Chevrolet Aveo 2012, Mobil Hatchback Terjangkau Paling Lengkap

30/03/2018| Mobilmo.com

Sebagai salah satu perusahaan otomotif terbesar di dunia, Chevrolet selalu berusaha meberikan produk kendaraan terbaik untuk berbagai segmen pasar di Indonesia. Chevrolet Aveo 2012 merupakan mobil yang didesain khusus untuk para warga kota yang membutuhkan kendaraan mungil yang lincah dan dinamis unutk menerobos kemacetan di dalam kota. Desainnya yang sporty menjadikan mobil ini memiliki impresi yang sangat baik dalam urusan desain eksterior dengan cita rasa sporty yang kental. Sayangnya, mobil ini kurang mendapatkan respon baik di pasaran Indonesia. Sebenarnya apa saja kelebihan yang dimiliki mobil ini? Berikut ini adalah review mobil Chevrolet Aveo 2012.

PENGANTAR  CHEVROLET AVEO 2012

Chevrolet Aveo 2012 merupakan generasi kedua dari Aveo yang juga dikenal dengan nama Sonic. Di generasi keduanya,Aveo tampil dnegan lebih sporty dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Kesan eksterior yang ditampilkan lebih modern serta lebih sehingga mobil ini akan sangat cocok digunakan sebagai kendaraan harian untuk generasi muda. Aveo sendiri mulai diperkenalkan dipasaran sejak tahun 2002 dengan pilihan hatchback dan juga sedan. Sayangnya, di Indonesia mobil ini kurang bisa bersaing dengan mobil-mobil city car lainnya sehingga Chevrolet tidak lagi memasarkan mobil Aveo generasi terbaru sejak tahun 2012.

EKSTERIOR  CHEVROLET AVEO 2012

  • Desain Hatchback Sporty

Kesan pertama yang akan Anda lihat ketika melihat mobil ini adalah desainnya yang sangat sporty bila dibandingkan dengan kompetitornya. Penggunaan headlamp baru di bagian depan serta bentuk body yang lebih aerodinamis membuat kesan sporty di mobil ini sangat kental terasa. Bentuknya yang compact dengan dimesin yang idak terlalu besar, akan memudahkan mobillitas Anda ketika berada di jalanan yang macet dan tidak terlalu besar. Tetapi, Anda tidak bisa berharap mobil ini akan sesuai dengan jalanan yang tidak rata karena groud clearance yang dimiliki mobil ini sangat rendah. Secara keseluruhan, bentuk eksterior mobil ini bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya sangat lebih baik. Bahkan bila Anda bandingkan mobil ini dengan mobil LCGC yang keluar setelahnya masih lebih unggul dibandingkan mobil-mobil tersebut.
  • Desain bagian depan

Dari bagian samping, mobil ini tidak terlalu menggunakan tarikan body yang berlebihan. Mobil ini hanya memiliki garis lurus di sepanjang body mobil untuk memberikan kesan dinamis.
  • Desain Bagian belakang

Untuk highlight bagian belakang mobil ini terdapat pada bagian rear spoiler untuk menekankan rasa sporty di mobil ini. Bagian headlamp mobil ini juga cukup menarik dengan desain yang membulat tetapi sangat menyatu dengan konsep mobil ini secara keseluruhan.

INTERIOR  CHEVROLET AVEO 2012

  • Ruang kabin cukup lega
Walaupun termasuk kedalam kategori sub compact city car, Chevrolet Aveo sebenarnya memiliki ruang yang cukup lega utuk penumpangnya.Tentunya, luas ini bila dibandingkan dengan kompetitornya yang sama-sama berada dalam kategori mobil hatchback. Fitur hiburan di mobil ini juga cukup lengkap dan canggih pada jamannya sehingga Anda hanya perlu melakukan minor upgrade agar mbil ini makin nyaman. Penggunaan bahan interior mobil ini juga sudah cukup baik dibandingkan dengan kompetitornya. Hal ini mengingat wajar karena mobl dengan merk barat cenderug sangat memperhatikan kualitas build dari produk yang mereka buat.
  • Desain bagian dashboard

Dashboard Aveo 2012, di desain dengan sangat compact dan cukup modern. Dengan display yang cukup menarik penataan headunit dan tombol yang ada di dashboard sangat menarik. Penggunaan warna yang senada dengan interior mobil ini semakin membuat mobil ini terlihat elegan.
  • Desain bagian setir

Untuk bagian setir, tidak terlalu banyak menggunakan aksen. Di bagian ini Aveo hanya menggunakan logi Chevrolet dengan warna hitam.
  • Desain kursi

Desain bagian kursi cukup ergonomis dan nyaman bagi penumpang. Ruang kepala dan kaki untuk penumpang di baris kedua cukup lega.
  • Ruang bagasi

Di bagian bagasi, mobil ini bisa menampung beberapa koper berukuran sedang. Untuk meningkatkan kapasitas bagasi, Anda bisa melipat kursi dibagian belakang mobil.

FITUR   CHEVROLET AVEO 2012

Dari sisi fitur sebuah mobil,  Chevrolet Aveo 2012 memiliki fitur keamanan dan keselamatan sebagai berikut:
  • Fitur keselamatan
Untuk bagian keselamatan, mobil ini sudah memiliki berbagai macam fitur yang cukup aman untuk sebuah mobil city car. Fotur standdar seperti safety airbag dan juga seatbelt sudah terdapat di mobil ini. Untuk bagian pengereman sudah menggunakan sistem pengereman ABS + EBD juga sudah terdapat Electronic Stability Control. Dengan semua fitur ini, Aveo sebenarnya sudah sangat mumpuni di bagian keselamatan dibandingkan dengan mobil sejenis yang ada di kelas city car.
  • Fitur hiburan
Di bagian hiburan, mobil ini memiliki single din headunit dengan fitur pemutaran CD dan juga radio.

