Review Honda Jazz 2015: Mobil Hatchback dengan Konsep Sporty dan Fitur Keselamatan yang Mumpuni

21/12/2017| Mobilmo.com

PT. Honda Prospect Motor (HPM) kembali merilis produk terbarunya yakni Honda Jazz 2015. Produk ini menjadi generasi ketiga dari jajaran Honda Jazz. Selama bersanding di pangsa pasar Indonesia, Honda Jazz selalu memberikan perubahan yang cukup inovatif hingga pada generasi ketiganya ini. Kira-kira apa hal menarik dari Honda Jazz 2015 ini? Yuk kita simak sobat dalam tulisan review Honda Jazz 2015 ini.

PENGANTAR HONDA JAZZ 2015

Semenjak generasi pertamanya yang dirilis pada tahun 2001, Honda memberikan fitur-fitur yang menawan dan cukup mumpuni untuk produk besutannya ini. Honda Jazz dihadirkan sebagai mobil berkonsep hatchback. Di Indonesia, Honda Jazz generasi ketiga ini diperkenalkan pertama kali di acara Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang terbagi menjadi dua tipe yakni RS dan RS CVT. Semenjak masa perilisannya, Honda Jazz 2015 ini merajai penjualan di kelas hatchback yang mencapai angka 2.873 unit. Sedangkan pada tahun 2017 sendiri, Honda Jazz 2015 ini sudah terjual sebanyak 11.791 unit. Dapat dikatakan produk Honda Jazz 2015 ini menjadi tulang punggung utama bagi Honda. Semakin penasaran tentang Honda Jazz 2015? Kira-kira fitur apa saja yang menjadikan mobil ini menjadi incaran utama di pangsa pasar Indonesia? Yuk kita simak sobat review Honda Jazz 2015.

EKSTERIOR HONDA JAZZ 2015

Hal pertama yang akan dibahas oleh mobilmo.com adalah bagian desain eksteriornya. Desain eksterior ini juga menjadi salah satu perubahan signifikan dari Honda Jazz 2015 ketimbang versi-versi pendahulunya. Berikut adalah tampilan eksterior Honda Jazz 2015.

  • Desain Bagian Depan

Pada desain bagian depannya, Honda Jazz 2015 dikemas apik dengan lampu LED Projector Headlight yang memberikan tampilan kendaraan yang sangat sporty. Lampu bagian depan ini juga mampu memberikan cahaya penerangan yang cukup mumpuni untuk wilayah jelajah yang minim lampu dan khususnya di malam hari. Adapun lampu ini mengkonsumsi daya yang lebih irit dan tahan lama. Bagian depan juga dihadirkan LED fog lamp yang memberikan tampilan apik dan sangat berguna untuk kondisi cuaca yang kurang bersahabat seperti hujan yang lebat dan berkabut. Sedangkan pada bagian rear bumper, ventilasi yang cukup besar dapat memberikan tampilan yang modern nan mewah serta kondisi sirkulasi udara yang baik.

  • Desain Bagian Samping

Sedangkan pada bagian sampingnya, Honda Jazz 2015 dikemas dengan Power Retractable Door Mirror with LED Turning Signal yang menjadikan kaca spionnya juga dilengkapi n dengan lampu LED. Hal ini tentu saja dapat memberikan lampu kendaraan yang cukup terang saat kendaraan berbelok. Di sisi tampilannya, ada dua lekukan artistik yang disematkan dari bagian depan kendaraan hingga bagian belakang. Hal ini tentu saja memberikan mobil Honda Jazz 2015 bernuansa aerodinamis. Tidak lupa, logo Honda menjadi pemanis dan ciri khas kebanggan dari Honda.

