Review All New Santa Fe XG CRDi 2018: Oppa Tampan Dari Korea

11/09/2018 Metodius Getan Plue Review Hyundai

SUV menjadi salah satu alternatif bagi anda yang ingin mencari suasana baru dalam dunia otomotif. Bukan hanya MPV dan City Car yang laris dipasaran, tetapi SUV pun mulai merangkak menunjukkan taringnya. Pasalnya model mobil ini sangat mencerminkan masyarakat urban, bukan hanya Indonesia tetapi Dunia, Hyundai mempunyai jagoan dikelas SUV ini, namanya Hyundai Santa Fe.

1. PENGANTAR

Review All New Santa Fe XG CRDi 2018 - Bukan hanya Jepang, Korea pun sudah terkenal dengan mobil-mobilnya yang berkualitas. Menginjak generasi ke empatnya, Hyundai Santa Fe lebih banyak fitur-fitur terbaru. Memanfaatkan ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 Hyundai memperkenalkan SUV teranyarnya All New Hyundai Santa Fe. All New Santa Fe 2018 ini  secara keseluruhan mendapat perubahan total, mulai eksterior, interior dan dimensinya. Pada pembahasan kali ini, spesial untuk Anda, Mobilmo.com akan membahas varian termahal dari All New Hyundai Santa Fe 2018, yaitu tipe XG. Hyundai memiliki dua pilihan mesin, antara mesin berbahan bakar bensin dan bahan bakar diesel yang disebut CRDi.

2. EKSTERIOR

Mendapat banyak ubahan memang baik, tapi apakah perubahan itu benar-benar berhasil mengambil hati publik?Hyundai All New Santa Fe XG CRDi 2018 sangat berbeda dari varian sebelumnya, mari kita kulik dari paling luar All New Santa Fe XG 2018.

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Bagian Depan

Bumper Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 Dengan Cascading Grill with Hexagonal Pattern

Hyundai Santa Fe XG CRDi miliki grill khas 

Jika diibaratkan sebagai manusia, mobil ini lebih pas dikatakan sebagai pria tampan dari Korea. Perubahan total ada di semua sisi depannya, hanya ada pada varian XG mendapat cascading grill dengan hexagonal pattern yang merupakan signature grille. Di sektor pencahayaan, lampu LED Daytime Running Light (DRL) sudah menjadi standarnya. Pada lampu utama tipe XG dibenamkan LED projector head lamp lengkap dengan turning signal lamp.

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Bagian Samping

Bagian Samping Hyundai Santa Fe 2018 Dengan Detail Yang Stylish

Side bumper molding with dark chrome coating

Mobilmo.com akan mengajak Anda ke sisi samping mobil, Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 punya banyak detail menarik dari bagian ini. Pertama kita akan disuguhkan dengan side bumper molding dengan dark chrome coating, lalu di pintu mobil mendapat lekukan garnish cantik yang membuat mobil ini terlihat sporty. Sedikit ke atas, ada electric folding mirror side repeater and puddle lamps, untuk menghasilkan eksklusifitasnya handle pintu dibuat senada dengan warna bodi, terakhir dari sektor kaki-kaki, desain pelek khusus ditampilkan untuk varian XG CRDi dengan ukuran 235/55 R19.

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Bagian Belakang

Hyundai Santa Fe 2018 Miliki Rear Spoiler Dengan High Mount Stop Lamp

Bahasa desain terbaru dari Santa Fe lebih kokoh dan enak dipandang

Kini bahasa desain Hyundai jauh berbeda, begitu enak dilihat, elegan dan tidak membosankan. Rear spoiler pada tipe XG membuat sisi belakangnya tidak terlihat gundul, rear spoiler ini dilengkapi dengan high mount stop lamp di bagian tengah. Pergeseran bahasa desain melingkupi bagian lampu belakang, lampu belakang Hyundai Santa Fe XG CRDi ini menggunakan 3D LED rear combination lamps, sehingga paduan dan tingkatan cahaya begitu indah. Masih dari bagian belakang, lampu sein posisinya diletakan sedikit terpisah yakni berada di sisi bawah dan cenderung lebih mepet ke samping, soal parkir tidak usah khawatir, mobil ini mempunyai empat sensor parkir, serta tidak lupa dua knalpot krom tidak dipisah melainkan jadi satu disisi kanan.

