggi. Tentunya masih banyak ditemukan mobil ini berkeliaran di jalanan sekarang.

2. EKSTERIOR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Dinilai secara keseluruhan eksteriornya, mobil Toyota Kijang Innova 2004 ini memiliki bentuk bodi yang besar. Ukuran dari mobil ini juga sangat lebar dan terlihat luas membuatnya cocok dijadikan mobil keluarga dan juga cocok untuk perjalanan jauh.

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Bagian Depan

Foto Toyota Kijang Innova 2004 tampak dari depan

Bagian depan yang berbeda jauh dengan Toyota Kijang generasi sebelumnya

Eksterior depan dari mobil ini sangat trend pada saat itu dimana lampu utamanya di desain meruncing ke dalam dan diantara kedua buah lampu utama terdapat desain dua garis dan logo Toyota di tengahnya. Selain itu mungkin bisa dilihat desain eksterior depan bagian bawah yang sangat sederhana berupa lengkuk yang masih sangat simpel berbeda dari mobil-mobil jaman sekarang. Meskipun begitu mobil ini sudah tampak mewah jika dilihat dari depan.

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Bagian Samping

Foto Toyota Kijang Innova 2004 tampak dari samping

Dari dimensinya nampak mobil ini sangat besar pada saat itu

Dilihat dari samping mobil Toyota Kijang Innova terlihat sangat sederhana dengan desain bodi yang terlihat sangat besar. Mungkin desain eksterior samping mobil ini sudah cukup mewah saat pertama kali tampil di pasaran pada saat itu namun jika dilihat dan dibandingkan dengan mobil-mobil keluaran sekarang sangat jauh berbeda dan terkesan sangat simpel dan sederhana.

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Bagian Belakang

Foto Toyota Kijang Innova 2004 tampak dari belakang

Tidak terlalu banyak lekukan di bagian belakang, sederhana namun fungsional

Soal bagian belakang mobil ini memang terbilang sudah berbeda dari generasi sebelumnya yaitu Kijang Krista atau Kijang Kapsul. Namun jika dilihat lagi desain dari mobil ini benar-benar masih sangat sederhana dengann desain lampu belakang yang sedikit meruncing hingga desain lengkuk yang sangat minim.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Kabin

Sama halnya dengan Toyota Avanza generasi pertama yang didesain sebagai mobil keluarga 7 penumpang, Toyota Kijang Innova 2004 atau Innova generasi pertama juga dirancang mampu menampung hingga 8 penumpang. Hanya saja karena dimensinya lebih besar dan panjang, kabin Toyota Kijang Innova 2004 ini lebih longgar dibanding saudaranya tersebut dan tentu saja dari sisi kenyamanan juga lebih nyaman.

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Dashboard dan Setir

Foto kabin Toyota Kijang Innova 2004

Dashboard dan setir lebih menarik dengan paduan warna kombinasi

Untuk dashboard mobil ini memadukan antara keunikan dan juga kualitas dimana secara bahan, dashboard mobil ini berbahan dasar plastik namun dibalut dengan desain yang menarik dengan perpaduan warna yang tidak terkesan kuno. Adanya kisi-kisi AC di dashboard yang berjumlah 4 buah. Tentu jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Toyota Kijang Innova sudah memiliki kemajuan dalam sisi desain dashboard yang dimana generasi sebelumnya lebih terkesan monoton terutama dari segi warna.

Berbagai tombol di mobil ini sedikit lebih mudah dipaham oleh orang awam dibandingkan dengan mobil generasi sebelumnya. Tombol lebih tertata bahkan untuk orang yang baru pertama kali mengemudikan mobil ini sudah akan bisa langsung paham.

Foto setir Toyota Kijang Innova 2004

Desain setir menggunakan tiga palang dengan logo khas Toyota di tengah

Untuk setir mendesainnya tiga palang dengan logo Toyota di tengah. Yang berbeda antara setir ini dan generasi sebelumnya adalah dari segi desainnya yang lebih gahar atau terkesan lebih modern. Setir mobil Toyota Kijang generasi sebelumnya lebih terkesan sangat kuno dan terlihat sangat kaku sedangkan di mobil ini sedikit mengalami perubahan yang lebih modern.

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Kursi / Jok

Kursi atau jok Toyota Kijang Innova 2004 sangat nyaman dimana ruang kaki sangat lebar didukung dengan bahan kursi yang berkualitas.. Adapun desain dari kursi yang tidak terlalu berubah dari generasi sebelumnya namun tetap adanya sedikit desain yang dirubah sedikit. Dengan ruang kaki yang lebih luas serta kualitas tempat duduk yang baik membuat penumpang mobil ini akan selalu nyaman meskipun perjalanan jauh. Secara umum kursi atau jok untuk mobil ini dapat menampung 6 hingga 7 orang.

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Bagasi

Foto Bagasi Toyota Kijang Innova 2004

Bagasi Toyota Innova 2004 cukup luas untuk menampung barang bawaan

Untuk urusan bagasi mobil Toyota Kijang selalu memberikan ruang yang lebar baik untuk generasi ini maupun generasi sebelumnya. Tidak perlu khawatir jika membawa barang banyak karena bagasi mobil Toyota Kijang Innova 2004 ini mampu menampung banyak barang. Cocok memang dijadikan sebagai mobil keluarga dan juga untuk perjalanan jauh yang membutuhkan banyak ruang untuk barang-barang. Secara desain tidak ada yang terlalu berubah karena desain bagasi sendiri memang biasanya mengikuti desain keseluruhan dari jenis mobil.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Salah satu yang menjadi keunggulan mobil penumpang adalah adanya fitur-fitur keselamatan, kenyamanan atau hiburan yang baik. Lantas apa saja fitur dari mobil Toyota Kijang Innova 2004 ini?