  • Desain Bagian Belakang

Honda Jazz 2015 ini memiliki tampilan lampu yang berbentuk huruf  “P” terbalik. Hal ini kemudian membuat Honda Jazz 2015 menjadi lebih sporty dan elegan. Di bagian bawahnya juga tersemat ventilasi berwarna hitam yang berfungsi untuk memberikan sirkulasi udara yang baik. Di sisi yang lain, terdapat sayap berukuran sedang di bagian atasnya yang kemudian menjadi mobil ini sangat cocok bagi kalangan muda.

INTERIOR HONDA JAZZ 2015

Kini saatnya mobilmo.com membahas bagian spesial dari mobil Honda Jazz 2015 ini yakni desain interior. Seperti biasa, mobilmo.com akan membahas desain interior Honda Jazz 2015 ini ke dalam empat bagian yakni dashboard, setir, kursi dan ruang bagasi. Yuk kita simak sobat lebih lanjut tentang interior Honda Jazz 2015 ini.

  • Dashboard

Desain dashboardnya dikemas apik dan menawan dengan balutan warna hitam legam yang kemudian membuat desain interiornya terlihat elegan. Panel audio video juga terkesan mempesona dengan spesifikasi audio 6.1” inch yang mampu memutar musik dalam format DVD, CD, MP3, WMA dan USB. Untuk kenyamanan berkendara diiringi alunan musik yang mumpuni, tentu akan menjadi fitur unggulan tersendiri bagi mobil Honda Jazz 2015 ini. mobilmo.com juga sangat terpesona dengan kehadiran Multi Information LCD Display yang mampu mencatat rata-rata konsumsi bahan bakar, jarak tempuh dan sisa bahan bakar. Tentu hal ini menjadikan Honda Jazz 2015 memiliki fitur yang elegan dan mumpuni.

  • Setir

Pada bagian kemudi, Honda Jazz 2015 didesain dengan apik yang memiliki banyak fitur unggulan. Salah satu fitur yang dihadirkan adalah adanya tombol pengaturan audio yang dapat membantu pengendara untuk mengoperasikan sistem audio dengan praktis. Fitur kedua yang tidak kalah menarik adalah cruise control. Cruise control sendiri memiliki fungsi yang dapat membuat pengendara merasakan kenyamanan dalam berkendara sewaktu melaju tanpa perlu menginjakkan kaki pada pedal gas. Sedangkan pada desainnya sendiri, Honda Jazz 2015 terlihat cukup menawan dengan desain handle yang berbentuk huruf “T” diiringi dengan perpaduan warna hitam dan putih.

  • Kursi

Kursi Honda Jazz 2015 memiliki desain yang cukup mewah dengan bahan kain dan jahitan yang sempurna yang berwarna coklat keemasan sehingga memberikan kesan tegas pada joknya. Sedangkan untuk fiturnya, Honda Jazz 2015 dilengkapi dengan fitur ultra seat yang dimana sandaran duduk pada bangku kedua dapat dilipat sehingga dapat memberikan kapasitas ruang penyimpanan yang lebih luas. Rear Reclining Seat juga disematkan pada mobil ini supaya kursi bagian belakang dapat diatur sesuai keinginan dengan menggunakan tuas recline. Adapun mobil Honda Jazz 2015 ini mampu menampung 4 sampai 5 orang.

  • Ruang Bagasi

Pada ruang bagasi, Honda Jazz 2015 mampu menampung hingga 4 koper berukuran besar. Tidak berhenti di situ, jika sobat ingin membawa barang bawaan yang banyak, sobat dapat menggunakan fitur ultra seat yakni dengan cara melipat kursi pada bangku belakang supaya sobat dapat menampung barang-barang yang berukuran banyak atau besar.