>>> Mungkin Anda ingin baca:

3. INTERIOR

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Dashboard

Dashboard Hyundai Santa Fe 2018 Dengan Paduan Warna Kalem

Dashboard dengan banyak lekukan maskulin 

Memasuki bagian dalam kami mendapati paduan warna kalem bersatu dengan bahasa desain sporty. Dashboard mobil mendapat tingkatan yang berbeda, dimana ketika pada mobil pada umumnya dashboard bagian atas itu flat dan tidak banyak lekukan. Pada All New Hyundai Santa Fe XG CRDi terhitung ada tiga tingkatan, paling atas dengan warna hitam, tengah warna coklat, dan dibagian paling bawah kembali warna gelap. AC pada dashboard tengah ini sudah dual zone, ada juga fitur clean air, secara keseluruhan bagian depan ini cukup baik. Headunit juga ada dibagian tengahnya, ukuran 5 inci TFT LCD dan support untuk Aux, USB port, iPod, Bluetooth, Clock Mode, hingga Screen Off Function.

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Kursi

Hyundai Santa Fe 2018 Mendapat Pengaturan Kursi Pengemudi Elektrik

Kursi pengemudi dengan pengaturan elektrik

Kenikmatan kami rasa ketika duduk dikursinya, kursi baru ini memiliki keunikan dari desain. Lekukan serta detail jahitan sangat banyak kami temukan, material tidak mengecewakan, empuk dan juga lembut. Pada kursi pengemudi terdapat pengaturan secara elektrik sehingga akan memudahkan dalam pengaturan posisi duduk terbaik. Pada baris kedua kami tidak menemukan keburukan, malah ruang kepala dan kaki cukup nyaman, bahkan hingga ke baris ketiga pun minim komplain.

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Kemudi

Gambar bagian setir mobil Hyundai Santa Fe 2018

Kemudi Santa Fe lebih modern

All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 punya kemudi yang proporsional, bukan hanya itu kemudinya juga sudah dilengkapi fitur tilt & telescopic steering. Posisi SUV ini semakin enak dikemudikan, pengaturan kursi sudah elektrik ditambah pengaturan ketiggian dan maju mundur pada kemudi. Khas mobil modern masa kini, All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 punya beberapa tombol di bagian kanan dan kirinya, pada bagian kiri tombol yang terhubung dengan fitur audio, kanan tombol pengaturan cruise control. Paddle shift pun dirasa perlu untuk menaikkan adrenalin dan memberikan sensasi berbeda ketika berkendara tanpa jasa pengemudi.

>>> Mungkin Anda juga tertarik:

4. FITUR

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Fitur Pengendaraan dan Kenyamanan

Hyundai Santa Fe 2018 Dilengkapi Banyak Fitur Kenyamanan

Hyundai Santa Fe terbaru dengan rear AC ventilation

Varian XG adalah varian paling lengkap, tentu akan berdampak pada kepuasan konsumen. Ada beberapa fitur unggulan seputar pengendaraan dan kenyamanan. Pertama dari fitur pengendaraan ada fitur mode berkendara, meliputi comfort, eco, sport dan smart, selain itu ada electric parking brake with autohold dan terakhir ada paddle shift. Nah untuk fitur kenyamanan, pertama ada rear AC vent untuk menghembuskan kesejukan ke bagian belakang, lalu ventilasi AC di baris ketiga, OverHead console LED maplamps with sunglasses case, terakhir ada 6 speaker .

Review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018: Fitur Keselamatan

Hyundai Santa Fe 2018 Memiliki FItur Keselamatan Lebih Baik

Fitur keselamatan pada Santa Fe terbaru lebih baik

Bukan SUV namanya jika tidak mampu memberikan fitur keselamatan terbaik. Kini All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 punya keunggulan dari fitur keselamatannya, mulai dari Dual SRS Airbag, Electronic Stability Control (ESC), Downhill Brake Control (DBC), Hill-start Assist Control (HSA), dan Anti-lock Braking System (ABS).

