Tips Sehat Saat Memanaskan Mobil

25/01/2018| Mobilmo.com

Mobil merupakan tunggangan yang nyaman serta dapat menghindari panasnya terik sinar matahari dan guyuran hujan. Namun disamping hal tersebut Mobil juga membutuhkan perawatan, salah satunya adalah memanaskan Mobil, hal tersebut bertujuan supaya kondisi mesin Mobil tetap maksimal dalam melakukan pekerjaannya. Untuk melakukan pemanasan mesin Mobil biasanya dilakukan di pagi hari atau jika Mobil dalam kondisi terlalu dingin. Walaupun kelihatannya sepele namun seringkali banyak yang salah kaprah sehingga membahayakan kondisi tubuhnya sendiri. Jadi gas buang yang keluar dari knalpot sangat membahayakan kesehatan, hal tersebut dikarenakan kandungan gas buang seperti carbon monoksida, nitrogen oksida dan lainnya.

pemanasan Mobil secara sehat.

  1. Jangan Terlalu lama
Adapun hal pertama yang harus dilakukan ketika memanaskan Mobil supaya kondisi tubuh tetap terjaga adalah dengan mengurangi waktunya. Dalam melakukan pemanasan mesin hanya diperlukan waktu 2 sampai 3 menit saja. Apalagi untuk Mobil masa kini sudah menggunakan teknologi modern, sehingga untuk mencapai suhu ideal tidak membutuhkan waktu yang lama.
  1. Lihat posisi
Selanjutnya saat memanaskan Mobil sebaiknya mengarahkan knalpot menuju ke udara bebas. Jadi jangan melakukan pemanasan Mobil di tempat tertutup seperti garasi yang tertutup rapat. Jadi dengan melakukan hal tersebut gas buang knalpot dapat keluar bebas sehingga tidak terkumpul dan masuk ke rumah. Udara yang keluar akan pergi jauh entah kemana sehingga kesehatan tetap terjaga.
  1. Berada di ruang terbuka
Selanjutnya untuk memanaskan Mobil dengan menjaga kondisi tubuh adalah berada di luar ruangan atau tempat terbuka. Apabila Anda memarkirkan Mobil di garas, maka sebaiknya buka pintu serta jendelanya supaya gas knalpot dapat keluar. Dengan melakukan hal tersebut tentunya sirkulasi udara akan menjadi lebih baik. Jika Mobil Anda terparkir di luar ruangan tentunya akan lebih mudah dalam memanaskan Mobil, namun tentu harus memiliki keamanan lebih seperti cctv guna menghindari hal yang tidak diinginkan.
  1. Lepas gas
Yang terakhir saat memanaskan Mobil tidak perlu dengan menginjak pedal gas. Hal tersebut dikarenakan putaran mesin saat Mobil dipanaskan cukup menggunakan idle saja. Jadi jika Anda menambah rpm Mobil tentunya putaran bertambah, begitu juga dengan gas yang keluar dari knalpot akan semakin banyak. Kebanyakan orang tidak tahu menahu cara memanaskan mesin Mobil yang benar, sehingga mereka menggeber-nggeber Mobilnya supaya cepat panas. Hal tersebut justru kurang efektif dalam pemanasan mesin Mobil. Selain itu gas buangnya juga semakin banyak, sehingga merugikan diri sendiri dan orang lain disekitar karena udaranya tercampur.

oli bekerja dan bagian-bagian mesin dapat terpelumasi sehingga mampu menjalankan tugasnya dengan maksimal. Seperti kita saat bangun tidur harus cuci muka atau mandi supaya bisa beraktifitas dalam kondisi segar bugar. Demikianlah informasi tentang tips memanaskan Mobil dan menjaga kondisi tubuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya.