Tips Memilih Mobil bekas yang Tepat

04/11/2017| Mobilmo.com

Membeli Mobil bekas merupakan salah satu alternatif bagi masyarakat yang menginginkan memiliki kendaraan pribadi namun budget pas-pasan. Namun memilih Mobil bekas dengan kondisi yang baik tidak semudah yang dikira. Terdapat beberapa hal yang diharuskan untuk dilakukan pengecekan supaya mendapatkan Mobil dengan kondisi yang bagus. Banyak orang yang hanya melihat harganya saja yang murah namun tidak mengetahui apa saja yang harus dilakukan pemeriksaan. Nah mobilmo mencoba membantu dengan memberikan informasi tentang cara memilih Mobil bekas dengan tepat agar tidak kecewa dan Mobil bekas yang dibelinya dalam kondisi prima dan handal.

  • Tanyakan pada ahli Mobil
  • Apabila Anda tidak mengetahui seluk beluk Mobil baik itu kondisi mesin atau yang lainnya. maka lebih bijak mengajak teman atau montir untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi Mobil. Dengan mengajak teman maka akan mengetahui secara detail kondisi Mobil tersebut dan Anda tidak salah memilih Mobil bekas.
    1. Kondisi Mobil mulus
    Kondisi Mobil juga mempengaruhi perawatan yang biasa dilakukan. Jadi jika Anda ingin membeli sebuah Mobil maka sebaiknya untuk memilih kendaraan dengan kondisi masih mulus. Mobil bekas dengan kondisi mulus biasanya pemilik sebelumnya melakukan perawatan secara teratur. Hal tersebut dikarenakan bila memilih Mobil bekas tabrakan bisa menjadi masalah dikemudian hari. Mobil bekas tabrakan biasanya terdapat dempulan dan sudah tidak mulus. Untuk melakukan pengecekan bisa menggunakan magnet, jika magnet tidak mudah menempel berarti sudah ada dempulan yang agak tebal.
    1. Test drive
    Nah selanjutnya adalah melakukan test drive. Dengan melakukannya maka Anda bisa mengetahui bagaimana kenyamanan Mobil second tersebut. Dengan melakukan test drive Anda bisa merasakan apakah Mobil masih dalam kondisi prima atau tidak, selain itu dengarkan suara mesinnya juga. Jadi untuk test drive yang harus dicek adalah suspensi, suara mesin dan kaki-kaki Mobil. Melakukan test drive adalah cara efektif menilai kondisi Mobil bekas yang Anda incar.

  • Cek jarak tempuh Mobil
  • Selain hal diatas, hal yang perlu dilakukan pengecekan adalah jarak tempuh Mobil. Biasanya Mobil dengan jarak tempuh yang terlalu banyak adalah Mobil rentalan atau sewaan. Jadi apabila Anda melihat jarak tempuh yang tidak seimbang antara tahun pembuatan dengan jumlah yang ada pada speedometer sebaiknya mencari yang lain saja. Pada umumnya Mobil pribadi dalam 1 tahun menempuh jarak 15 sampai 20 km.

  • Cek panel dashboard dan lampu indikator
  • Untuk memilih Mobil bekas, yang harus dicek selanjutnya adalah lampu indikator. Suruhlah penjual untuk menyalakan mobilnya dan Anda bisa melakukan pengecekan pada panel dashboard serta lampu indikator. Dengan komponen tersebut bekerja dengan baik Anda tidak khawatir saat ingin melakukan perjalanan. Pastikan fungsinya sesuai tugas yang dimiliki.
    1. Memperkirakan biaya perawatan
    Saat memilih Mobil bekas dengan kondisi yang baik harus teliti. Kadang kala terdapt kerusakan kecil walaupun kondisi mesin serta bodinya masih bagus. Namun hal tersebut terbilang biasa karena namanya saja Mobil second. Jadi perlu diprekdisi berapa biaya perawatan atau servis yang diperlukan. Jika kerusakan menyangkut bagian mesin maka jangan memilihnya, atau biaya perawatan yang cukup tinggi maka urungkan niat Anda untuk membelinya.

  • Cek plafon dan kabin
  • Bagian ini memang perlu dilakukan pengecekan terutama bagian plafon. Apabila plafon telah mengalami kerusakan atau menipis, maka temperatur saat berada di dalam kabin Mobil akan terasa panas saat kondisi siang hari. Jadi pastikan keadaan kabin Mobil serta plafon dalam kondisi maksimal.

    International