>>> Simaklah review mobil Hyundai lainnya dengan klik sini

5. OPERASI

Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 Dibekali Mesin Diesel CRDi - e - VGT

Mesin diesel CRDi - e - VGT sangat bertenaga

Mesin yang digunakan pada varian XG ini ada dua namun varian diesel lah yang mempunyai sorotan paling banyak. All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 dibekali mesin diesel 2.200cc dengan tenaga 190 hp dan torsi 441 Nm. Tenaga itu disalurkan ke mobil dengan sistem transmisi khusus varian XG CRDi 8-percepatan Automatic Shiftronic Transmission.

6. SPESIFIKASI

Kami sudah siapkan spesifikasi lengkap dari All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018.

Spesifikasi All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4770 mm x 1890 mm x 1680 mm

Ground Clearance

185 mm

Jarak Sumbu Roda

2765 mm

Kapasitas Penumpang

7 orang

Kapasitas Tanki

64 liter

Mesin

Tipe Mesin

2.2 CRDi-e-VGT

Isi Silinder

2199 cc

Tenaga Maksimal

190 Hp

Tenaga Maksimal

441 Nm

Jenis BBM

Diesel

Transmisi

8-speed otomatis FWD

Chassis

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi-Link

Ukuran Ban

235/55

Ukuran Pelek

R19

7. KELEBIHAN & KEKURANGAN

Ketika kami review All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018 kami menemukan kelebihan dan kekurangan yang kami simpulkan dalam tabel dibawah ini.

Kelebihan

Kekurangan

Tampilan luar sangat menarik dilihat

Headunit malah downgrade

Tenaga diesel sangat besar dan cukup irit bahan bakar

Tidak ada lagi fitur eagle view camera

FItur keselamatan banyak khas SUV

 

8. DAFTAR HARGA

Inilah harga All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018.

Varian

Harga All New Hyundai Santa Fe XG CRDi 2018

XG CRDi

Rp 569.000.000

9. VIDEO

10. KESIMPULAN

Dari dulu mesin diesel terkenal ketangguhannya, namun harganya lebih mahal dari pada varian mesin bensin. Hyundai bertransformasi dan menciptakan mesin diesel berkualitas yang diberi nama CRDi. Kualitas mesin ini digabungkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan tentu membuat berkendara lebih asyik. Simak terus update dari All New Hyundai Santa Fe XG CRDi hanya di Mobilmo.com.

>>> Simaklah review mobil lainnya di sini

Mungkin anda ingin baca

  • Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019
    Review Wuling Fatchur Sag

    Review Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019

    08/08/2019

    Mobil di kelas MPV dengan mesin turbo berkapasitas 1,5 L ini dilengkapi dengan berbagai macam fitur yang modern dan canggih. terlebih lagi karena Wuling Cortez 1.5 LT Lux+ CVT 2019 adalah tipe tertinggi dibanding Cortez CT yang lain.

  • Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019
    Review Arfian Alamsyah

    Review DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

    07/08/2019

    Pemain asal Tiongkok ini cukup berani melawan hegemoni pemain lawas asal Jepang dan juga India. Mobil niaga yang satu ini hadir dengan pendekatan yang berbeda, ia lebih bisa memberikan kenyamanan pengemudi dan hadir dengan tampilan menarik. Inilah ulasan kami mengenai DFSK Super Cab 1.5L Gasoline 2019

  • Review Renault Duster 2019
    Review Renault Fatchur Sag

    Review Renault Duster 2019

    06/08/2019

    Membicarakan mobil Eropa di Indonesia, mungkin harga tinggi menjadi salah satu hal yang pertama terngiang dalam pikiran Anda. Namun bila anda melirik Renault Duster 2019, Anda akan berpikir sebaliknya. Mobil ini dilepaskan di Indonesia dengan harga sekitar 279 juta dan itu lebih murah dibanding compact SUV merek Jepang. Seperti apa luar dalam mobil ini, simak review Renault Duster 2019 berikut!