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Fitur Keselamatan

Foto Kursi belakang Toyota Kijang Innova 2004

Semua baris kursi Toyota Kijang Innova 2004 dilengkapi dengan sabuk pengaman untuk keselamatan pengendara

Mobil ini sudah banyak memiliki fitur keamanan dibandingkan dengan generasi sebelumnya atau Kijang Kapsul yang benar-benar minim fitur keselamatan. Untuk mobil Toyota Kijang Innova 2004 ini sudah dibekali dengan Rear Parking Sensor yang menjaga keamanan serta mempermudah untuk menemukan saat di parkir. Fitur lainnya ada Electric Mirror, Power Mirror, Rear Wiper, seatbelt dan lain-lain yang tentunya lebih berkembang dari generasi sebelumnya.

Review Toyota Kijang Innova 2004 : Fitur Kenyamanan dan Hiburan

Mobil ini memiliki fitur kenyamanan berupa AC tentunya, juga adanya 6 buah speaker yang terhubung sehingga dapat mendengarkan musik atau lagu lebih keras dan lebih nyaman tentunya. Terlebih lagi speaker di dalam mobil ini dapat terhubung dengan USB yang tentunya akan lebih memudahkan untuk memutar audio. Disamping itu kenyamanan juga bisa didapatkan dengan interior di dalam yang sudah dijelaskan sebelumnya seperti jok yang nyaman dan mampu menampung 7 orang penumpang.

>>> Klik sini untuk melihat ribuan mobil Toyota Kijang Innova dijual dengan harga terbaik

5. OPERASI TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Foto Mesin Toyota Kijang Innova 2004

Toyota Innova 2004 dibekali dua pilihan mesin, bensin dan diesel

Urusan operasi mesin, Toyota Kijang Innova 2004 memiliki 2 pilihan yaitu 2.0 L 1TR-FE dan 2.5 L 2KD-FTV. Mobil ini memiliki torsi maksimal yang mencapai 3200 hingga 4000 rpm tergantung dari jenisnya. Untuk tenaga sendiri mobil ini bisa mencapai 136 HP @5.600 rpm hingga 102 HP @3.600 rpm. Tentu peforma mesin yang sudah cukup baik untuk kelas mobil keluaran 2004 dan bahkan masih sangat cocok untuk digunakan di tahun sekarang. Maka tak heran jika mobil ini sampai sekarang masih banyak di cari dan dipakai karena memang masih sangat kapabel untuk dipakai saat ini.

>>> Ikuti Test Drive All New Kijang Innova bisa Bawa Pulang Innova G

6. SPESIFIKASI TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

DIMENSI

Panjang

4.555 mm

Lebar

1.770 mm

Tinggi

1.750 mm

Wheelbase

2.750 mm

MESIN

Kode

1TR-FE VVT-i 16 Valve DOHC

2KD-FTV D-4D

Isi silinder

2000 cc

2500 cc

Daya maksimum

136 HP @5.600 rpm

102 HP @3.600 rpm

Torsi maksimum

182 Nm @4.000 rpm (bensin).

200 Nm @1.400-3.200 rpm (MT diesel),260 Nm @1.600-2.400 RPM (AT diesel)
Bahan bakar Bensin Solar

Transmisi

Manual 5 percepatan, Otomatis 4 percepatan

SASIS DAN KAKI-KAKI
Drive Train Rear Wheel Drive
Sistem kemudi Power Assisted Rack & Pinion

Suspensi depan

Independent Double Wishbone

Suspensi belakang

4-link Lateral Rod Rigid Axle.

Ukuran ban

205/65R16

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

KELEBIHAN

KEKURANGAN

Mobil nyaman dikendarai Manuver terasa kaku dan berat
Harga jual tinggi Suspensi belakang kurang nyaman
Sparepart mudah dicari Head room baris ketiga kurang lapang
Perawatan mudah, tidak ribet  

8. DAFTAR HARGA TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Foto Toyota Innova 2004 tampak dari samping depan

Dalam kondisi terawat Toyota Kijang Innova 2004 masih layak diminati

Meski sudah berganti generasi Toyota Kijang Innova generasi pertama tetap jadi menjadi salah satu mobil bekas favorit yang banyak dicari konsumen. Versi bekas mobil ini dijual dengan harga mulai Rp 90 juta hingga Rp 120 juta. Harga tersebut hanya referensi yang tertera di salah satu situs jual beli mobil dan bukan harga paten. Harga riilnya bisa berbeda tergantung faktor yang mempengaruhi seperti kondisi mobil, jarak tempuh, riwayat perawatan dan sebagainya.

9. VIDEO TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

10. KESIMPULAN TOYOTA KIJANG INNOVA 2004

Mobil Toyota Kijang Innova 2004 merupakan evolusi nyata dari Toyota untuk mengembangkan jenis Kijang lainnya. Dilihat dari awal diperkenalkan ke umum langsung menjadi incaran banyak orang yang membuat mobil ini jadi salah satu mobil paling populer khususnya di Indonesia. Dengan kualitas mesin serta desain eksterior dan interior yang masih kapabel digunakan sekarang membuat mobil ini tetap memiliki kelas dan pengguna tersendiri artinya masih banyak yang mencari dan menggunakan mobil Toyota Kijang Innova 2004. Bagaimana menurut Anda?

>>> Klik sini untuk simak artikel review mobil yang menarik lainnya

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!