Ikuti 10 Tips Ini Dalam Pertimbangan Memilih Mobil Bekas

13/12/2017| Mobilmo.com

Memilih mobil bekas bukanlah hal mudah yang bisa anda lakukan begitu saja, pasalnya jika anda ingin mendapatkan mobil berkualitas dari jenis mobil bekas, maka ada beberapa hal yang harus anda pertimbangkan terlebih dahulu. Ingin tau hal apa saja yang sebaiknya anda jadikan sebagai bahan pertimbangan tersebut? Simaklah penjelasan singkatnya pada beberapa tips untuk memilih jenis mobil bekas tersebut di bagian bawah ini :

Menggali informasi baik offline atau bahkan online

Untuk mendapatkan informasi terlengkap sebaiknya anda lakukan pencarian dengan cara online dan offline. Untuk pencarian dengan sistem online anda bisa mendapatkan banyak informasi dari beberapa situs yang menawarkan penjualan atau bahkan pembelian mobil. Sedangkan untuk sistem offline anda dapat melakukan pencarian informasi dengan membeli majalah khusus mobil atau bahkan berdiskusi dengan teman, kerabat, keluarga dan orang-orang terdekat lainnya yang pernah melakukan pembelian mobil bekas.

  1. Membeli dari pihak pertama

Jika anda berniat memilih mobil bekas dan membelinya, sebaiknya anda lakukan pembelian dari pihak pemilik mobil itu sendiri, karena hal ini dapat membantu anda untuk mengetahui latar belakang mobil dengan mudah, berbeda halnya dengan mobil bekas yang dijual di dealer atau bahkan show room.

  1. Memeriksa latar belakang mobil

Hal yang satu ini patut untuk anda perhatikan, dan umumnya akan lebih mudah untuk anda dapatkan apabila pembelian mobil bekas tersebut dilakukan pada pihak pemilik mobil tersebut secara langsung.

  • Pengecekan bodi mobil

  • Tips selanjutnya yang tidak kalah penting untuk anda lakukan adalah memeriksa bagian bodi mobil. Hal ini dapat anda lakukan dengan melihat bagaimana kondisi cat mobil, kemudian memeriksa setiap detail bagian yang dimilikinya dari depan hingga belakang dan dari atas hingga bawah.

    1. Pengecekan mesin mobil

    Selain bodi mobil, mesin mobil juga menjadi bagian yang wajib untuk anda perhatikan. Namun jika anda kurang mengerti dengan kondisi mesin yang baik, maka tidak ada salahnya bagi anda untuk meminta bantuan ahli mekanik untuk melakukan pemeriksaan, sehingga kondisi mesin mobil yang hendak anda beli pun dapat anda ketahui dengan lebih baik.

    1. Pengecekan bagian dalam mobil

    Setelah bodi serta mesin mobil, maka bagian selanjutnya yang harus anda periksa atau cek adalah bagian dalam dari mobil tersebut, perhatikan setiap detail yang dimilikinya, termasuk fitur-fitur utama yang dimlikinya. Apakah masih berfungsi dengan baik atau justru sebaliknya.

    1. Test drive

    Bagian selanjutnya yang dapat anda jadikan sebagai bahan pertimbangan adalah melakukan test drive atau mengendarai mobil tersebut. Dengan cara yang satu ini anda dapat mengetahui apakah mobil tersebut nyaman untuk dikendarai atau tidak? Selain itu anda juga dapat memastikan beragam fungsi dari fitur yang dimilikinya dengan lebih mudah.

    1. Perhatikan perkakas mobil

    Perkakas menjadi komponen tambahan yang juga patut untuk anda perhatikan. Dengan adanya perkakas mobil dari pembelian mobil bekas tentunya pengeluaran anda untuk komponen tambahan pun dapat diminimalisir dengan lebih mudah.

  • Kondisi asuransi mobil

  • Keberadaan asuransi dari mobil yang hendak anda beli juga menjadi nilai tambah. Pasalnya dengan kartu asuransi tersebut maka dapat dipastikan bahwa mobil bekas yang hendak anda beli pun jauh lebih terjamin tentunya.

    1. Kelengkapan surat kendaraan

    Bagian paling akhir yang wajib untuk anda perhatikan adalah kelengkapan dari beragam jenis surat kendaraan tersebut seperti halnya BPKB  atau bahkan STNK. Dengan beragam surat kendaraan tersebut tentunya dapat dipastikan bahwa kendaraan/ mobil yang hendak anda beli pun termasuk dalam jenis barang yang dibeli dengan sah dan sesuai aturan.

    Demikianlah kiranya beberapa tips yang bisa anda ikuti dan seringkali dijadikan sebagai bahan pertimbangan dalam memilih mobil bekas.

    International