Ini Pentingnya Spooring Untuk Mobil Anda, Bisa Hemat Ban Dan BBM

10/08/2019 Arfian Alamsyah Perawatan mobil

Spooring atau wheel alignment ternyata penting bagi mobil Anda karena bisa menghemat ban dan BBM. Mengapa demikian? Simak bahasan kami ini,

Dalam perawatan mobil, mungkin Anda mengenali istilah wheel alignment alias spooring and balancing. Spooring adalah suatu kegiatan yang dilakukan untuk menyelaraskan roda baik depan maupun belakang dan balancing adalah usaha untuk menyeimbangkan ban saat berputar. Nah, ternyata spooring itu dapat menghemat BBM dan ban lho, ini dia alasan teknisnya.

>>> Kapan spooring harus dilakukan? Ini jawabannya

Gambar Menunjukkan Mazda CX5 sedang Spooring

Yang diatur dalam spooring adalah menyesuaikan toe dan camber. Toe adalah sudut keselarasan ban bila dilihat dari atas bodi mobil. Toe yang tidak sesuai dengan standar akan membuat jalan mobil terseret-seret sehingga menghabiskan ban. Sementara camber adalah sudut kemiringan ban bila dilihat dari depan mobil, camber yang tidak sesuai akan membuat boros BBM sebab jalannya mobil tidak optimum dan terhambat oleh ban yang miring.

>>> Ini salah satu alasan mengapa saat siang hari ban lebih cepat nge-grip 

Gambar Menunjukkan Wheel Alignment

Oleh sebab itu spooring penting bagi mobil Anda, karena untuk jangka panjang ban mobil Anda bisa lebih awet usia pakainya dan konsumsi BBM mobil Anda dapat lebih irit. So, jangan lupa untuk melakukan spooring mobil Anda saat kelipatan 10.000 kilometer atau jika setir sudah terasa tidak lurus dan laju mobil 'narik' ke salah satu sisi jalan, baik kanan ataupun kiri.

>>> Dapatkan tips and trick menarik seputar teknis mobil hanya di Mobilmo.com

Mungkin anda ingin baca