FITUR HONDA JAZZ 2015

Setelah puas membahas tentang desain eksterior dan desain interior Honda Jazz 2015, kini saatnya mobilmo.com memberikan ulasan tentang fitur Honda Jazz 2015. Supaya informasi yang diberikan lebih lengkap, mobilmo.com akan membaginya menjadi dua ulasan yakni fitur keamanan dan fitur hiburan.
  • Fitur Keamanan

Honda Jazz 2015 menghadirkan segambreng fitur keamanan yang mumpuni. Teknologi G-Force Control dihadirkan pada mobil ini yang memiliki fungsi untuk menjaga keutuhan struktur pada ruang penumpang dengan metode penyerapan energi benturan sehingga dapat mengurangi resiko dari kecelakaan. Adapun teknologi ACETM juga dihadirkan dengan fungsi memberikan perlindungan yang maksimal kepada penumpang meskipun berbenturan dengan kendaraan yang berbeda ukuran. Sistem pengereman berbasis Anti-Lock Braking System (ABS) yang mencegah penguncian roda yang ketat saat pengereman mendadak. Hal ini juga dilengkapi dengan Electronic Brake Force Distribution (EBD) yang berfungsi untuk memberikan sensasi rem yang sesuai dengan beban Honda  Jazz 2015. Dual Front SRS Airbags juga disematkan pada produk Honda yang satu ini dengan maksud pengemudi dan penumpang pada bangku di bagian depan dapat terlindungi dengan baik saat terjadi tabrakan. Sedangkan pada sabuk pengaman, Honda Jazz 2015 dibekali dengan Prestensioner Seatbelt yang mampu mengencangkan sabuk pengaman saat terjadi kecelakaan sehingga posisi tubuh akan tetap berada pada posisi semula. Hal yang tidak kalah menarik adalah Smart Entry Keys yakni sistem kunci yang sudah terintegrasi dengan fitur pembuka pintu depan, belakang dan ruang bagasi. Hal ini juga dilengkapi dengan Alaram System dan Immobilizer untuk mencegah tindakan pencurian.
  • Fitur Hiburan

Honda Jazz 2015 dibekali dengan fitur hiburan yang mumpuni. Fitur hiburan pertama ialah adanya panel audio video sebesar 6.1” inch yang mampu memutar musik dengan format CD, DVD, MP3, WAV dan Bluetooth. Fitur musik ini juga dapat diatur pada bagian setirnya yang bermodel Audio Steering Switch Control sehingga pengemudi dapat menikmati musik-musik favoritnya dengan praktis. Multi Information LCD Display yang terdapat pada dashboardnya juga didesain multifungsi baik melihat sisa bahan bakar, jarak tempuh dan rata-rata konsumsi bahan bakar.

SPESIFIKASI HONDA JAZZ 2015

Mobilmo.com juga akan membahas tentang spesifikasi Honda Jazz 2015 ini dengan lengkap. Berikut ini mobilmo.com berhasil merangkum spesifikasi Honda Jazz 2015.

Mesin Honda Jazz 2015

Tipe Mesin 1.5 L SOHC 4 cylinder dengan 16 katup iVTEC  dan DBW
Isi Silinder 1.497 cc
Tenaga Maksimum 120 PS / 6.000 Rpm
Torsi Maksimum 145 Nm / 4.800 Rpm
Transmisi 5 Speed ( Tipe A, S M/T, RS M/T) CVT (Tipe S CVT, RS CVT)

Kemudi Honda Jazz 2015

Sistem Rack dan Pinion + Electric Power Steering (EPS) Tilt & Teleskopic Steering (Tipe A M/T)

Suspensi Honda Jazz 2015

Suspensi Depan MachPherson Strut
Suspensi Belakang H-Shape Torsion Beam
Ukuran Ban 175/65 R15 (Tipe A&S) 185/56 R16 (Tipe RS)

