Tinggalkan Perilaku Ini Untuk Hindari Kesalahan Dalam Mengemudikan Mobil

12/12/2017| Mobilmo.com

Beberapa perilaku yang tidak tepat terkadang menimbulkan kesalahan dalam mengemudikan mobil. Karena itulah bagi Anda yang ingin berkendara dengan aman, maka sebaiknya Anda perhatikan perilaku dan hal apa saja yang seringkali menimbulkan kesalahan saat mengemudi, sehingga Anda pun dapat menghindarinya dengan lebih mudah dan menjadikan perjalanan Anda jauh lebih nyaman. Berikut diantaranya beberapa hal yang patut untuk Anda hindari ketika berkendara sehingga dapat menghindari kesalahan-kesalahan diantaranya :

Kesalahan dalam mengemudikan mobil

  1. Menahan gerakan setir ketika memutar mobil

Keadaan yang satu ini umumnya terjadi ketika Anda hendak memarkirkan mobil, utamanya pada jenis mobil yang menggunakan sistem power streering serta sistem hidrolis, penahanan yang terjadi pada gerak kemudi dapat menimbulkan kerusakan pada komponen dari sil pompa. Hal ini terjadi karena ketika sil pompa diputar bahkan hingga bagian akhir atau mentok, maka tekanan pompa yang dimilikinya pun akan bekerja dengan lebih maksimal, dan jika setir dikembalikan pada keadaan normal, maka tekanan itu pun akan terjadi dengan terus menerus, karena itulah sebaiknya Anda hindari hal yang satu ini.

  1. Setengah kopling

Kondisi setengah kopling umumnya dilakukan ketika pengemudi berada dalam keadaan macet atau pun pada kondisi jalanan menanjak. Trik yang satu ini umumnya dilakukan dengan maksud agar laju dari kendaraan dapat berada pada tingkat kecepatan lambat. Namun jika hal yang satu ini dilakukan dalam jangka waktu lama, maka bukan tidak mungkin kopling yang dimiliki mobil tersebut pun akan lebih mudah dan cepat aus. Lebih dari itu, bau yang ditimbulkan oleh kopling aus juga tercium seperti aroma karet yang terbakar hangus. Hal ini terjadi karena kopling yang berubah menjadi panas akibat trik penekanan setengah tersebut. Karena itulah untuk menghindari hal yang satu ini sebaiknya Anda gunakan rem tangan, khususnya ketika Anda berada di dalam kondisi jalan tanjakan, sehingga mobil yang Anda kendarai tersebut pun tidak bergerak mundur dan membahayakan kendaraan di belakangnya. Setelah itu lepaskanlah rem tangan tersebut apabila mobil kembali melaju.

  • Menghentakkan kopling

  • Teknik lainnya yang juga sering dilakukan namun justru menjadi hal yang salah adalah ketika pengemudi melepaskan kopling dan menekan gas dengan dalam. kebiasaan yang satu ini memang sulit untuk dirubah. Hal ini juga berkaitan dengan konsumsi dari BBM yang naik dengan drastis. Untuk jenis mobil garden, kebiasaan tersebut tentunya dapat merusak bagian dari komponen cross joint. Sementara itu, untuk mengetahuinya, akan muncul suara yang hampir menyerupai besi yang tengah bertabrakan. Hal ini umumnya terjadi ketika melepaskan bagian dari pedal kopling ┬ádan disertai dengan penekanan pada gas tersebut. Namun hal ini jelas terjadi secara berbeda pada jenis mobil garden kebanyakan yang diantaranya justru mengalami kerusakan pada bagian kepala as roda atau bahkan cv joint.

    1. Melaju dengan cepat di jalanan yang rusak

    Hal lain yang juga patut untuk Anda hindari agar tidak merusak kondisi mobil dan melakukan kesalahan di masa yang akan datang adalah menghentikan laju kencang di jalanan yang rusak. Pasalnya hal yang satu ini dapat mengakibatkan adanya kerusakan parah lainnya, khususnya melukai bagian kaki mobil, karena dikenal dengan jalanannya yang rusak. Lebih dari itu, setiap bagian mobil akan berguncang yang kemudian menjadikan mesin di dalamnya ikut berguncang pula. Karena itulah ketika hal yang satu ini dilakukan, maka beberapa bagian pun mungkin dinyatakan telah rusak, seperti halnya bushing arm, kemudian ball joint, shock absorben, dan beragam bagian lainnya.

    Demikianlah kiranya penjelasan singkat dari beberapa hal yang wajib untuk dihindari agar tidak melakukan kesalahan dalam mengemudikan mobil.

    International