OPERASI  CHEVROLET AVEO 2012

Untuk bagian mesin, mobil in menggunakan mesin Ecotec 1.400 cc 4 Silinder SOHC. Tenaga maksimal yang dimiliki oleh  mobil ini sebesar 100 Ps dengan torsi maksimal yang dimiliki oleh mobil ini sebesar 130 Nm. Memang secara tenaga, mobil ini masih berada di bawah beberapa kompetitornya dalam kelas hatchback. Tetapi, bila Anda menggunakan mobil ini sebagai kendaraan harian di perkotaan maka tentunya tidak akan menjadi masalah tentunya. Untuk bagian suspensi, mobil ini menggunakan suspensi McPherson Strut di bagian depan dan V-Beam di bagian belakang. Penggunaan  suspensi ini akan membuat kendaraan ini cukup nyaman dikendarai pada jalanan yang kurang rata.  

SPESIFIKASI  CHEVROLET AVEO 2012

Berikut ini adalah spesifikasi lengkap dari  Chevrolet Aveo 2012 :

Spesifikasi Chevrolet Aveo 2012
Mesin
Tipe 1.4L, DOHC 4 Silinder 16 valve
Penyaluran BBM  Multi Point Fuel Injection (2.4)
Silinder 1.398 cc
Rasio Kompresi 16.3:1 (2.0) / 10.4:1 (2.4)
Daya Maksimum 100ps / 5600rpm (2.4)
Torsi Maksimum 130nm / 3000rpm(2.0)
Kapasitas Tangki 45 L
Transmisi 6 Speed Automatic
Dimensi
P x L x T 4040 x 1735 x 1518
Jarak Sumbu Roda  2,707 mm
Tapak depan / belakang 1569 / 1576 mm
Jarak Radius Putar 5.75 m
Berat 1.789 kg
Jumlah Tempat Dudu 5
Kaki-Kaki
Suspensi Depan McPherson Strut With Coil Spring
Suspensi Belakang V-Beam
Velg 18 Inch
Ukuran Ban 195/65 R15
Tipe Rem Disc

KELEBIHAN & KEKURANGAN  CHEVROLET AVEO 2012

Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan dari mobil ini yang bisa Anda perhatikan sebelum Anda membeli kendaraan ini :

Kelebihan Kekurangan
Harga terjangkau Tidak diproduksi lagi, sehingga Anda hanya bisa membelinya dalam keadaan bekas
Teknologi sudah lengkap Tenaga mobil masih kalah dengan produk sejenis
Material Body cukup tebal

DAFTAR HARGA  CHEVROLET AVEO 2012

Berikut ini adalah daftar dari  Chevrolet Aveo 2012 untuk wilayah Jakarta dan Sekitarnya :

Tipe Harga
Chevrolet Aveo Manual & A/T RP95.000.000 - RP120.000.000
*) Harga OTR Wilayah Jakarta & dapat berubah sewaktu-waktu, harga bekas akan lebih murah dan sesuai dengan kondisi kendaraan

KESIMPULAN   CHEVROLET AVEO 2012

Chevrolet Aveo merupakan mobil yang cukup lengkap untuk sebuah city car hatchback harian. Dari segi eksterior, mobil ini sangat menonjolkan sisi sporty yang dinamis Sementara di bagian interior, mobil ini juga cukup nyaman dengan berbagai macam fitur yang akan memanjakan Anda. Dengan seluruh fitur yang dimiliki oleh mobil ini sebenarnya Aveo sangat menarik untuk Anda jadikan sebagai kendaraan harian. Sayangnya, mobil ini sudah tidaklagi mendapatkan pembaruan sheingga kemungkinanan Anda hanya bisa membeli kendaraan ini dalam kondisi bekas. Dapatka berbagai informasi menarik dan juga harga mobilChevrolet terbaru dengan mengunjungi cintamobil.com.

VIDEO   CHEVROLET AVEO 2012

https://www.youtube.com/watch?v=F9gt_E5Ryz8&t=6s

Review mobil serupa

  • Review BMW 3 Series 2019: Peningkatan Fitur Seri 3 yang Ikonik

    31/12/2018| Padli Nurdin

    Review BMW 3 Series 2019: Peningkatan Fitur Seri 3 yang Ikonik

    Diluncurkan pada Paris Motor Show 2018, BMW 3 Series 2019 atau versi sedang merupakan generasi ketujuh dari BMW Seri 3 yang ikonik. Menggantikan model tujuh tahun dan memperkenalkan bahasa desain baru, generasi terbaru memiliki teknologi paling canggih dengan mesin yang sudah diperbarui.

  • Review Suzuki APV Arena 2018: Mobil Penumpang dengan Kenyamanan VIP

    30/12/2018| Padli Nurdin

    Review Suzuki APV Arena 2018: Mobil Penumpang dengan Kenyamanan VIP

    Dikenal sebagai kendaraan pengangkut penumpang yang banyak, Suzuki APV Arena 2018 memiliki desain minimalis nan simpel. Namun kekuatan mobil ini bukan pada tampilannya, tetapi kenyamanan yang diberikan kepada penumpang selama perjalanan.

  • Review Mercedes-Benz B-Class 2019: Teknologi A-Class versi MPV

    28/12/2018| Padli Nurdin

    Review Mercedes-Benz B-Class 2019: Teknologi A-Class versi MPV

    Mengusung tema dan desain layaknya versi A-Class, namun dengan tampilan yang lebih fleksibel dan lebih tinggi, generasi MPV baru Mercedes-Benz B-Class 2019 menawarkan sejumlah besar fitur serta teknologi layaknya hatchback lima pintu, tetapi dibuat untuk minivan.

International