Bahan Bakar Honda Jazz 2015

Sistem Suplai Bahan Bakar PGM-FI
Kapasitas Tangki BBM 40 Liter

OPERASI HONDA JAZZ 2015

Sistem operasi Honda Jazz 2015 memiliki tipe mesin 1.5 L SOHC yang dilengkapi dengan 16 Katup dan mesin Ivtec. Daya pacu mobil ini mampu mencapai 1.497 cc dengan tenaga maksimum sebesar 6.000 Rpm dan torsi maksimum 4.800 Rpm. Semua sistem ini dibekali dengan transmisi 5 tingkat percepatan untuk Honda Jazz 2015 tipe A, S M/T dan RS M/T. Sedangkan pada tipe S CVT dan RS CVT, sistem transmisinya menggunakan CVT. Sistem kemudi yang cukup handal disebabkan oleh teknologi EPS yang cukup mumpuni. Sedangkan suspensi depan menggunakan MachPherson Strut yang dipadukan dengan H-Shape Torsion Beam pada bagian belakangnya. Semua kemewahan ini menggunakan sistem suplai bahan bakar PGM-FI sehingga mobil Honda Jazz 2015 memiliki daya konsumsi BBM yang cukup irit.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN HONDA JAZZ 2015

Setelah mengupas tuntas semua hal tentang Honda Jazz 2015, kini saatnya mobilmo.com akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Honda Jazz 2015.

Kelebihan

Kekurangan

Desain eksterior yang sporty dan menawan Ground Clearance yang rendah dapat memberikan benturan khususnya dalam kondisi jalan yang buruk dan tidak rata
Fitur keselamatan yang sungguh istimewa dan lengkap dari segi cruise control dan proses pengereman Dalam mengusung konsep mobil berdesain sporty, bangku kursi hanya bermaterial kain dan belum menggunakan material kulit.
Setiap lampu pada bagian eksteriornya sudah dilengkapi dengan LED sehingga mampu meminimalisir penggunaan daya Untuk fitur lengkap dan performa yang mumpuni, hanya dapat dinikmati pada tipe RS saja dengan selisih harga yang cukup tinggi dari tipe A dan S

DAFTAR HARGA HONDA JAZZ 2015

Akan kurang lengkap rasanya, jika mobilmo.com belum membahas tentang daftar harga Honda Jazz 2015. Berikut mobilmo.com telah berhasil merangkum harga Honda Jazz 2015 pada masing-masing tipenya.
Tipe Mobil Harga Honda Jazz 2015
Honda Jazz 2015 A M/T IDR. 204.500.000
Honda Jazz 2015 S M/T IDR. 222.500.000
Honda Jazz 2015 S CVT IDR. 232.500.000
Honda Jazz 2015 RS M/T IDR. 243.500.000
Honda Jazz 2015 RS CVT IDR. 252.000.000

VIDEO HONDA JAZZ 2015

KESIMPULAN

Dapat disimpulkan bahwa Honda Jazz 2015 memiliki desain eksterior yang sangat apik baik dari kehadiran lampu LED dan ukiran-ukiran artistiknya. Desain interiornya juga terlihat cukup menawan dengan hadirnya panel audio video berukuran 6.1” inch dan panel Multi Information LCD Display. Tapi di sisi lain, bangku yang hanya dikemas dengan bahan material kain masih terlihat kurang menawan daripada kompetitornya yang banyak menggunakan jok berbahan kulit. Sedangkan untuk ground clearance, Honda Jazz 2015 ini memiliki jarak yang cukup rendah sehingga akan  memberikan sedikit benturan ketika berjalan di jalanan yang tidak rata. Tetapi dari hal itu semua, Honda Jazz 2015 dikemas dengan fitur keselamatan yang mumpuni seperti hadirnya cruise control, rem ABS dan fitur-fitur keselamatan lainnya. Tapi dapat disayangkan, fitur-fitur ini banyak didapat pada tipe RS saja. Sedangkan tipe RS sendiri memiliki selisih angka yang terpaut tinggi dari tipe lainnya yakni sebesar 20-30 jutaan. Tapi jika sobat ingin memiliki dan menikmati mobil Honda Jazz 2015 dengan performa yang menawan, mobilmo.com menyarankan sobat untuk membeli tipe RS. Sayang rasanya jika membeli mobil Honda Jazz 2015 dan tidak menikmati versi RS-nya, karena dipastikan sobat akan merasakan kenyamanan yang sungguh luar biasa.

Review mobil serupa

International