Perjuangan Loyalis Ford Indonesia Bikin Kagum Pihak RMA

11/10/2017 | Mobilmo.com

Terkejut dan terguncang, itulah ekspresi para loyalis Ford atas tutupnya APM resmi Ford Indonesia PT. Ford Motor Indonesia (FMI) beberapa bulan lalu. Rasa cemas juga menghinggapi benak mereka akan kesulitan yang bakal dihadapi dalam memperoleh layanan mobil kesayangan mereka. Meski kini konsumen Ford Indonesia boleh sedikit lega dengan ditunjuknya RMA Indonesia untuk menangani semua hal yang berkaitan dengan merek Ford, meliputi layanan service, garansi juga suku cadang. Namun transisi dari PT. FMI ke RMA Indonesia akan selalu diingat dan jadi memori.

Para penggemar Ford khususnya yang tergabung dalam komunitas – komunitas mengungkap bagaimana waktu itu mereka mencoba untuk tetap bertahan, meski tidak sedikit yang akhirnya menyerah dan menjual murah-murahan mobil tercintanya. Mereka juga secara massive saling memberi suport dan menenangkan sesama pemilik Ford yang untuk bertahan. Seperti kampanye yang digalakkan komunitas Ford EcoSport Community (Forescom). Komunitas yang berisi pemilik Ford EcoSport itu menyatakan “We Are FINE” melalui berbagai media dan event. Pesan suport juga digalakkan dengan menempel stiker pada bagian atas kaca depan. Tujuannya agar orang dapat melihat dan mengerti bahwa mereka dalam keadaan baik dan sedang berjuang.

Hal ini pula yang membuat banyak orang kagum. Termasuk pihak RMA. Kepada salah satu media, Yanto Mardianto, Senior Manager Marketing & Sales RMA Indonesia mengungkapkan apresiasi yang tinggi serta berterima kasih atas loyalitas para pengguna Ford khususnya yang berada di berbagai komunitas. “Komunitas sangat membantu mempertahankan eksistensi Ford, karena lebih ke mouth to mouth pendekatannya. Kala itu, saat Ford di Indonesia sedikit terguncang, mereka bahkan mengungkapkan kalau mereka baik-baik saja dan menenangkan sesama,” ujar Mardianto, Selasa 10 Oktober 2017. Hingga saat ini, hubungan yang apik terus berlanjut antara pihak RMA dengan komunitas Ford Indonesia dari semua model. Berbagai event dan roadshow diselenggarakan guna mengakrabkan diri dengan para anggota komunitas. Selain itu, RMA juga rajin berbagi informasi seputar Ford seperti teknologi terbaru, tips dan trik serta hal lain yang berkaitan dengan merek Ford.

“Kami terus support komunitas, seperti acara Jambore. Kami juga mengadakan workshop soal teknologi, ke komunitas dan berbagi informasi lainnya soal Ford,” tutur Mardianto. “Selain itu, teman-teman di komunitas juga kerap memberikan masukan dan informasi menarik. Mereka merupakan mata kami juga untuk mengoreksi diler jika pelayanan tidak baik,” sambungnya.