Ini Dia 5 Kesalahan Mengendarai mobil matic

11/12/2017 | Mobilmo.com

Ada banyak sekali kesalahan mengendarai mobil matic yang seringkali dilakukan oleh pengemudi, hal ini tidak lepas dari perbedaan yang dimiliki oleh mobil matic serta manual, sehingga tidak jarang pengemudi yang terbiasa menggunakan mobil manual melakukan kesalahan saat mengendarai mobil matic dan begitu pun sebaliknya. apalagi mengingat pada penggunaan mobil matic, karena berkaitan dengan kenyamanan transmisi yang dimilikinya, maka tidak jarang diantaranya pengendara pun melakukan kesalahan tanpa ia duga sebelumnya, seperti halnya beberapa bentuk kesalahan berikut ini :

Mundur namun justru menginjak gas

Berbeda dengan jenis mobil transmisi manual, mobil matic justru menuntut skill berbeda dari para pengemudinya. Pasalnya banyak sekali pengemudi yang menyamakan mobil matic dengan mobil manual, sehingga kesalahan pertama yang paling sering dilakukan adalah kebiasaan menginjak gas ketika hendak memundurkan mobil. Bukan hanya membahayakan pengemudi itu sendiri, kebiasaan dan ketidaktelitian hal ini juga turut membahayakan para penumpang lainnya yang tengah berada di dalam mobil tersebut.

  • Penggunaan dua kaki

  • Kesalahan Mengendarai mobil matic selanjutnya yang juga cukup sering dilakukan ketika menggunakan mobil matic adalah penggunaan dua kaki yang umumnya dilakukan oleh pengemudi jenis kendaraan bertransmisi manual. Padahal jika menggunakan jenis mobil yang satu ini, Anda pun hanya tinggal menggunakan satu kaki saja. Pasalnya dengan satu kaki tersebut Anda telah dapat mengoperasikan mobil matic dengan lebih mudah. Sementara itu, jika menggunakan dua kaki, kegiatan mengemudi pada mobil matic pun seringkali membuat pengemudi merasa tanggung, hingga akhirnya ia pun membuat mobil berhenti dengan mendadak akibat reflek menginjak pedal tersebut dengan tiba-tiba.

    1. Salah perhitungan

    Kesalahan Mengendarai mobil matic lainnya yang seringkali dilakukan oleh pengemudi mobil matic itu terjadi kerika menyalip kendaraan yang ada di depannya, banyak diantaranya yang beranggapan bahwa menyalip kendaraan dengan menggunakan mobil matic tidak jauh berbeda dengan menyalip menggunakan mobil manual pada umumnya, Padahal tidak sama dengan jenis mobil manual, pada mobil matic ia telah dibantu dengan adanya akselerasi percepatan, utamanya ketika menyalip mobil lain. Karena itulah ketika hendak menyalip, mobil matic ini membutuhkan perhitungan terlebih dahulu, sedangkan Anda yang tidak melakukannya tentu akan beresiko dan cukup membahayakan keselamatan ketika menyalip mobil lainnya.

  • Tidak memindahkan tuas menuju bagian netral

  • Ketika berhenti, mobil manual cukup bermain dengan pedal kopling saja. Namun hal ini jelas berbeda dengan mobil matic yang tentunya membutuhkan bentuk perlakuan berbeda. sedangkan pengendara itu sendiri seringkali lupa untuk memindahkan tuas menuju gigi N ketika mengalami kemacetan atau bahkan ketika berhenti. Hal ini jelas lebih beresiko utamanya dalam membuat kampas kopling menjadi lebih cepat aus.

  • Remehkan oli matic

  • Kesalahan lain yang seringkali dilakukan oleh pengemudi mobil matic itu terjadi pada sistem pergantian oli yang dilakukannya. Jika pada mobil manual oli itu sendiri jarang diganti, maka berbeda halnya dengan oli pada mobil matic yang justru lebih cepat habis atau berkurang dengan cepat. Karena itulah isi ulang oli pun wajib untuk dilakukan secara rutin. Jika pengendara atau pun pengemudi mobil matic meremehkan hal yang satu ini, maka jelas mobil matic yang dimilikinya tersebut pun akan lebih cepat rusak ┬ádan mengalami beragam masalah lainnya.

    Dari penjelasan di bagian atas tadi, tentunya Anda dapat melihat, bahwa beragam kesalahan tersebut umumnya terjadi karena pihak pengemudi mobil matic tersebut tidak terbiasa dan bahkan dapat dinyatakan masih baru dengan mengemudikan mobil matic. Namun dengan membiasakan diri mengemudikan mobil matic, maka beberapa kesalahan mengendarai mobil matic itu pun tentunya dapat dihindari dengan lebih mudah.